SWIPE

SCROLL

4 Seniman Graffiti Terkenal Dunia, Ada Indonesia Gak?

14.10.2019
WHAT'S NEW

ARTICLE

Photo Credit: Pixabay

 

Berbicara mengenai seni di dunia, tentu saja nggak akan ada habisnya karena setiap saat seni terus berkembang dan memiliki cabang di mana-mana tanpa mengenal waktu. Namun, kalau berbicara tentang seni yang ada di Indonesia, khususnya seni tanpa batas dan peraturan, maka graffiti adalah jawabannya.

Di dunia graffiti, ada banyak sekali seniman graffiti terkenal yang hingga detik ini nggak diketahui bagaimana perawakan hingga wajahnya. Ya, graffiti yang nggaak mengenal batas dan aturan ini menjadikan para seniman graffiti hanya memperlihatkan karya mereka ke publik, bukan wajah mereka. Dengan kondisi ini, maka idealisme mereka dalam berkarya nggak perlu dilakukan lagi.

Siapa saja sih seniman graffiti terkenal di dunia? Apakah ada yang dari Indonesia? Tentu saja jawabannya adalah iya. Penasaran? Berikut empat seniman graffiti yang wajib lo ketahui.

 

Banksy

Seniman graffiti pertama yang namanya sudah terkenal di dunia adalah Banksy. Siapa yang nggak kenal dia? Banksy yang besar di kota yang terkenal juga dengan karya graffitinya, Bristol, Inggris, membuat langkahnya didengar, dilihat, dan disukai banyak orang berkat pesan-pesan yang ada di dalamnya.

Ya, Banksy selalu menyelipkan pesan politik, isu kemanusiaan, hingga isu sosial yang tentu saja lekat dengan kehidupan masyarakat kebanyakan. Hebatnya lagi, karya-karya dari Banksy nggak cuma ada di Inggris, tetapi juga di seluruh penjuru dunia, termasuk daerah konflik seperti Israel dan Palestina. Walau sampai sekarang nggak ada yang tahu bagaimana wajah Banksy, namun seniman ini sudah menjadi aktor penting dari budaya seniman jalanan dunia.

 

Boris

Memiliki nama yang sedikit mirip dengan Banksy, Boris nggak berasal dari negara yang memiliki budaya pop yang besar karena dia berasal dari Bulgaria, salah satu negara Balkan. Kalau Banksy mencoba menuangkan kritik sosial ke dalam karyanya, berbanding terbalik dengan Boris. Dia malah ingin orang lain tahu tentang kegembiraan dari karyanya.

Graffiti Boris yang didominasi warna-warni dan terlihat ceria membuat namanya cepat naik ke permukaan sebagai seniman graffiti andal. Bahkan Boris nggak hanya jago dalam seni ini saja. Dia juga dikabarkan memiliki kemampuan di bidang marketing media sosial sehingga karyanya semakin cepat tersebar ke seluruh dunia melalui internet.

 

Tuts

Sekarang waktunya seniman graffiti Indonesia unjuk gigi. Yang pertama adalah Tuts. Dikenal sebagai salah satu siswa di salah satu sekolah internasional di Pondok Indah pada tahun 2000-an, Tuts mengetahui seni jalanan ini juga dari sana.

Pria yang juga akrab dipanggil Tutu ini nggak hanya mengenalkan karyanya di dalam negeri saja, tetapi juga hingga ke luar negeri. Dari Taiwan hingga Selandia Baru, karya Tuts nggak pernah dipandang sebelah mata sejak dahulu. Walau kontroversi terhadap dunia graffiti sempat muncul, Tuts nggak peduli. Dia tetap membuktikan kualitasnya dengan menggambar di berbagai dinding sudut kota.

 

Darbotz

Kalau berbicara mengenai seniman graffiti Indonesia, maka nggak mungkin meninggalkan nama Darbotz dari daftar ini. Darbotz memiliki karya yang cukup berbeda dibandingkan seniman graffiti lainnya. Dia memiliki satu identitas dari setiap gambarnya yang diberi nama Cumi dan identik dengan permainan warna hitam-putih di setiap karyanya.

Nama Cumi ini memang identik dengan berbagai tangan panjang layaknya tentakel cumi-cumi. Hasil karya Darbotz cukup mudah ditemukan di berbagai sudut kota Jakarta karena terhitung ikonik dan nggak bisa disamai oleh seniman graffiti lainnya.

 

Seniman graffiti nggak hanya dikenal dengan karya di jalanan saja. Mereka juga mencoba berkolaborasi untuk menjadikan karya-karyanya semakin dikenal banyak orang. Jadi, itulah empat graffiti terkenal di dunia, termasuk Indonesia yang wajib lo ketahui.