helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

3 Cara Berhemat Di Tanggal Tua

by
GATSBYCODE
25.05.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Sering ketar-ketir di tanggal tua karena uang simpanan sudah tipis? Atau sering merogoh kantong-kantong dan saku celana dengan harapan akan menemukan selembar kebahagiaan meski cuma Rp5.000 aja? Wah, berarti ada yang salah Sob sama cara penyimpanan uang lo. Kalau sejak awal bulan atau selepas gajian lo sudah memisahkan uang berdasarkan kebutuhannya, seharusnya kekhawatiran ini gak akan muncul. Seringnya kita sudah berusaha supaya akhir bulan tetap bisa makan enak, tapi nyatanya justru malah minum obat asam lambung karena jadwal makan berantakan. Jadi, gimana sih cara berhemat di tanggal tua? Ikuti 3 tips berikut ya Sob!

 

Jangan beli barang mendadak

Biasanya di akhir bulan suka ada jebakan diskon-diskon yang bikin lo mengeluarkan uang yang seharusnya gak lo keluarkan. Barang yang sebenarnya gak lo butuhkan, malah tiba-tiba jadi berasa urgent banget karena ke-impulsive-an lo sendiri. Jangan, pokoknya jangan sampai tergiur untuk beli barang secara mendadak, apalagi alasannya karena ingin, bukan karena butuh. Berusahalah untuk bijak terhadap diri sendiri, dan menekan segala pengeluaran yang bukan pada tempatnya. Pakai segala barang dengan baik, untuk meminimalisir kerusakan dan pembelian mendadak di akhir bulan.

 

Masak untuk makanan

Ini simple tapi sangat berpengaruh besar. Coba deh Sob lo hitung, berapa pengeluaran untuk kebutuhan makan dalam sehari. Kalau sekali makan aja bisa Rp25.000, berarti dalam sehari lo butuh Rp75.000, dikali satu bulan, maka pengeluaran untuk makan bisa mencapai lebih dari 2 juta. Untuk menyiasatinya, coba mulai untuk masak makanan sendiri. Dimulai dengan belanja kebutuhan untuk stok, lalu luangkan waktu sebentar untuk memasak. Bawa juga minum di botol sendiri, dan hindari membeli minum air dalam kemasan. Selain menambah pengeluaran, cara ini juga gak baik untuk Bumi kita, karena akan menambah sampah plastik yang dihasilkan dari kemasannya. Jadi, gimana Sob? Sudah siap masak dan bawa bekal sendiri?

 

Simpan uang receh

Tau kan pepatah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”? Pepatah ini sangat cocok dengan gambaran kondisi ketika lo menyimpan uang receh dan ditabung untuk keperluan yang urgent. Mungkin menurut lo gak penting karena nominalnya terlalu kecil. Tapi ternyata hal ini yang justru akan membantu lo ketika kepepet di akhir bulan. Mulai sekarang, jangan ragu untuk meminta kembalian uang receh di kasir, meski itu hanya Rp100. Simpan di celengan yang lo gak bisa lihat isinya, dan gak usah dihitungin! Surprise me later with the amount of cent that you can collect ya Sob!

 

Tambahan nih Sob, supaya lebih irit dan hemat, pakailah produk yang hanya digunakan sekali pakai, tapi bisa tahan dalam waktu yang lama. Seperti GATSBY Water Gloss Ultimate Hold, gel rambut dengan holding power ekstra tinggi untuk membentuk gaya rambut super bundle dengan kesan yang fresh, tampak basah, & memiliki efek kaku. Dijamin awet sampe tanggal tua!