helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Begini 5 Cara Membuat Video YouTube Buat Para Pemula

26.04.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Freepik

 

Cara membuat video YouTube itu susah-susah gampang, Sob. Sebagai mesin pencari terbesar kedua di dunia, YouTube punya pengaruh besar di pasar konten video. Brand menggunakan platform ini untuk membangun connection dengan konsumen, menghasilkan konten yang menjangkau target audiens, mempromosikan produk dan layanan, serta membangun brand awareness.

 

Bagaimana jika lo tertarik buat video YouTube sendiri? Nggak perlu bingung! Buat lo para pemula yang tertarik mengetahui cara membuat video YouTube, berikut ini panduan lengkapnya yang akan membantu lo memulai karier jadi YouTuber!

 

Brainstorm konsep channel dan ide video

Cara membuat video YouTube yang pertama adalah lewat brainstorm konsep channel dan ide video. Dalam menentukan konsep channel, ada banyak pertimbangan yang harus lo pikirkan. Lo bisa mulai dari mencari alasan kenapa lo ingin memulai YouTube channel. Misalnya, kalau lo ingin menghasilkan uang lewat channel tersebut, lo tentunya harus memilih konsep dan ide video yang benar-benar populer. Kalau hanya untuk having fun, lo nggak perlu repot mencari ide video populer dan bisa memilih salah satu ide yang paling lo minati saat ini.

 

Setelah menentukan konsep, selanjutnya lo perlu memikirkan ide video. Pikirkan sebanyak 20 ide video yang ingin lo buat untuk YouTube channel lo. Ini penting biar lo nggak berubah haluan di tengah jalan karena sadar ide video yang lo punya kedikitan.

 

Siapkan alat yang dibutuhkan

Sebagai pemula, ada beberapa alat yang perlu lo siapkan, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Kamera. Ini adalah perlengkapan terpenting yang lo butuhkan. Ada banyak pilihan kamera, tetapi DSLR adalah pilihan terbaik bagi pemula. Kamera DSLR populer di kalangan YouTuber karena bagus untuk merekam dalam cahaya redup, videonya berkualitas tinggi, dan gambarnya sangat jernih.
  • Peralatan pencahayaan. Kalau lo berencana merekam semua video di luar ruangan, lo mungkin nggak perlu membeli peralatan pencahayaan dalam ruangan. Namun, kalau di dalam ruangan, lo perlu membeli peralatan pencahayaan. Lo bisa pakai lampu ring light yang bisa dibeli secara online dengan harga terjangkau.
  • Mikrofon. Mikrofon penting kalau lo merekam video di luar karena bisa meredam suara latar atau background noise dengan baik, bahkan membuatnya nggak terdengar sama sekali.
  • Aplikasi pengeditan video. Sekarang sudah banyak banget aplikasi pengeditan video yang mudah digunakan dan gratis untuk memulai saluran YouTube, Sob. Aplikasi ini dipakai untuk menambahkan musik dan efek ke video untuk membuat video lebih menarik.

 

Bikin judul dan thumbnail yang buat penasaran

Kalau lo ingin punya banyak viewers, lo harus bisa bikin judul yang menarik. Sebagai hal yang pertama dibaca oleh pengguna YouTube, judul punya peran sangat besar dalam menentukan apakah video yang lo buat layak ditonton, Sob. Contohnya seperti Reza Arap yang membuat konten dengan judul “Dear Abang Ojol Ku Sayang.” Judul ini menarik karena audiens penasaran ada apa dengan Reza Arap dan Abang Ojol yang dia bicarakan.

 

Nggak kalah penting dibanding judul, lo juga perlu meluangkan waktu untuk membuat thumbnail yang bagus. Seperti Clarin Hayes membuat konten menurunkan berat badan dengan thumbnail yang menampilkan foto perubahan berat badannya. Thumbnail ini membuat audiens penasaran dengan video tersebut.

 

Buat alur video yang santai seperti lagi ngobrol

Sebagai pemula, lo mungkin belum menemukan flow yang paling tepat buat lo. Namun, satu yang harus lo ingat, alur video lo nggak boleh kaku karena nggak akan ada orang yang mau nonton video kalau pembicaranya terlihat tegang dan membosankan.

 

Terlepas dari topiknya, lo harus bisa membuat alur video yang santai seperti lagi ngobrol dengan teman. Pastikan informasi yang lo sampaikan semuanya benar dengan bahasa yang mudah dimengerti. Kalau bisa, tambahkan unsur humor yang mengundang tawa biar video lo makin banyak penontonnya.

 

Masukkan subtitle agar lebih banyak viewers

Kalau mau mengambil kesempatan memperluas jangkauan audiens, lo nggak boleh malas memasukkan subtitle, Sob. Ini penting banget karena lo nggak pernah tahu video lo bisa muncul di beranda akun YouTube siapa. Setidaknya, masukkan subtitle bahasa Inggris dan bahasa Indonesia agar bisa mengakomodir teman-teman yang ada di belahan dunia lain atau teman-teman difabel. Selain itu, subtitles juga bermanfaat buat viewers yang menonton video saat jam istirahat makan siang di kantor dan lebih suka menontonnya tanpa suara biar nggak mengganggu orang-orang sekitar.

 

Nah, sudah paham cara membuat video YouTube bagi para pemula? Jangan ragu-ragu, mulai saja sekarang. Jangan lupa pakai Gatsby Styling Pomade biar lo bisa tampil di depan kamera dengan lebih percaya diri ya, Sob.