helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

3 Gerakan Latihan Praktis buat Mengencangkan Otot Perut

by
GATSBYCODE
05.04.2023
LIFE GUIDE

ARTICLE

Kayaknya sudah jadi rahasia umum sih, kalau perut ramping dengan otot yang berisi jadi idaman banyak orang. Jadi, jangan heran kalau saat ini banyak orang yang beralih ke hidup yang lebih sehat, Sob. Mulai dari memerhatikan asupan makanan sampai rutin melakukan latihan atau workout.

Yup, membentuk otot perut memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Namun kalau lo melakukannya dengan penuh tekad, rutin dan benar, maka memiliki perut ramping bukan lagi menjadi hal yang mustahil, Sob.

Sesuai dengan namanya, latihan otot perut tujuannya buat membentuk dan meningkatkan kekuatan otot perut serta mengecilkan perut buncit. Selain itu, latihan ini juga bisa melatih pernapasan, menjaga kelenturan dan keseimbangan tubuh, serta meningkatkan fungsi tulang belakang dan punggung bagian bawah, lho. 

Yuk, langsung saja simak 3 gerakan latihan praktis buat mengencangkan otot perut di bawah ini!

 

Twisting Sit Up

Twisting sit up merupakan gerakan variasi dari sit up biasa yang melibatkan gerakan memutar tubuh ke kiri dan kanan sehingga bisa melatih lebih banyak otot. Untuk melakukan gerakan ini, lo dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Berbaring telentang di atas lantai atau matras dengan lutut ditekuk sedikit

- Letakkan kedua tangan lo di belakang kepala

- Lalu angkat dan tekuk kepala, bahu, punggung atas dan bawah dari lantai miring ke arah kanan hingga siku kanan tegak lurus dengan lutut.

- Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 5 detik dan perlahan kembali ke posisi awal

- Lakukan juga pada sisi sebaliknya

- Ulangi sebanyak 10 kali secara bergantian

Leg Raises

Contoh latihan otot perut untuk mengecilkan perut buncit berikutnya adalah leg raises atau dalam bahasa Indonesia berarti mengangkat kaki. Mungkin ini terdengar sederhana, padahal gerakan tersebut cukup menantang, sebab lo perlu mengangkat kedua kaki namun bagian bokong tidak boleh ikut terangkat. Berikut cara melakukannya:

- Berbaringlah terlentang di atas matras, letakkan lengan di samping ke bawah dan telapak tangan di lantai atau di bawah pantat

- Angkatlah kaki lurus ke atas sampai tubuh membentuk sudut 90 derajat

- Turunkan kembali kaki secara perlahan ke lantai

- Ulangi sebanyak 10 kaki untuk 3 set

Plank

Gerakan latihan otot perut yang pertama adalah plank. Selain memperkuat otot perut, latihan ini juga efektif untuk memperkuat otot punggung bagian bawah. Cara melakukan gerakan plank adalah:

- Berbaring tengkurap di atas lantai

- Angkat pinggul dengan bersangga pada lengan bawah, kemudian usahakan membuat garis lurus dan kaku dari ujung kepala hingga ujung kaki

- Pastikan bahu lo tepat di atas siku

- Pertahankan posisi ini selama 5 hingga 10 detik dan fokuslah menjaga perut tetap berkontraksi

- Ulang 8 sampai 10 kali

 

So, itulah 3 gerakan latihan praktis buat mengencangkan otot perut. Nah, biar badan lo tetap wangi suave pas lagi workout, lo wajib banget pakai GATSBY Eau de Blue roll on, Sob. Deodorant terbaru GATSBY ini bisa sampai 72 jam lawan odor + lawan keringat + wangi fresh, sehingga lo bisa selalu wangi di mana pun dalam kondisi apapun. Nggak cuma itu, GATSBY Eau de Blue roll on ini juga punya tiga varian, ada Earth Code, Skyline Code, dan Air Code dengan yang aroma biru yang menenangkan, nggak menyengat dan pastinya nyegerin banget!