helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

3 Gerakan dan Manfaat Senam Otak yang Harus Lo Ketahui!

22.11.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Ternyata, manfaat dari gerakan senam otak lumayan banyak dan penting juga bagi kehidupan, lho. Mulai dari mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, fokus dan daya ingat, sampai kreativitas yang semakin tajam pasti bisa lo rasakan saat rutin melakukan gerakan senam otak, Sob. Maka dari itu, sebaiknya simak lengkap 3 gerakan dan manfaat senam otak berikut ini!

 

Cross Crawl

Pertama ada gerakan cross crawl yang bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri. Tapi, usahakan untuk mengambil posisi berdiri tegak, kemudian buka kedua kaki lo hingga selebar bahu. Angkat lutut kanan sampai bersentuhan dengan siku kiri. Miringkan sedikit kepala dan bahu kiri lo ke arah kanan sambil melakukan gerakan ini. Setelah itu, ganti dengan sisi lainnya dan ulangi gerakan ini sampai kira-kira 30 detik, Sob.

Gerakan senam otak ini, bermanfaat banget melatih keseimbangan otak kanan dan kiri, melatih pernapasan, memperbaiki postur tubuh, serta meningkatkan kemampuan belajar, lho. Selain itu, lo juga bisa melakukan gerakan cross crawl untuk menghasilkan lebih banyak energi atau selama melakukan aktivitas yang membutuhkan indera penglihatan (membaca, menulis), atau bahkan sebelum berolahraga, Sob.

 

Positive Point

Gerakan positive point bisa Lo lakukan sambil duduk santai. Sebelum gerakan dimulai, Lo perlu menemukan positive point yang ada di area dahi Lo. Titik ini tepatnya berada di atas masing-masing alis, baik kanan dan kiri, di tengah antara alis dan garis rambut Lo. Saat melakukan gerakan ini, mungkin akan merasakan adanya sedikit area yang menonjol pada titik tersebut.

Pada titik tersebut, letakkan tiga jari di setiap tangan dan tekan dengan lembut area itu. Tutup mata dan tarik napas dalam-dalam sampai sekitar sepuluh kali. Selain melakukan gerakan ini sendiri, positive point juga bisa dilakukan dengan bantuan orang lain. Kalau lo mau membantu seseorang melakukan gerakan ini, berdirilah di belakang orang tersebut dan tekan positive point-nya. Orang yang Lo bantu bisa sambil duduk dengan nyaman dan mintalah untuk menarik napas dalam-dalam sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya. Salah satu manfaat ini yaitu bisa membantu untuk meredakan stres. Oleh karena itu, cara ini bisa dilakukan saat lo merasa stres berlebihan, bingung, kesal, sedih, atau marah, Sob!

 

Hook

Gerakan hook up ini bisa lo lakukan sambil duduk tegak dengan nyaman. Caranya, silangkan pergelangan kaki, dengan posisi pergelangan kaki kiri di depan pergelangan kaki kanan. Lalu, satukan kedua telapak tangan dan jalin jari-jari di depan dada secara menyilang. Kemudian, angkat tangan yang telah menyilang tersebut ke arah dagu.

Pertahankan posisi ini sambil menutup mata dan menarik napas dalam selama yang lo mampu, Sob. Hembuskan napas lewat mulut perlahan-lahan. Gerakan senam otak ini bisa lo lakukan selama satu menit atau kalau sudah merasa lebih tenang.

Manfaat dari gerakan ini yaitu bisa bikin sistem saraf pusat pada otak jadi lebih rileks. Selain itu, lo juga bisa berpikir dengan lebih jernih dan fokus. Oleh karena itu, gerakan senam otak ini bisa dilakukan kalau lo harus mengambil suatu keputusan penting, sulit berkonsentrasi, dilanda kecemasan atau stres, atau sebelum mulai beraktivitas, Sob!

 

Biar manfaat senam otak makin terasa dan tetap percaya diri saat beraktivitas, lo bisa gunakan GATSBY EAU DE TOILETTE COOL yang punya perpaduan aromatic fougere dan fresh spicy green yang bisa memberikan kesan keharuman pribadi cerdas dan bersih di segala aktivitas. Harumnya pasti bakal bikin lo selalu merasa segar dan percaya diri saat beraktivitas, deh!