helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Pria, Ternyata Mudah!

07.09.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Gimana sih cara menghilangkan minyak di wajah pria? Kulit wajah sering terasa berminyak dan lengket terutama di siang hari? Kulit wajah berminyak adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada pria. Nggak jarang, masalah kulit ini super bandel hingga bikin jengkel. Sudah beragam cara menghilangkan minyak di wajah pria dilakukan, tetapi tetap saja wajah masih penuh sebum.

Problem kulit ini bisa merembet ke problem kulit lainnya, seperti kulit kusam hingga jerawat. Kalau sudah begitu, biasanya ingin segera coba cara menghilangkan minyak di wajah pria yang cepat dan langsung kelihatan hasilnya. Gimana nggak, penampilan jadi kurang oke karena wajah kelihatan kusam dan berjerawat nih!

Jangan buru-buru dulu, Sob. Cara menghilangkan minyak di wajah pria bakal lebih efektif kalau lo benar-benar paham soal kulit berminyak, mulai dari tanda-tanda sampai penyebabnya. Baru deh, lo bisa tahu cara menghilangkan minyak di wajah pria yang paling tepat buat kulit.

Meski begitu, bukan berarti minyak pada wajah mustahil buat diatasi. Ada beberapa cara menghilangkan minyak di wajah pria yang bisa lo ikuti, Sob. Nggak perlu susah-susah searching cara menghilangkan minyak di wajah pria, artikel dari GATSBY kali ini bakal mengupas tuntas soal penyebab dan cara menghilangkan minyak di wajah pria. Simak di sini, Sob!

 

Bagaimana cara tahu kulit kita berminyak?

Sebelum bahas soal cara menghilangkan minyak di wajah pria, lo perlu tahu seperti apa kulit wajah yang masuk dalam kategori “berminyak.”

Minyak pada wajah sebenarnya adalah hal yang wajar. Kulit manusia pada dasarnya memang memproduksi minyak (sebum), termasuk kulit wajah. Terus, apa sih fungsi minyak yang diproduksi kulit wajah ini? Minyak yang diproduksi kulit wajah berfungsi sebagai pelembap alami agar elastisitas kulit terjaga.

Bagus dong kalau wajah berminyak? Yes, kalau produksi minyak normal. Namun, jika produksi minyak berlebih justru bakal menimbulkan masalah kulit. Kalau sudah ada banyak masalah kulit, lo jelas butuh tahu gimana cara menghilangkan minyak di wajah pria yang akurat.

Nah, gimana cara tahu produksi minyak di wajah itu sudah berlebihan? Coba perhatikan kulit wajah lo. Jika terlihat kusam dan lengket saat disentuh, besar kemungkinan produksi minyak berlebih. Komedo dan jerawat juga bisa jadi indikator produksi minyak yang nggak wajar.

Apakah kulit lo menunjukkan tanda-tanda tersebut? Itu artinya lo memang perlu membaca artikel soal cara menghilangkan minyak di wajah pria ini, Sob. Agar nggak kelewat seluruh detailnya, simak ulasan tentang cara menghilangkan minyak di wajah pria berikut ini.

 

Penyebab kulit berminyak pada pria

Oke, sekarang lo sudah tahu ciri kulit berminyak. Sekarang gimana nih cara menghilangkan minyak di wajah pria? Eits, tunggu dulu. Sebelum itu, lo juga harus tahu apa saja penyebab kulit berminyak pada pria.

Dengan mengetahui penyebab-penyebab kulit berminyak, lo bisa tahu mana cara menghilangkan minyak di wajah pria yang paling tepat, Sob. GATSBY sudah merangkumkan buat lo empat faktor yang sering menjadi penyebab kulit berminyak pada pria, berikut detail lengkapnya:

 

1. Faktor keturunan

Faktor penyebab pertama adalah karena keturunan. Beberapa orang memang terlahir dengan kelenjar minyak yang gampang memproduksi minyak.

Selain itu, faktor keturunan juga bisa bikin kadarhormon dihydrotestosterone (DHT) tinggi. DHT adalah hormon pria yang bertugas memunculkan karakteristik pria seperti rambut pada area dada hingga suara yang berat.

Kadar DHT yang terlalu tinggi akan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak pada wajah. Ini mungkin salah satu faktor kenapa beragam cara menghilangkan minyak di wajah pria itu nggak mempan buat lo.

Cara menghilangkan minyak di wajah pria pada kasus seperti ini memang nggak gampang, tetapi juga nggak mustahil. Lo bisa melakukan diet rendah gula dan tinggi likopen. Makanan dan minuman kaya antioksidan juga bagus untuk menekan produksi DHT dalam tubuh.

 

2. Faktor Usia

Selain genetik, usia juga ternyata bisa menyebabkan produksi sebum. Pada usia dewasa muda, produksi sebum memang cenderung tinggi. Di usia dewasa muda, kadar hormon androgen yang memicu produksi sebum pun masih tergolong tinggi.

Produksi hormon tersebut ada pada puncaknya di masa pubertas (12-16 tahun). Seiring bertambahnya usia, maka kadar hormon akan menurun. Hasilnya, kulit pun akan lebih cepat terasa kering saat memasuki usia lanjut.

Cara menghilangkan minyak di wajah pria untuk faktor yang satu ini bakal dijelaskan di artikel ini. So, stay tune, Sob!

 

3. Faktor Makanan

Pesan buat selalu memerhatikan apa yang kita makan ternyata memang akurat. Terbukti, makanan juga jadi salah satu faktor penyebab kulit berminyak pada pria.

Ada beberapa jenis makanan yang berpotensi memicu produksi sebum berlebih. Salah satunya adalah susu sapi dan produk olahannya seperti keju dan mentega. Ini karena susu mengandung hormon. Terlalu banyak mengonsumsi susu akan menyebabkan hormon dalam tubuh tidak seimbang dan produksi sebum pun meningkat.

Gimana cara menghilangkan minyak di wajah pria jika penyebabnya makanan? Nggak ada cara lain selain menghindari makanan yang memicu produksi sebum. Untuk produk susu sapi misalnya, lo bisa ganti dengan susu nabati seperti kedelai atau almond.

 

4. Faktor Rutinitas

Hal lain yang bisa menyebabkan kulit berminyak adalah rutinitas. Lifestyle yang nggak sehat ternyata juga menjadi pemicu naiknya produksi sebum.

Jarang minum air putih, malas olahraga, hingga kurang istirahat adalah rutinitas yang sebaiknya lo hindari. Mengikuti cara menghilangkan minyak di wajah pria yang paling ampuh pun nggak bakal ada hasilnya kalau lo masih bertahan di rutinitas semacam ini.

Konsumsi air putih yang cukup membantu melancarkan peredaran darah. Hasilnya, pori-pori kulit tidak tersumbat, produksi sebum pun tetap normal. Olahraga juga bisa mengontrol produksi sebum. Dengan olahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang mampu meredakan stres. Jauh dari stres, produksi sebum pun terkendali.

Bisa dibilang, mengatur rutinitas adalah cara menghilangkan minyak di wajah pria paling simpel. Namun hasilnya justru nggak main-main. Dengan healthy lifestyle, semua problem kulit lo bisa cepat teratasi, Sob!

 

5. Salah Pilih Produk

Untuk tahu cara menghilangkan minyak di wajah pria yang paling tepat, lo juga harus tau faktor penyebab dari luar. Salah satunya adalah karena salah pilih produk perawatan kulit (skin care). Kenapa harus hari-hati saat pilih produk?

Nggak semua produk skin care for men cocok buat kulit berminyak. Beberapa jenis produk bahkan punya kandungan yang bisa bikin kulit semakin parah. Untungnya, sekarang sudah banyak produk yang dibuat untuk kulit berminyak, seperti GATSBY Cooling Face Wash - Oil Clear Solution yang dibuat khusus sebagai cara menghilangkan minyak di wajah pria Indonesia.

Selain kesalahan dalam pemilihan produk, kesalahan dalam pemakaian ternyata juga berpengaruh. Misalnya, terlalu sering mencuci muka. Produk pembersih wajah khusus kulit berminyak memang bagus, tetapi kalau lo mencuci wajah sampai 4 kali sehari, justru bikin kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi malah akan memproduksi lebih banyak minyak.

Untuk itu, pastikan cara menghilangkan minyak di wajah pria yang lo ikuti benar ya Sob!

 

Masalah yang timbul akibat kulit berminyak

Di awal artikel soal cara menghilangkan minyak di wajah pria ini sudah disebutkan kalau kulit berminyak bisa menimbulkan masalah lain. Nah, apa saja sih masalah yang timbul akibat kulit berminyak?

 

1. Muncul Jerawat

Masalah utama yang sering ditemukan pada kulit berminyak adalah jerawat. Sebum yang diproduksi secara berlebih cenderung jelek kualitasnya. Minyak tersebut lebih kental, sehingga sulit keluar melalui pori-pori kulit.

Akibatnya, pori-pori tersumbat dan bakteri lebih mudah berkumpul pada kulit. Jadi, kalau lo berhasil menemukan cara menghilangkan minyak di wajah pria, otomatis jerawat di wajah pun akan berkurang. Kalau lo mengalami masalah ini, buruan cari cara menghilangkan minyak di wajah pria. Dengan mengikuti cara menghilangkan minyak di wajah pria yang tepat, jerawat nggak bakal jadi parah.

 

2. Komedo

Selain jerawat, kulit berminyak juga bisa memicu komedo. Minyak yang berlebih pada wajah akan menyumbat pori-pori dan menghambat regenerasi sel kulit. Akibatnya, sel kulit mati pun tertinggal di permukaan kulit.

Kombinasi antara pori-pori tersumbat, sel kulit mati yang tertinggal, dan kotoran yang menempel pada wajah inilah yang kemudian memicu munculnya komedo. Karena itu, cara menghilangkan minyak di wajah pria juga biasanya bisa digunakan untuk membasmi komedo, Sob.

Meski nggak berbahaya, komedo bisa memicu pertumbuhan jerawat. Selain itu, komedo juga jelas bakal memengaruhi penampilan. Untuk itu, segera cari tahu soal cara menghilangkan minyak di wajah pria, Sob!

 

3. Kulit Kusam

Sel kulit mati yang tertinggal pada permukaan kulit ternyata nggak cuma memicu komedo, tetapi juga bisa membuat kulit kusam. Terutama jika kondisi kulit lo kotor akibat paparan debu dan polusi.

Sebenarnya, sel kulit mati bisa langsung berganti dengan sel kulit baru. Asal proses regenerasi sel normal. Namun, kulit berminyak membuat pori-pori tersumbat dan proses regenerasi terhambat.

Mengatasi kulit kusam ini pun masih berhubungan dengan cara menghilangkan minyak di wajah pria. So, jangan ke mana-mana, simak terus artikel seputar cara menghilangkan minyak di wajah pria ini!

 

4. Pori-pori besar

Sebum dan pori-pori kulit berhubungan erat. Saat produksi sebum tinggi, pori-pori akan cenderung membesar. Kok bisa?

Semakin tinggi produksi minyak di wajah, maka semakin keras kerja pori-pori kulit. Pori-pori akan membesar untuk mengeluarkan kelebihan minyak. Hasilnya akan langsung terlihat, pori-pori yang biasanya nggak terlihat, jadi tampak jelas.

Sama seperti permasalahan sebelumnya, hal ini juga bisa diatasi dengan cara menghilangkan minyak di wajah pria yang tepat. Cara menghilangkan minyak di wajah pria akan menjauhkan lo dari problem kulit membandel ini, Sob! Ingat, cara menghilangkan minyak di wajah pria nggak bisa membuat pori-pori mengecil, tetapi bisa menjaga pori-pori tetap bersih.

 

5. Kulit yang terasa lengket

Masalah berikutnya adalah kulit terasa lengket. Bisa dibilang, inilah masalah kulit berminyak yang paling mudah dikenali. Saat mengalaminya, lo bisa langsung tahu kalau ada yang nggak beres dengan kulit wajah.

Sama seperti minyak pada umumnya, minyak yang dihasilkan kulit juga cenderung kental. Jadi bayangin aja kalau seluruh wajah lo tertutup minyak tersebut. Kulit bakal terasa lengket dan nggak nyaman.

Apa masalah ini bisa diatasi? Jelas bisa. Asal cara menghilangkan minyak di wajah pria yang lo ikuti benar. Makanya lo nggak bisa sembarangan coba-coba cara menghilangkan minyak di wajah, karena nanti malah mengakibatkan wajah lo semakin lengket.

Itu dia beberapa masalah yang timbul karena kulit berminyak. Jelas bikin jengkel kalau nggak segera diatasi. Nah, biar cara menghilangkan minyak di wajah pria lo akurat, simak nih pembahasan lengkapnya berikut.

 

Cara menghilangkan minyak di wajah pria

Sekarang masuk ke pembahasan utamanya, yaitu soal cara menghilangkan minyak di wajah pria. Sebenarnya, cara menghilangkan minyak di wajah pria nggak terlalu sulit. Bahkan, lo bisa langsung menerapkannya setelah selesai baca artikel soal cara menghilangkan minyak di wajah pria ini.

Nggak usah berlama-lama, ini dia beberapa cara menghilangkan minyak di wajah pria yang bisa lo coba sendiri di rumah.

 

Rajin-mencuci-wajah1. Rajin Mencuci Wajah

Cara menghilangkan minyak di wajah pria yang pertama adalah mencuci wajah. Kenapa mencuci wajah penting?

Dengan rutin cuci wajah, kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat. Cara menghilangkan minyak di wajah pria ini juga bisa bantu proses regenerasi sel kulit karena zat aktif pada sabun pembersih wajah akan mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati. Hasilnya, pori-pori pun nggak bakal tersumbat dan produksi sebum tetap terkontrol.

Walau begitu, lo nggak bisa asal pilih sabun cuci muka. Salah pilih sabun cuci muka justru bisa bikin produksi sebum naik. Pilih sabun cuci muka yang memang ditujukan buat kulit berminyak seperti GATSBY Cooling Face Wash - Oil Clear Solution . Dengan teknologi micro foam, sabun cuci wajah dari GATSBY ini efektif menjadi cara menghilangkan minyak di wajah pria.

Kunci dari cara menghilangkan minyak di wajah pria yang satu ini adalah dengan memilih produk yang tepat. Lo bisa mempertimbangkan GATSBY Cooling Face Wash - Oil Clear Solution sebagai sabun cuci muka baru untuk sehari-hari

 

Cara menghilangkan minyak di wajah pria selanjutnya adalah dengan kertas minyak. Bukan kertas minyak yang dijadikan bungkus makanan, Sob, tetapi kertas minyak khusus wajah atau blotting paper.

Kertas minyak ini terbuat dari bahan khusus yang bisa menyerap minyak. Cara pakainya juga simple, cukup tempelkan pada area wajah yang berminyak. Nggak pakai lama, minyak pada wajah pun terangkat. Cara menghilangkan minyak di wajah pria ini cukup efektif, terutama kalau lo sedang terburu-buru.

Sayangnya, cara menghilangkan minyak di wajah pria yang satu ini nggak bertahan lama. Sebab, cara menghilangkan minyak di wajah pria dengan kertas minyak cuma mengatasi masalah pada permukaan, tanpa mengatasi penyebab utamanya.

Jadi, pastikan untuk mengimbangi penggunaan kertas minyak dengan cara menghilangkan minyak di wajah pria yang akan dibahas pada poin-poin selanjutnya.

 

3. Pakai masker wajah seminggu sekali

Cuci wajah sudah, pakai kertas minyak sudah, tetapi kok minyak masih muncul, ya? Tenang, masih ada cara menghilangkan minyak di wajah pria lainnya, yaitu dengan masker wajah (facial mask).

Pilih masker wajah yang punya kandungan untuk mengurangi sebum, misalnya pore clay, charcoal, atau mud. Gunakan secara teratur seminggu sekali, maka minyak yang berlebih pada wajah akan berkurang. FYI, memilih produk dengan kandungan yang tepat adalah salah satu kunci cara menghilangkan minyak di wajah pria yang akurat!

Sebelum menggunakan masker wajah, jangan lupa mencuci muka. Mencuci muka akan mengangkat kotoran yang menempel pada wajah sehingga kandungan di dalam masker wajah bisa terserap sempurna.

Gunakan produk pembersih wajah khusus untuk kulit berminyak seperti GATSBY Cooling Face Wash - Oil Clear Solution. Kandungan mineral clay dan lemon ampuh melawan minyak berlebih di wajah. Jangan lupa ya, cara menghilangkan minyak di wajah pria ini dilakukan rutin seminggu sekali, Sob!

 

4. Jangan lupakan pelembap

Cara menghilangkan minyak di wajah pria selanjutnya adalah dengan pelembap. Kulit sudah berminyak dan lengket, kenapa harus pakai pelembap lagi?

Basically, sebum yang diproduksi kelenjar minyak kulit memang berfungsi untuk melembapkan kulit. Namun, kelembapan tersebut cuma bertahan pada permukaan kulit. Padahal, lapisan-lapisan kulit yang lebih dalam juga perlu kelembapan.

Nah, kelembapan itu bisa didapat dengan menggunakan pelembap tambahan. Biar nggak menambah masalah pada kulit, pilih pelembap yang memang dibuat untuk kulit berminyak. Gampang kok Sob memilihnya. Pelembap untuk kulit berminyak biasanya dilengkapi dengan label “untuk kulit berminyak” atau “for oily skin.”

Cara menghilangkan minyak di wajah pria nggak bakal lengkap dan sukses tanpa produk pelembap. Jadi, pastikan untuk selalu pakai pelembap wajah, terutama sebelum beraktivitas dan sebelum tidur.

 

5. Ubah gaya hidup

Masih dalam cara menghilangkan minyak di wajah pria, poin berikutnya yang bisa lo ikuti adalah mengubah gaya hidup. Mungkin kedengarannya sulit, tetapi solusi ini justru paling ampuh kalau dibandingkan dengan cara menghilangkan minyak di wajah pria yang lain.

Gaya hidup atau lifestyle punya peran penting dalam menentukan kondisi kesehatan tubuh lo, termasuk kondisi kesehatan kulit wajah. Gaya hidup yang sehat dan balance bakal bikin lo terhindar dari berbagai problem kesehatan kulit. Salah satunya problem kulit yang berminyak.

Seperti apa gaya hidup yang sehat buat kulit? Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari junk food dan fast food yang nggak bernutrisi. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya gizi. Jangan lupa juga buat rutin minum air putih agar kelembapan alami kulit terjaga.

Olahraga juga merupakan termasuk dalam cara menghilangkan minyak di wajah pria, lho. Dengan rutin olahraga atau sekadar menggerakkan tubuh, produksi hormon yang baik untuk lo seperti hormon endorfin akan meningkat.

 

Hindari-menyentuh-wajah6. Hindari menyentuh wajah

Poin terakhir dalam cara menghilangkan minyak di wajah pria berhubungan dengan kebiasaan. Agar produksi minyak tetap terkontrol, biasakan untuk nggak menyentuh wajah. Terutama saat tangan lo kotor.

Nggak ada yang tahu kotoran dan bakteri apa saja yang sudah menempel pada tangan lo. Tangan yang terlihat bersih nggak akan 100% bersih dari kotoran, bakteri, dan bahkan virus. Nah, kotoran tersebut ternyata bisa bikin produksi minyak pada kulit wajah lo meningkat, Sob.

How come? Kotoran yang ada pada tangan dan kemudian berpindah ke wajah melalui sentuhan akan membuat kulit semakin kotor. Semakin kotor kulit wajah, maka semakin kotor pula pori-pori kulit wajah. Jika kulit wajah sudah kotor, menerapkan cara menghilangkan minyak di wajah pria yang paling akurat pun nggak berarti banyak.

Pori-pori kotor sama dengan pori-pori tersumbat. Padahal, pori-pori tersumbat hanya akan membuat produksi sebum meningkat, dan kulit pun makin berminyak.

So, buat lo yang suka pegang-pegang wajah, stop kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Meski kelihatannya sepele, percaya Sob, cara menghilangkan minyak di wajah pria yang satu ini super efisien!

 

Lebih lanjut soal cara menghilangkan minyak di wajah pria

Dari sini, lo pasti sudah bisa menyimpulkan gimana cara menghilangkan minyak di wajah pria yang tepat. Ternyata, cara menghilangkan minyak di wajah pria nggak secepat itu juga. Lo perlu tahu apa penyebabnya, seperti apa tanda-tandanya, baru bisa menemukan solusi yang paling tepat.

Sebenarnya, kunci dalam cara menghilangkan minyak di wajah pria yang utama adalah ketelatenan. Kadar minyak di kulit lo nggak bakal langsung berkurang. Lo perlu mengikuti tahapan-tahapan dalam cara menghilangkan minyak di wajah pria untuk mendapat hasil yang satisfying.

Cara menghilangkan minyak di wajah pria juga nggak bakal berhasil tanpa produk perawatan kulit yang tepat. Pastikan produk perawatan kulit yang lo pakai emang cocok untuk kulit berminyak. Untuk sabun wajah misalnya, lo bisa pakai GATSBY Cooling Face Wash - Oil Clear Solution yang ampuh bersihkan pori-pori kulit.

Selain itu, cara menghilangkan minyak di wajah pria juga nggak bakal berhasil tanpa ada perubahan dari dalam. Artinya, lo juga harus memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Jauhi makanan dan minuman yang nggak sehat, olahraga secara teratur, dan istirahat cukup. Dijamin kulit wajah bakal segera membaik.

Finally, pembahasan seputar cara menghilangkan minyak di wajah pria ini sampai di bagian akhir. Ingat Sob, proses buat mendapatkan kulit yang sehat dan bebas masalah perlu kesabaran. Cara-cara menghilangkan minyak di wajah pria yang sudah disebutkan di sini bakal berhasil asal lo telaten dan sabar. Tetap semangat!