helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

4 Tips Sebagai Persiapan Biar Penampilan Presentasi Maksimal

by
GATSBYCODE
18.11.2021
YOUR PASSION

ARTICLE

Sejumlah tips dan persiapan sebelum melakukan presentasi tentu menjadi hal yang sangat penting, Sob. Sebab, dengan begini lo jadi bisa menyampaikan ide atau gagasan dengan lebih menarik sehingga mudah dipahami oleh audiens yang hadir. Selain itu, persiapan yang matang juga bisa membuat presentasi yang lebih terstruktur, sehingga lo jadi bisa lebih bersiap kalau terjadi hal di luar rencana.

Jangan grogi Sob, mending lakukan 4 tips ini sebagai persiapan biar penampilan presentasi lo jadi maksimal!

 

Tentukan Topik Presentasi yang Tepat

Tips persiapan presentasi yang pertama yaitu tentukan topik presentasi yang tepat, Sob. Penting banget nih, karena lo butuh tema besar yang akan disampaikan pada audiens. Dilansir laman Tutsplus, memilih topik yang tepat sangatlah penting. Topik yang tepat adalah topik yang relevan dengan audiens lo, Sob.

Kalau nggak, kemungkinan besar mereka nggak akan tertarik. Selain itu, sebaiknya topik yang dibawakan adalah topik yang lo kuasai dengan baik. Agar bisa berbagi ilmu secara maksimal, jangan lupa lakukan riset dan kumpulkan data untuk topik lo, Sob.

Baca Juga : 3 Cara Mengetahui Kesukaan Calon Pasangan

 

Pahami Audiens

Tips persiapan presentasi selanjutnya yaitu pahami audiens yang bakal menyaksikan presentasi lo, Sob. Pasalnya, tanpa mengerti siapa yang akan menjadi pendengar, pasti bakal sulit untuk merancang presentasi yang dapat dimengerti dengan baik. Salah satu hal yang perlu diingat saat melakukan riset mengenai audiens lo adalah tingkat pemahaman mereka tentang topik yang bakal dibawakan.

Kalau sekiranya audiens masih awam, berarti penyampaian lo harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti pemula, Sob. Sedangkan, kalau kira-kira audiens lo sudah cukup memahami topik yang akan dibawakan, berarti lo bisa membahasnya lebih detail dan mendalam.

 

Perhatikan Desain Setiap Slide

Tentunya, membuat desain slide adalah bagian dari persiapan presentasi. Lo bisa membuat desain sekreatif mungkin. Akan tetapi, jangan berlebihan. Gunakan maksimal dua font, satu untuk heading dan satu untuk isi slide. Pastikan juga font yang digunakan mudah dibaca, ya. Setelah itu, pilih ukuran yang cukup besar agar audiens nggak kesulitan saat membacanya.

Sebaiknya, gunakan bullet point untuk membuat presentasi lo lebih mudah dibaca. Akan lebih baik juga kalau lo menyampaikan data dengan ilustrasi atau grafik. Satu lagi, pemilihan warna juga penting. Kalau slide presentasi terlalu terlihat warna-warni alias ramai, desain lo hanya akan menjadi distraksi bagi yang membaca. Jadi, lebih baik gunakan desain yang rapi dan simpel saja ya, Sob.

 

Latihan presentasi

Latihan presentasi adalah salah satu tahap persiapan yang paling penting. Tanpa berlatih, lo nggak akan tahu bagaimana kira-kira kesiapan lo saat memaparkan topik presentasi, Sob. Semakin sering berlatih sebelum presentasi, lo akan semakin percaya diri dan menguasai topik yang dibawakan sehingga kesalahan bisa dihindari.

Salah satu tips penting menurut Virtual Speech adalah jangan terlalu fokus menghafal. Menghafal akan membuat lo jadi kaku, Sob. Oleh karena itu, berlatihlah sampai presentasi lo bisa tersampaikan secara natural! 

Selain 4 hal tersebut, jangan lupakan juga aroma tubuh lo biar semakin percaya diri saat presentasi. Maka dari itu, sebaiknya pilih GATSBY ULTRA PRIME PERFUME BODY SPRAY dengan wangi eksklusif yang tahan lama. Ada tiga aroma varian yang bisa lo pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan selera lo, Sob!