helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Aksesoris yang Penting Buat Main Basket

by
GATSBYCODE
02.08.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Sob, pernah bertanya-tanya gak sih kenapa pemain basket banyak banget pakai aksesoris ketika mereka lagi bertanding? Sebenarnya, yang mereka kenakan itu bukan sembarang aksesoris atau buat gaya-gayaan doang, tapi setiap aksesoris itu justru adalah pelengkap, dan memiliki fungsinya masing-masing. Mulai dari pemain basket NBA, tim nasional, klub antar kampus sampai klub kecil lainnya, kebanyakan para pemain menggunakan seenggaknya salah satu dari banyak aksesoris yang bisa dipakai. Sebelum lo terinspirasi untuk pakai salah satunya, lo harus tau dulu Sob apa aja kegunaan dari aksesoris tersebut. Yuk, cek dulu!

 

Headband

Dimulai dari kepala, aksesoris yang satu ini ternyata penting banget buat para pemain. Karena fungsional, aksesoris ini gak cuma digunakan sama para pebasket, tapi juga sering dipakai sama atlet lainnya. Ternyata, fungsi dari headband atau ikat kepala ini adalah untuk menahan keringat di kepala yang sewaktu-waktu bisa jatuh dan masuk ke mata. Untuk pemain yang memiliki rambut panjang, headband berfungsi untuk menahan atau mengatur rambut agar tak menghalangi mata dan mengganggu pandangan. Butuh inspirasi warna headband? Coba lihat gaya Carmelo Anthony, pemain klub Los Angeles Lakers yang gak pernah absen pakai ikat kepala.

 

Mouthguard

Siapa yang menyangka kalau mouthguard ini cuma dipakai sama petinju aja? Ternyata, pebasket pun butuh alat yang satu ini Sob! Salah satunya adalah Stephen Curry, pemain NBA dari klub Golden State Warrior yang selalu memakai pelindung mulut setiap kali bertanding di arena. Sesuai dengan namanya, fungsi dari aksesoris ini adalah untuk meminimalisir cedera di area mulut, ketika atlet mengalami kontak dengan atlet lain.

 

Handband

Ngaku deh Sob, waktu lo kecil dulu, pasti pernah kan pakai aksesoris ini kemana pun lo pergi? Handband atau bantalan tangan ini memiliki fungsi yang sama dengan headband, yaitu untuk menyeka keringat ketika sedang bermain. Tapi kini penggunaan handband sudah mulai berkurang, karena ada aksesoris lain yang mulai menggantikan fungsi handband, yaitu arm sleeve. Salah satu pemain NBA yang masih setia menggunakan aksesoris ini adalah Devin Booker dari klub Phoenix Suns.

 

Arm Sleeve

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aksesoris yang satu ini kini menggantikan fungsi handband dan banyak sekali atlet yang menggunakan arm sleeve ini. Salah satu pemain basket terbaik sepanjang masa, LeBron “The King” James, terlihat selalu menggunakan aksesoris ini. Bukan sembarang kain, karena ternyata arm sleeve berfungsi untuk menjaga kehangatan otot, mencegah luka robek, dan membuat para penggunanya lebih leluasa melakukan pergerakan. Dengan menggunakan ini, para atlet bisa lebih mudah melakukan teknik dribble, memegang bola, dan juga melempar bola. Selain itu, arm sleeve juga bisa melindungi tangan dan mencegah cedera pada pemain ketika melakukan drive ke pertahanan lawan.

 

Leg Sleeve

Serupa dengan arm sleeve, leg sleeve juga bikin pergerakan para pemain lebih leluasa. Selain itu, leg sleeve juga bisa menghangatkan otot, menyerap dan mengeringkan keringat, mempercepat pemulihan otot, dan cocok juga untuk melatih lompatan saat latihan. Saat pemain terjatuh, leg sleeve bisa melindungi kaki dari benturan. Kevin Durant, pemain NBA dari klub Brooklyn Nets adalah salah satu pemain yang tak pernah absen menggunakan aksesoris yang satu ini.

 

Setelah tau fungsi dari aksesoris di atas, jadi makin semangat gak nih buat latihan basket? Nah Sob, setelah lelah bermain basket, wajah lo pasti akan berminyak dan juga kusam karena keringat. Buat mengembalikan lagi kesegarannya, cuci muka lo pakai GATSBY COOLING FACE WASH OIL CLEAR SOLUTION OIL SOLUTION deh! dengan kombinasi Mineral Clay dan Lemon, keduanya efektif melawan minyak berlebih di wajah, dan kulit lo dijamin bebas dari kusam dan kembali mengkilap.