helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

18 Model Rambut Pria Korea Terlengkap 2021, Wajib Lo Coba!

31.03.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Penasaran model rambut pria Korea seperti apa saja yang sedang populer? Nggak hanya satu atau dua model rambut saja, tetapi ada 18 model rambut pria Korea yang sedang tren dan sudah dipopulerkan oleh oppa-oppa Korea Selatan. Kalau lo ingin tampil ganteng di hadapan gebetan lo, bisa banget mencoba model rambut pria Korea di bawah ini. Lengkap juga dengan cara penataannya untuk memudahkan lo, Sob!
 

 

Middle Part

Model rambut pria Korea yang satu ini sudah lama populer, bahkan sejak era 90-an. Bagi beberapa orang, tampilan rambut belah tengah ini malah terkesan ketinggalan zaman dan terlihat culun. Padahal, itu karena lo nggak menata rambutnya dengan benar.

Pertama, lo harus punya volume rambut yang medium untuk mencoba model rambut pria Korea ini. Minta barber untuk membuat potongan rambut yang lebih panjang dengan volume lebih di sisi depan sebagai poni. Poni harus menutup area dahi sepenuhnya. Lalu, tinggal lo tata saja menggunakan pomade atau wax dan hair dryer.

Buat rambut jadi setengah basah dan usapkan pomade atau wax ke seluruh rambut. Di bagian poni, buat ikal-ikal acak menggunakan jari sambil memanaskan rambut dengan hair dryer. Nah, middle part lo akan terlihat sempurna bak model rambut pria Korea seperti Gong Yoo, Nam Joo Hyuk, dan Jimin BTS.
 

Two Block

Kalau lo punya rambut lurus dan nggak mau punya model rambut pria Korea yang harus ditata secara rumit, maka lo bisa coba potongan two block. Model rambut pria Korea ini disebut two block karena rambut lo akan dibagi menjadi dua gaya potongan, yaitu potongan super pendek dari tengkuk hingga atas kuping dan potongan panjang dari atas kuping hingga ujung atas kepala.

Alasan kenapa two block juga menjadi model rambut pria Korea yang paling difavoritkan adalah karena cocok untuk berbagai bentuk muka. Misalnya lo ingin two block disertai poni panjang, jelas bisa. Namun buat lo yang ingin tampil lebih preppy, bisa lo tata untuk membentuk quiff.

Model rambut pria Korea ini sempat dipopulerkan oleh Jungkook BTS, TOP Big Bang, dan masih banyak lagi. Ciri khasnya adalah bagian samping dan belakang rambut yang dibuat pendek, dimulai dari bagian tengkuk hingga atas leher saja. Cara menatanya juga sangat mudah, lo cukup menggunakan sedikit pomade untuk merapikan anak-anak rambut!
 

Shadow Perm

Model rambut pria Korea yang mulai populer sejak kemunculan K-drama Goblin yang dibintangi oleh Lee Dong Wook adalah shadow perm. Betul sekali, para perempuan dibuat jatuh hati dengan model rambut pria Korea yang berbentuk ikal halus dan bervolume, sementara para pria juga jadi terinspirasi untuk menata rambut ikal alami mereka dengan potongan perm yang lebih rapi.

Model rambut pria Korea shadow perm ini fokus pada volume alami dari ikal-ikal rambut, namun memangkas pendek rambut bagian samping dan belakang hingga tidak menutupi telinga. Biasanya, model rambut pria Korea ini juga menyisakan rambut panjang di bagian depan sebagai poni. Jadi, disebut shadow perm karena rambut ikal lo terlihat penuh tetapi layaknya bayangan, nggak menutupi keseluruhan wajah dan kepala lo.

Nah, jaga supaya rambut ikal lo tetap sehat dengan cream rambut bernutrisi seperti Gatsby Treatment Hair Cream yang mengandung Pearl Protein untuk menjaga rambut tetap lembap. Lalu, lo juga bisa menggunakan hair cream ini untuk merapikan kembali bentuk ikal-ikal rambut lo.
 

Messy Hair

Beberapa orang berpikiran kalau model rambut pria Korea itu selalu terlihat rapi tanpa ada satu helai rambut pun yang kelihatan acak-acakan. Nggak salah, sih, tetapi ada juga model rambut pria Korea yang sengaja dibuat acak-acakan supaya terlihat keren. Messy hair jadi andalan banyak pria Korea ketika mereka sedang hangout.

Banyak juga yang menyebut model rambut pria Korea ini dengan sebutan puppy hair karena rambut terlihat lebih lebih bervolume karena tekstur rambut yang lebih bervariasi. Sebagai inspirasi, lo bisa lihat tatanan messy hair-nya Lee Min Ho di K-drama Legend of The Blue Sea dan juga Ahn Hyo Seop di Dr. Romantic 2.

Walau acak-acakan, lo tetap harus menata model rambut pria Korea ini dengan teliti! Gunakan clay seperti Gatsby Texturizing Clay Bold Layer untuk membuat tekstur ikal acak menggunakan jari. Pastinya tatanan messy hair lo akan terlihat keren dan awet sepanjang hari!
 

Slide Bangs

Model rambut pria Korea yang satu ini sudah pasti dikenal publik, terutama sejak puncak popularitasnya di era 2010-an. Nah, model rambut side bangs sangat cocok buat pria dengan bentuk wajah lonjong atau area dahi yang luas.

Model rambut pria Korea side bangs sangat identik dengan model rambut milik Kim Soo Hyun di K-drama My Love from The Star, Park Hae Jin di Cheese in the Trap, dan yang terbaru oleh Kim Seon Ho di Start-Up. Kalau lo lihat, variasi side bangs ini nggak harus menutupi keseluruhan dahi lo, bisa juga dengan menyisakan sedikit bagian dahi agar terekspos, seperti side bangs milik karakter Han Ji Pyeong di Start-Up.

Untuk memiliki model rambut pria Korea ini, minta barber untuk memotong pendek bagian belakang dan samping rambut dan sisakan rambut panjang di bagian atas dan depan kepala untuk membentuk side bangs. Lalu, minta barber untuk meratakan atau merapikan ujung poni sehingga bisa membentuk side bangs dengan sempurna.

Gunakan pomade untuk merapikan anak-anak rambut dan membentuk side bangs yang rapi selama seharian beraktivitas.
 

Slicked Back

Rambut lo sudah cukup panjang tetapi lagi malas ke barber? Tenang saja, lo tetap bisa tampil formal dan rapi dengan model rambut pria Korea bernama slicked back. Tampak dari depan, model rambut pria Korea ini terlihat seperti tatanan quiff, namun terlihat lebih simple dan modern. Jelas karena lo nggak harus membuat bentuk ombak atau membuat rambut lo tegak berdiri ke atas.

Model rambut pria Korea slicked back ini sering banget digunakan oleh K-pop idols seperti Siwon Super Junior dan TOP Big Bang. Kalau lo lagi buru-buru, lo bisa langsung menggunakan Gatsby Spray Pomade Quick & Greaseyang berbentuk spray. Tinggal semprotkan pomade ke rambut dan tata rambut ke belakang menggunakan jari atau sisir.

Kalau lo ingin tampilan yang formal tetapi nggak terlalu kaku, lo bisa membuat tatanan model rambut pria Korea membentuk messy slicked back hair menggunakan jari.
 

Preppy Hairstyle

Buat lo yang punya rambut tipis dan lurus, maka preppy hairstyle akan jadi model rambut pria Korea pilihan lo. Sesuai dengan namanya, model rambut pria Korea preppy hairstyle ini cocok sekali buat lo yang suka tampil profesional, misalnya ketika akan meeting dengan klien atau pergi ke kantor. Potongan rambut dibuat sedikit lebih panjang di bagian atas dan depan untuk membentuk poni. Namun, poni pun nggak harus lo buat menutup dahi sepenuhnya.

Contohnya seperti rambut Lee Jong Suk di K-drama While You Were Sleeping. Model rambut pria Korea ini sangat mudah untuk lo tata, nggak membutuhkan hair dryer maupun waktu yang banyak. Lo cukup menggunakan produk pomade berbahan dasar air seperti Gatsby Styling Pomade Urban Dry. Dengan pomade, tata poni ke atas hingga membentuk volume rambut di bagian depan wajah.
 

Curtain Hair

Sedikit berbeda dengan model rambut belah tengah klasik, curtain hair merupakan model rambut pria Korea yang lebih modern namun tetap ada kesan old school yang ditampilkan. Korea Selatan memang bukan tempat asal dari model rambut ini karena sebenarnya sempat dipopulerkan oleh aktor Hugh Grant di film Notting Hill di tahun 1999.

Namun, curtain hair pun menjadi model rambut pria Korea yang sangat populer berkat para idol dan aktor seperti Jin BTS dan Park Bo Gum. Pastikan bahwa bagian samping rambut, terutama jambang, sudah terpotong dengan rapi. Lalu, belah rambut ke tengah. Lo bisa menggunakan sisir bulat, catokan, dan hair dryer untuk menata curtain hair ini.

Supaya rambut lebih mudah diatur dan model rambut pria Korea curtain hair bisa lebih tahan lama, gunakan juga pomade yang menciptakan matte finish pada rambut. Ingat, bentuk poni hingga membentuk S curl atau ikal berbentuk huruf S supaya poni benar-benar terlihat seperti tirai.
 

Messy Bangs

Nah, kalau messy hair ini membuat tampilan acak-acakan yang keren di seluruh bagian rambut, lain lagi dengan model rambut pria Korea yang bernama messy bangs. Model rambut pria Korea yang satu ini jadi pilihan para anak muda karena berhasil membuat tampilan yang boyish tanpa terlihat kekanak-kanakan.

Beberapa orang juga menganggap model rambut pria Korea ini perpaduan sempurna antara tampilan good boy dan bad boy! Hal terpenting adalah lo punya rambut yang cukup panjang di bagian depan hingga membentuk poni yang menutupi dahi. Supaya model rambut pria Korea ini bisa terbentuk sempurna, ada baiknya lo meminta barber untuk membentuk layer pada poni rambut.
Dalam penataannya, lo bisa menggunakan clay untuk membentuk tekstur acak pada poni dan keringkan dengan hair dryer. Lo pun bisa memilih untuk menata messy bangs menjadi side swept (sepenuhnya ke samping) atau forward swept (sepenuhnya ke depan).
 

The Dandy

Model rambut pria Korea ini diberi nama the dandy karena terlihat trendy, fashionable, namun tetap rapi. Hampir sama dengan potongan two block, potongan the dandy lebih mengikuti garis kepala ketimbang dengan potongan two block yang dibuat lebih bervolume di bagian paruh atas kepala. Jadi, bagian samping dan belakang rambut akan dirapikan mengikuti bentuk kepala.

Sementara itu, bagian depan akan dibiarkan lebih panjang hingga membentuk poni medium. Model rambut pria Korea ini dipopulerkan oleh Park Bo Gum dan D.O. EXO, terlihat sangat youthful dan rapi, cocok untuk segala usia. Model rambut pria Korea ini pun sangat mudah untuk ditata.

Cukup menggunakan pomade untuk merapikan anak-anak rambut dan membentuk poni samping atau poni belah tengah. Supaya terlihat lebih keren, lo juga bisa menyempurnakan model rambut pria Korea the dandy dengan cat rambut warna coklat muda.
 

Short Curls

Pernah nonton K-drama Boys Over Flowers yang dibintangi Lee Min Ho? Kalau pernah, pasti nggak akan bisa melupakan model rambut pria Korea ala Lee Min Ho yang dibuat ikal panjang. Nah, pastinya akan sangat sulit untuk menata rambut ikal panjang tersebut setiap hari. Triknya, lo bisa mencoba model rambut pria Korea short curls, atau ikal pendek.

Buat lo yang punya rambut lurus alami, bisa menggunakan catokan untuk membentuk ikal-ikal ini, atau memilih perm untuk ikal permanen. Sementara buat lo yang sudah punya rambut ikal alami, nggak usah khawatir karena lo hanya perlu merawat rambut ikal dengan Gatsby Treatment Hair Cream supaya rambut nggak kering walau ditata setiap hari.

Ada banyak sekali variasi model rambut pria Korea terinspirasi dari short curls yang bisa dibuat, misalnya side swept bangs dengan short curls ala Jang Geun Suk atau dibuat dengan potongan undercut hingga rambut ikal lo akan terlihat menumpuk di bagian atas kepala.
 

Highlighted Hair

Model rambut pria Korea dikenal sebagai model rambut yang fashionable dan nggak takut dengan warna-warna nyentrik. Benar saja, banyak banget selebriti pria di Korea Selatan yang mewarnai rambut mereka dengan warna-warna netral seperti coklat muda, sampai warna-warna keren seperti oren terang, biru, ungu, merah terang, dan platinum blonde. Kalau lo masih belum berani untuk mewarnai rambut, bisa mulai dengan highlighted hair.

Model rambut pria Korea ini bisa diaplikasikan pada berbagai macam jenis potongan rambut, namun akan lebih sempurna bila rambut lo memiliki layer atau dipotong dalam bentuk shaggy. Dengan begitu, warna-warna highlight akan lebih terlihat jelas. Beberapa pilihan warna highlight yang populer adalah platinum blonde, biru, blorange (blonde-orange), dan merah.

Nggak usah khawatir, Sob! Lo bisa, nih, bereksperimen dengan model rambut pria Korea yang satu ini menggunakan Gatsby Styling Color Pomade yang hadir dalam 2 varian warna, Gold Rise dan Silver Rush. Cara memakainya, cukup ambil pomade dan ratakan di telapak tangan. Lalu, usapkan ke seluruh rambut lo. Pilin beberapa bagian rambut lo untuk semakin menonjolkan warna highlight.
 

Disheveled Quiff

Nggak seperti model rambut quiff pada umumnya, model rambut pria Korea disheveled quiff dibuat lebih santai dan low maintenance. Karenanya, disheveled quiff disebut sebagai model rambut pria Korea yang cocok untuk pria sporty atau pria yang sibuk beraktivitas sehari-hari. Jadi, lo nggak perlu khawatir rambut lo akan menutup dahi dan menghalangi jarak pandang lo selama beraktivitas.

Buat samping rambut lo menjadi lebih rapi dengan pomade. Lalu, acak sedikit bagian depan atau poni rambut dengan jari-jari lo dan tata hingga membentuk quiff yang lo inginkan. Untuk tinggi quiff, bisa lo sesuaikan dengan selera. Bagian depan rambut nggak perlu dibuat serapi mungkin, asalkan bagian samping dan belakang rambut sudah disisir ke dalam secara rapi. Voila! Model rambut pria Korea disheveled quiff pun sudah jadi sempurna.
 

Messy Medium

Model rambut pria Korea yang sempat booming di awal era 2000-an ini sekarang kembali populer, lho! Ini dia model rambut pria Korea yang cocok buat lo yang ingin memanjangkan rambut atau suka dengan tampilan rambut gondrong. Messy medium dulu dipopulerkan oleh Rain dalam K-drama Full House, sementara kini dipopulerkan kembali oleh Park Bo Gum dan Jungkook BTS.

Jika lo ingin memiliki model rambut pria Korea messy medium, lo harus memanjangkan rambut hingga mencapai dagu, boleh lebih panjang dari itu. Lo juga bisa meminta barber untuk membentuk layer rambut, namun ini opsional. Sisanya, tinggal gunakan saja Gatsby Styling Wax untuk menambah volume pada akar rambut dan membuat tekstur pada layer rambut lo. Mudah banget, kan?
 

Samurai Bun

Buat lo yang punya garis wajah tegas, lebih baik lo tonjolkan dengan model rambut pria Korea ala samurai ini. Samurai bun merupakan variasi dari gaya top knot yang populer di kalangan pria berambut gondrong. Sesuai namanya, model rambut pria Korea ini dibuat sedemikian rupa hingga membentuk rambut ala samurai.

Jika lo punya poni yang cukup panjang, lo bisa langsung mengikatnya menjadi half updo atau setengah kuda. Lalu, gulung hingga membentuk cepolan atau bun. Namun, jika poni lo belum cukup panjang, nggak usah khawatir karena samurai bun tetap terlihat keren dengan tampilan poni depan.

Nggak perlu membuat model rambut pria Korea samurai bun terlihat sangat rapi, cukup gunakan saja pomade untuk membuat rambut lebih mudah diatur dan terlihat lebih sehat, terutama di bagian ujung-ujung rambut.
 

4/6 Bangs

Pasti lo jadi bingung, kenapa harus ada angka pecahan dalam daftar model rambut pria Korea? Jangan buru-buru bingung dulu, 4/6 bangs adalah model rambut pria Korea yang sedang tren karena menjadi solusi alternatif bagi pria yang nggak suka model rambut pria Korea belah samping maupun model rambut pria Korea belah tengah.

Model rambut pria Korea ini sempat menjadi gaya rambut ikonik sejumlah selebriti pria Korea Selatan, termasuk Park Seo Joon, Cha Eun Woo, dan Gong Yoo. Nah, dalam model rambut pria Korea 4/6 bangs, lo harus membagi rambut dengan rasio 4:6. Lo bisa memilih poni dibelah mendekati sisi kanan atau kiri lo, tergantung pada proporsi wajah dan selera lo sendiri.

Untuk mempermudah lo dalam membagi rambut menjadi rasio 4:6, lo bisa membelah rambut mengikuti ujung depan alis mata lo. Setelah berhasil membelah rambut, segera usapkan pomade atau wax pilihan lo untuk menjaga tatanan rambut awet seharian!
 

Shaggy Bowl Cut

Model rambut pria Korea bowl cut memang sudah terkenal sejak bertahun-tahun lalu. Biasanya, model rambut pria Korea ini juga lebih dipilih oleh remaja atau pria di usia awal 20 tahun karena membuat wajah terlihat lebih muda. Namun, kalau lo sudah bosan dengan model rambut pria Korea bowl cut, lo bisa memilih variasinya yang kini sedang naik daun, yaitu shaggy bowl cut.

Minta barber lo untuk memotong rambut membentuk bowl cut, namun dengan layer yang membentuk shaggy. Hasilnya, rambut nggak akan terlihat monoton dan terlihat lebih “hidup” karena adanya tampilan layer yang lebih dinamis. Supaya lebih keren lagi, gunakan produk clay rambut untuk membentuk tekstur-tekstur pada model rambut pria Korea ini.
 

Fohawk

Ingin model rambut pria Korea yang lebih edgy dan beda dari yang lain? Pilihan lo adalah fohawk atau faux mohawk. Sejumlah selebriti Korea Selatan yang membuat publik terkagum-kagum dengan model rambut pria Korea fohawk antara lain G-Dragon, RM BTS, dan Taeyang. Nggak heran kenapa model rambut pria Korea ini jadi pilihan banyak rapper di Korea Selatan!

Untuk memiliki model rambut pria Korea yang satu ini, sisi rambut bagian samping harus dibuat lebih pendek dan tipis dibanding bagian atas rambut. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membentuk fohawk menggunakan wax maupun pomade dengan setting power yang kuat.

Itu dia sejumlah rekomendasi model rambut pria Korea yang nggak hanya akan membuat lo terlihat lebih keren dan penuh gaya, tetapi juga tampil ganteng untuk memukau gebetan lo! Soal gaya rambut, lo bisa menggunakan Hair Styling Products dari Gatsby, mulai dari pomade, wax, clay, hair gel, hingga cream. Ada banyak banget pilihan produk yang bisa lo gunakan, sesuaikan saja dengan model rambut pria Korea pilihan lo, Sob!