helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

20 Model Rambut Pria Wajah Bulat yang Buat Rahang Lebih Tajam

06.09.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Lo lagi mencari model rambut pria wajah bulat? Wajah bulat dengan pipi tembam dan dahi lebar sering bikin pria merasa kurang keren. Padahal, wajah bulat nggak akan menghambat lo untuk tampil ganteng. Bentuk wajah nggak bisa diganggu gugat lagi, tetapi lo bisa mengakalinya dengan model rambut pria wajah bulat, Sob.

Lo sudah di tempat yang benar! Kali ini, kita akan bahas satu per satu rekomendasi model rambut pria wajah bulat pilihan yang bisa jadi inspirasi lo. Semua rekomendasi model rambut pria wajah bulat ini juga cocok untuk pria Indonesia, lho.  

Spiky Hair

Sob, model rambut pria wajah bulat itu dibuat agar bisa menyeimbangkan siluet yang soft pada wajah. Jadi, masuk akal banget kalau wajah bulat akan terlihat lebih angular kalau dipasangkan dengan model spiky hair. Siapa bilang kalau model rambut pria wajah bulat ini populer hanya di era 2000-an saja?

Buktinya, aktor ganteng Hollywood seperti Taylor Lautner dan Channing Tatum yang memiliki wajah bulat suka banget menata rambutnya jadi spiky hair. Untungnya, model rambut pria wajah bulat yang satu ini nggak memerlukan lo untuk punya potongan yang spesifik. Hanya saja, cara lo menata spiky hair yang akan menentukan seberapa keren rambut lo nanti.

Penting banget untuk punya hair gel dengan hold yang kuat supaya spiky hair tetap awet dan berdiri tegak. Gunakan Gatsby Water Gloss Super Hard secukupnya, lalu usapkan ke ujung-ujung rambut dengan gerakan ke atas supaya membentuk spikes. Model rambut pria wajah bulat pun berhasil lo tata rapi!
 

Vintage Pompadour

Salah satu karakteristik dari model rambut pria wajah bulat adalah volume besar yang bisa membuat ilusi wajah bulat terlihat lebih lonjong. Nah, vintage pompadour masuk sebagai model rambut pria wajah bulat yang terlihat sophisticated banget, Sob. Gayanya yang slicked back dengan volume di bagian pangkal rambut akan membuat tampilan lo terlihat ganteng tapi profesional.

Kalau lo mau mencoba gaya vintage pompadour sebagai model rambut pria wajah bulat, pastikan lo minta barber lo untuk memotong rapi sisi samping dan belakang rambut. Ini penting supaya volume rambut fokus di bagian atas kepala saja.

Lalu, gunakan Gatsby Styling Pomade Supreme Hold dengan holding power yang kuat, usapkan ke rambut lo dari pangkal sampai ujung. Ambil sisir dan buat volume rambut dengan gerakan ke atas berulang kali. Terakhir, biarkan ujung-ujung rambut untuk tergerai lembut ke belakang.

 

Sleek Side Part

Kalau lo berambut tebal dan lagi cari referensi model rambut pria wajah bulat yang lebih klasik dan formal, lo bisa cobain sleek side part. Lo nggak perlu takut, walaupun gaya rambut klimis biasanya nggak masuk sebagai model rambut pria wajah bulat, siluet rambut tebal pada sleek side part ini pas banget bikin wajah bulat lo terlihat tegas dan dapper, Sob.

Kapan lagi nih bisa ngikutin Don Draper dari Mad Men? Bahkan, sleek side part jadi model rambut pria wajah bulat favorit yang sering banget dipilih oleh Leonardo DiCaprio yang juga punya wajah bulat, nih. Sebelumnya, minta barber untuk meninggalkan 4 inci rambut di bagian atas kepala supaya penataan rambut jadi lebih gampang.

Pilih pomade yang punya hold medium supaya rambut lo nggak kelihatan kaku, juga punya efek shiny, seperti Gatsby Pomade Supreme Grease. Pilih belahan rambut yang lo inginkan, lalu pakai sisir untuk membelah rambut dengan rapi. Menggunakan pomade, sisir seluruh rambut ke belakang dan sisir lagi sisi depan rambut agar mengarah ke samping.

 

Faux Hawk with Beard

Lo suka tampilan yang cool dan beda dari yang lain? Nggak perlu minder karena wajah bulat lo, Sob. Kalau lo insecure dengan bentuk wajah bulat yang kurang dinamis, lo bisa pilih model rambut pria wajah bulat seperti faux hawk. Sempat booming di era 2000-an, sekarang model rambut pria wajah bulat faux hawk ini populer lagi, Sob.

Mau yang lebih keren lagi? Lo bisa memadukan faux hawk dengan beard atau jenggot, lho. Model rambut pria wajah bulat faux hawk akan membuat wajah lo terlihat lebih lonjong, sementara jenggot akan memberi tampilan rahang yang lebih tegas. Beberapa selebriti dunia yang kelihatan keren banget dengan faux hawk with beard ini adalah David Beckham dan juga Zayn Malik.

Pastikan barber memotong bagian sisi samping dan belakang sependek mungkin, ya. Ambil Gatsby Water Gloss Hyper Solid yang punya hold super kuat dengan finish yang nggak kaku atau keras. Lalu, usapkan ke rambut dan jepit rambut bagian atas sampai membentuk faux hawk.

 

Side Swept Bangs

Side swept bangs adalah pilihan model rambut pria wajah bulat yang bisa menutupi dahi lebar. Beberapa orang dengan wajah bulat cenderung nggak percaya diri sama dahi mereka, mungkin lo salah satunya, Sob. Jadi, lo bisa menata rambut dengan model rambut pria wajah bulat side swept bangs.

Model rambut pria wajah bulat yang satu ini fleksibel banget, bisa lo tata sesuai kemauan lo. Kalau lo mau tampilan yang lebih youthful, bisa pilih full side swept bangs ala Joe Jonas, tetapi lo juga bisa pilih short side swept bangs yang lebih maskulin dan dewasa seperti Chris Hemsworth.

Pastikan lo nggak memilih produk styling rambut dengan efek greasy, Sob. Lo bisa memilih Gatsby Styling Wax Hard & Free dengan setting power yang super hard. Kumpulkan rambut lo ke arah depan, lalu usapkan wax ke bagian poni sambil disisir ke samping.

 

Messy Comb Over

Model rambut pria wajah bulat yang satu ini berbeda dengan gaya slicked back atau combed back, ya. Messy comb over membuat area pipi tembam dan wajah bulat jadi lebih terdefinisi. Jadi, rambut disisir ke atas dan samping sehingga membentuk volume di bagian pangkal rambut.

Model rambut pria wajah bulat ini juga sebenarnya cocok untuk berbagai bentuk wajah dan jenis rambut, lho. Selebriti seperti Brad Pitt dan Zac Efron sering banget mengandalkan model rambut pria wajah bulat ini, Sob. Penataannya juga mudah kalau lo memilih produk styling rambut yang tepat.

Untuk model rambut pria wajah bulat messy comb over, volume itu nomor satu, tetapi rambut juga harus mudah ditata kembali. Pilihannya adalah Gatsby Styling Wax Mat & Hard yang punya efek megembang dan tahan lama, sekaligus membuat rambut mudah untuk ditata ulang. Sisirkan seluruh rambut ke arah samping setelah dioleskan wax. Biarkan sedikit messy supaya hasilnya natural, lo juga bisa menggenggam rambut poni lo untuk menambah volume.

 

Swept Back Quiff

Agak berbeda dengan pompadour yang semua bagian rambut ditata menjulang ke atas, model rambut pria wajah bulat seperti quiff terlihat lebih modern karena fokusnya hanya pada bagian rambut di dekat dahi. Swept back quiff adalah model rambut pria wajah bulat yang ditata tinggi ke atas, tetapi nggak kelihatan kaku sama sekali karena bagian ujungnya dibiarkan menjuntai ke bawah.

Tampilan model rambut pria wajah bulat ini benar-benar effortless dan casual, Sob. Cocok banget untuk berbagai kesempatan, mulai dari pergi ke kampus sampai pergi ke kantor. Lo bisa menyontek model rambut pria wajah bulat swept back quiff ala Adam Levine atau Choi Siwon, Sob.

Untuk menata model rambut pria wajah bulat ini, lo bisa menggunakan hair dryer untuk volume maksimal. Tanpa hair dryer pun lo masih bisa bikin swept back quiff yang tahan lama dengan memakai Gatsby Styling Wax Extreme & Volume. Usapkan wax ke seluruh rambut sambil disisir ke belakang. Lalu, ambil wax lagi dan tata rambut bagian depan untuk berdiri tegak dan bervolume.

 

Asymmetrical Fringe

Pernah dengar istilah perfect is boring? Kalau lo setuju dengan pernyataan ini, berarti lo bisa ambil asymmetrical fringe jadi model rambut pria wajah bulat pilihan lo. Pokoknya lo nggak usah khawatir rambut lo terlihat acak-acakan, karena akan semakin keren asymmetrical fringe yang akan dihasilkan juga.

Nah, model rambut pria wajah bulat ini cocoknya untuk pemilik wajah bulat yang memiliki rambut lurus dan cukup panjang, Sob. Semisal lo mau lihat referensinya, lo bisa cek model rambut pria wajah bulat asymmetrical fringe ala Ian Somerhalder, Owen Wilson, dan sejumlah tampilan model pria di runway fashion show ternama.

Model rambut pria wajah bulat ini membuat wajah lo terlihat lebih pendek. Minta barber lo untuk memotong poni rambut ke samping atau angular dengan panjang yang variatif.

 

Rockstar Shag

Sob, belakangan ini pasti lo sering mendengar tren wolf cut di TikTok dan media sosial lainnya. Wolf cut ini serumpun dengan model rambut pria wajah bulat bernama rockstar shag. Sesuai sama namanya, model rambut pria wajah bulat ini benar-benar sekeren rockstar.

Walaupun rambut dibiarkan panjang hingga sebahu atau seleher, tetapi kesannya nggak berantakan karena rambut dipotong agak tipis mendekati leher. Kalau lo penasaran dengan tampilannya, ternyata artis Hollywood sampai Korea Selatan pun suka menata rambutnya seperti rockstar shag. Sebut saja Jin BTS, Kit Harington, sampai Harry Styles.

Untuk penataannya setiap hari, lo bisa menggunakan catokan. Jika lo nggak punya waktu banyak, lo bisa menggunakan wax atau clay untuk menambah volume pada model rambut pria wajah bulat ini.

 

Undercut + Quiff

Selain side swept quiff, lo juga bisa menggabungkan undercut dengan quiff untuk model rambut pria wajah bulat yang lebih modern. Model rambut pria wajah bulat ini benar-benar pas buat lo yang mau membuat kesan wajah yang lebih lonjong dan ramping. Apalagi kalau lo tipe yang nggak suka ada rambut menutupi wajah.

Efek undercut di samping kepala akan membuat wajah terlihat lebih bersih, sekaligus membuat efek quiff terlihat lebih tegak dan tinggi. Lo tinggal minta barber lo untuk potongan undercut tanpa memotong bagian atas rambut. Lo juga bisa menggunakan Gatsby Styling Wax Extreme & Volume untuk membantu lo menata quiff setiap harinya, Sob.

 

Long Caesar Cut

Mungkin lo mau punya model rambut pria wajah bulat dengan poni yang menutupi dahi, tetapi lo gampang risih dengan rambut yang menutupi mata. Nah, lo bisa bernapas lega karena ada model rambut pria wajah bulat yang sesuai dengan keinginan lo, yaitu long caesar cut.

Masalah tampilan, caesar cut sudah menang melawan waktu, kok. Bayangin saja deh dari zaman Romawi sampai sekarang, model rambut ini masih menduduki daftar model rambut pria wajah bulat yang populer. Kalau biasanya caesar cut identik dengan poni yang super pendek, long caesar cut lebih cocok jadi model rambut pria wajah bulat karena poni yang lebih panjang.

Panjang poni bisa lo pilih sendiri. Beberapa selebriti seperti Jeremy Renner dan Tom Hardy lebih suka long caesar cut yang menutupi hampir separuh dahi. Untuk penataannya juga gampang banget, lo bisa sisir rapi dan gunakan produk styling rambut yang bisa merapikan anak-anak rambut.

 

High Top Fade

Sebetulnya simple banget untuk memilih model rambut pria wajah bulat. Selama model rambut itu bisa memberikan ilusi wajah yang lebih lonjong, maka sudah berhasil menyeimbangkan bentuk wajah bulat lo. Nah, ini dia alasannya kenapa high top fade jadi salah satu model rambut pria wajah bulat yang anti gagal.

High top fade cocok banget untuk pria berwajah bulat yang juga punya rambut ikal. Buat yang punya rambut lurus, tetap bisa mencoba high top fade juga, kok. Minta barber untuk membuat potongan high top, yaitu rambut disisir tegak ke atas dan dipotong dalam garis lurus. Kemudian, minta bagian samping dibuat dengan teknik fade yang keren banget.

Hasilnya, rambut lo akan menjulang tinggi dan membuat wajah bulat terlihat lebih lonjong. Penataannya bisa lo lakukan dengan mudah menggunakan styling clay yang bisa menambah volume pada rambut, Sob.

 

Curly Fringe

Lo diberkahi dengan rambut ikal yang indah? Sob, manfaatkan rambut ikal lo menjadi model rambut pria wajah bulat yang super keren. Karena rambut alami lo sudah ikal dari sananya, maka curly fringe ini nggak membutuhkan penataan yang ribet, Sob. Ketika lo datang ke barbershop, langsung minta barber untuk memotong rambut ikal lo menjadi berponi.
Di sini, lo bisa memilih tingkat kepadatan poni lo. Lo bisa memilih full fringe yang tebal menutupi seluruh dahi, soft fringe dengan rambut ikal yang ditipiskan di bagian depan, atau short fringe untuk menutupi hanya sebagian dari dahi lo.

Rambut ikal gampang kering, jadi lo bisa memakai pomade pomade untuk menambah efek shiny pada rambut, sekaligus membantu lo menata model rambut pria wajah bulat ini. Selain itu, ketika lo bosan dengan curly fringe ini, lo juga bisa menggunakan pomade untuk mengangkat poni ke atas membentuk model rambut pria wajah bulat lainnya.

 

Buzz Cut

Banyak banget orang yang bilang kalau buzz cut nggak cocok sama sekali untuk disebut sebagai model rambut pria wajah bulat. Memangkas semua rambut lo malah membuat wajah lo terlihat semakin bulat. Ini benar juga, tetapi buzz cut nggak sepenuhnya dilarang untuk wajah bulat, Sob.

Coba kita lihat buzz cut ala Drake yang nggak membuat wajahnya terlihat bulat. Justru, membuat Drake terlihat keren di berbagai kesempatan. Jadi, apa rahasia buzz cut yang cocok jadi model rambut pria wajah bulat? Buzz cut seperti Drake ini dibuat dengan teknik fade. Lo bisa melihat bagaimana rambut di bagian atas kepala terlihat lebih tebal dan sedikit lebih panjang.

Sementara bagian sisi dan belakang kepala dipangkas hampir botak membentuk gradasi. Nah, efek fade pada buzz cut akan membuat model rambut pria wajah bulat yang low maintenance, rapi, dan pastinya membuat wajah bulat lo terlihat lebih proporsional.

 

High Volume Cut

Sesuai dengan namanya, high volume cut adalah model rambut pria wajah bulat yang sejati. Volumenya terpusat di bagian atas kepala, sehingga bisa membuat wajah bulat lebih tinggi ke atas, nggak ke samping, Sob. Salah satu selebriti papan atas yang mempopulerkan model rambut pria wajah bulat ini adalah Justin Timberlake.

Untuk memiliki high volume cut, minta barber lo untuk merapikan bagian sisi dan belakang kepala, tetapi meninggalkan seenggaknya 3 inci rambut di bagian atas. Agak beda dengan quiff maupun pompadour, di sini kita nggak membuat rambut tinggi dan mengembang ke atas, ya.

Lo cukup buat rambut terlihat bervolume saja. Nah, lo bisa menggunakan hair dryer atau Gatsby Styling Pomade Matte Moulder untuk menata model rambut pria wajah bulat high volume cut.
 

Vertical Cut

Biasa disebut dengan rambut jabrik, vertical haircut adalah model rambut pria wajah bulat yang cukup populer di Indonesia. Intinya, vertical haircut ini ditata dengan membuat semua rambut di bagian atas terangkat ke atas. Lo bisa banyak bereksperimen dengan model rambut pria wajah bulat yang satu ini.

Nggak peduli apa potongan rambut lo sekarang ini, selama lo punya rambut yang cukup panjang di bagian atas kepala, lo bisa menata model rambut pria wajah bulat vertical cut ini. Kuncinya ada pada produk styling yang lo pilih harus punya daya tahan dan efek berdiri yang maksimal. Nah, pilihannya adalah Gatsby Styling Wax Power & Spikes dengan finish yang natural, Sob.

 

Bro Flow

Sob, model rambut pria wajah bulat itu nggak melulu yang potongannya pendek atau panjang ke atas, kok. Kalau lo lebih suka tampilan rambut pria yang lebih panjang dari umumnya tetapi tetap kelihatan rambut, ada model rambut pria wajah bulat yang cocok dipilih.

Bro flow belakangan ini lagi ramai dibicarakan karena banyak juga wanita yang suka dengan penampilan pria dengan bro flow, Sob. Bahkan, pria sekelas Keanu Reeves saja sudah bertahun-tahun rocking the bro flow hair.

Ciri khas bro flow ada pada panjang rambut yang sampai ke ujung bawah telinga. Lalu, rambut bagian depan tertata rapi, entah dibuat belah tengah atau slicked back. Nah, lo bisa menggunakan Gatsby Regroom Pomade Prime Grease untuk menata bro flow dengan gaya yang lebih klimis, nih.

 

Big Blowout

Mau buat model rambut pria wajah bulat yang va-va-voom? Tentu bisa dong, apalagi kalau bukan dengan gaya big blowout. Model rambut pria wajah bulat ini lebih cocok untuk pemilik rambut lurus yang sudah cukup panjang. Artinya, semisal lo sekarang lagi malas ke barbershop untuk rapihin rambut, lo bisa menata rambut menjadi model rambut pria wajah bulat yang satu ini.

Alat yang lo butuhkan untuk model rambut pria wajah bulat ini adalah hair dryer, sisir bulat, dan pomade dengan setting level tinggi serta tidak berminyak. Lo bisa memakai Gatsby Styling Pomade Urban Dry untuk menata rambut big blowout. Saat rambut lo dalam keadaan setengah basah, oleskan pomade ke seluruh rambut. Lalu, keringkan dengan hair dryer sambil disisir ke atas-belakang dengan sisir bulat.

 

High Volume Middle Part

Ingat dengan gaya rambut Johnny Depp di era 90-an? Yes, rambut belah tengah dengan volume luar biasa itu sekarang lagi banyak digandrungi oleh generasi Z, lho. Nggak cuma untuk anak muda saja, model rambut pria wajah bulat ini juga cocok dipakai oleh pria dewasa.
|
Karena volume rambut yang tebal, model rambut pria wajah bulat ini akan membuat wajah lo terlihat lebih menyerupai bentuk diamond dengan cheekbones dan rahang yang tajam. Cara menatanya kira-kira hampir sama dengan model rambut pria wajah bulat big blowout. Lo membutuhkan hair dryer, sisir bulat, dan pomade kepercayaan. Bedanya, lo perlu membelah rambut lo ke tengah untuk look yang masculine sekaligus romantis.

 

Man Bun

Rambut lo sudah gondrong banget? Kalau lo punya wajah bulat dan takut rambut gondrong lu gampang lepek, lo bisa membentuknya jadi man bun. Model rambut pria wajah bulat ini pas banget untuk dicoba karena ketika rambut dibentuk menjadi bun di puncak kepala, jelas akan membuat ilusi wajah yang lebih panjang dan tirus, Sob.

Trik dari model rambut pria wajah bulat ini adalah penempatan bun. Harus di puncak kepala, ya. Lalu, lo juga bisa membuatnya agak messy untuk memperbaiki garis rambut. Keluarkan saja anak-anak rambut supaya bisa menutup area-area di dahi lo.

Itu dia beberapa model rambut pria wajah bulat yang bisa lo coba sekarang juga. Jangan minder lagi dengan wajah bulat lo, Sob. Untuk mencontoh rekomendasi model rambut pria wajah bulat yang sudah dijelaskan, gunakan produk styling rambut dari Gatsby . Formulasinya aman untuk kesehatan rambut dan mudah juga untuk dicuci, jadi nggak menyebabkan ketombe. Mana nih model rambut pria wajah bulat favorit lo?