helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

3 Musisi Indie dari Indonesia yang Punya Segudang Prestasi

by
GATSBYCODE
04.10.2018
YOUR PASSION

ARTICLE

Lo penggemar musik indie? Kalau iya, pastinya lo tahu bahwa kata “indie” dalam bahasa Indonesia merupakan serapan dari kata “independent” dalam Bahasa Inggris yang artinya mandiri. Musisi indie umumnya punya idealisme dan bebas berkreasi. Indonesia sendiri punya banyak musisi indie yang keren, lho. Nggak cuma keren, mereka juga punya segudang prestasi. Siapa saja mereka?

 

SORE

Band indie asal Jakarta ini merupakan salah satu musisi indie yang punya segudang prestasi. Yang unik dari band ini adalah seluruh anggotanya bisa bermain musik menggunakan tangan kiri dan sudah berteman sejak kecil. Beberapa lagi SORE bahkan dipakai sebagai lagu tema beberapa film layar lebar seperti Janji Joni, Berbagai Suami, Quickie Express, dan Perempuan Punya Cerita.

Selain lagu-lagunya yang nggak asing muncul di beberapa film layar lebar, SORE juga pernah mendapatkan pujian dari majalah TIME Asia, lho. SORE sukses menjadi salah satu band yang albumnya layak dibeli. Bahkan, Rolling Stone Indonesia pada tahun 2009 lalu menempatkan band indie ini di urutan 40 dalam kategori “150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa”. Keren, ya?

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga yang Efektif buat Peninggi Badan

 

Superman Is Dead

Nama band indie satu ini terdengar nggak asing, kan? Superman Is Dead memang cukup terkenal. Band tanah air pertama ini tahun 2011 lalu sukses menembus tangga lagu Billboard, bahkan menduduki posisi ke-23 Billboard Uncharted. Dua tahun sebelumnya yaitu 2009, band ini juga tampil dalam tur festival punk terbesar di dunia, Warped Tour. Nggak cuma kaya prestasi, Superman Is Dead juga super kritis sama kondisi sosial dan politik di tanah air, lho. 

 

Jogja Hiphop Foundation

Grup yang terbentuk tahun 2003 oleh Marzuki Mohammad atau Kill The DJ ini menawarkan jenis musik yang cukup unik. Memadukan hentakan musik khas hip-hop dengan gamelan dan bahasa Jawa, JHF banjir tawaran untuk tampil di panggung internasional. Mulai dari pementasan di Mosaic Music Festival Singapura pada tahun 2009, Asia Society di New York tahun 2011, hingga menggelar tur 10 kota di Amerika pada tahun 2012.

Nah gimana menurut lo, musisi indie Indonesia cukup keren, ya? Lo bisa nih dengerin beberapa lagu indie buat cari inspirasi. Enjoy!

Photo Credit: Pexels