SWIPE

SCROLL

4 Kota dengan Karya Graffiti Terkeren di Dunia

04.09.2019
WHAT'S NEW

ARTICLE

Ketika lo disuruh memilih untuk liburan ke pantai atau laut, masing-masing orang punya jawaban yang berbeda. Padahal sebenarnya berliburan ke kota-kota yang keren juga bisa lo lakukan ketika liburan nanti tiba.  Kalau lo suka seni, maka graffiti keren bukan lagi satu hal yang asing buat lo.

Menghubungkan liburan di perkotaan dengan graffiti keren, di belahan dunia lain cukup banyak kota-kota yang memiliki karya graffiti terkeren. Dari benua Amerika Selatan hingga Eropa, di bawah ini ada empat kota dengan karya graffiti terkeren di dunia yang bisa lo kunjungi. Pastinya lo nggak akan merasa rugi sedikit pun ketika menginjakkan kaki di sana dan melihat berbagai macam graffiti di dinding-dinding perkotaan.

Buenos Aires, Argentina

Source: https://www.buenosairesfreewalks.com/what-to-see-buenos-aires/graffiti-in-palermo/

Terletak di benua Amerika Selatan, tepatnya Argentina, ibu kota negara ini tidak hanya terkenal dengan sepakbola saja, tetapi juga graffiti keren. Di berbagai sudut-sudut kota, lo akan melihat berbagai macam graffiti yang terpampang di dinding-dinding yang berdiri kokoh di sana. Pemerintah daerah Buenos Aires sendiri sepertinya mengetahui bagaimana potensi kota ini untuk terkenal dari graffiti.

Ya, para seniman jalanan di sana tidak perlu meminta izin kepada pemerintah untuk menciptakan graffiti terbaru mereka. Mereka hanya perlu meminta izin kepada pemilik properti saja untuk mendapatkan lampu hijau demi bisa menggambar graffiti keren di sana.

 

Bristol, Inggris

Source: https://www.findingtheuniverse.com/the-street-art-of-bristol-banksy-and/

Pindah ke benua Eropa, di Inggris juga ada kota yang terkenal dengan karya graffiti keren, yaitu Bristol. Kalau berbicara mengenai Inggris, maka orang-orang lebih banyak yang tertarik dengan London atau Manchester. Tapi jika berbicara mengenai seni jalanan, maka Bristol adalah jawaranya di sana.

Di Bristol, lo bisa melihat berbagai graffiti keren karena memang kota ini menjadikan graffiti sebagai salah satu identitas mereka. Bahkan di setiap musim panas, ada festival yang mengundang para seniman untuk memberikan karya terbaik mereka di daerah Bedminster dan Southville. Tidak hanya itu, kalau lo suka budaya pop, maka nama Banksy tidak asing lagi. Sebagai seniman jalanan yang karya-karyanya ikonik, ternyata Banksy besar di Bristol. Jadi, nggak aneh kalau Bristol menghargai seni jalanan.

 

Berlin, Jerman

Source: https://berlinstreetart.com/street-art-history-berlin-wall-graffiti/

Kota ketiga yang memiliki karya graffiti terkeren di dunia adalah Berlin. Sebagai salah satu kota dengan destinasi liburan terbesar di Jerman, Berlin memiliki satu nilai sejarah yang lebih besar dibandingkan kota lainnya di sana.

Apakah lo ingat Tembok Berlin? Tembok yang menjadi pemisah Jerman Barat dan Jerman Timur? Pada tahun 1989, tembok tersebut akhirnya diruntuhkan. Dengan semangat kebersamaan yang terasa, seluruh seniman jalanan lokal dan internasional menjadikan tembok-tembok yang masih ada sebagai kanvas graffiti mereka. Jadi, selain lo liburan dengan melihat peristiwa sejarah politik di sana, lo juga akan melihat berbagai macam graffiti keren yang ada. Pastinya lo nggak akan menyesal sedikitpun.

Montreal, Kanada

Source: https://montrealinformer.com/79452/graffiti-granny-montreal-picture/

Kanada juga nggak mau ketinggalan dengan dunia seni jalanan ini karena setiap musim panas, selalu ada festival mural di Montreal. Di dalam festival tersebut, para seniman jalanan bisa menuangkan ide-ide mereka ke dalam bentuk graffiti keren. Pastinya graffiti mereka bisa membuat Montreal menjadi lebih berwarna lagi.

 

Itulah empat kota dengan karya graffiti terkeren di dunia. Kalau lo suka seni jalanan, maka nggak ada salahnya lo masukin empat kota di atas untuk lo kunjungi pada masa mendatang.