helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

16 Gaya Rambut Pompadour 2021 yang Nggak Bikin Bosan! Berani Coba?

26.03.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Tatanan rambut yang bervolume menjadi kegemaran banyak orang. Itu sebabnya gaya rambut pompadour semakin populer dari tahun ke tahun. Walaupun sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, tetap saja gaya rambut pompadour selalu masuk dalam daftar tren gaya rambut pria. Bahkan, banyak selebriti dunia yang tampil keren dengan tatanan rambut pompadour ini.
Nah, nggak hanya satu, tetapi ada 16 variasi pompadour yang bisa lo coba untuk membuat tampilan lo lebih ganteng lagi. Masing-masing punya ciri khas dan keunggulannya, jadi tinggal lo pilih berdasarkan selera dan bentuk wajah. Tanpa basa-basi, simak panduannya berikut ini.

 

Formal Pompadour

Buat lo yang ingin tampilan gaya rambut profesional, lo bisa langsung menjatuhkan pilihan pada gaya rambut formal pompadour . Versi pompadour ini bisa dibilang versi yang paling klasik. Selebriti seperti Bruno Mars dan Nick Jonas pernah tampil di red carpet dengan tatanan rambut formal pompadour .

Gaya rambut ini membawa kesan era 60-an yang nggak ada matinya, Sob! Untuk bisa menatanya, lo cukup bayangkan gabungan antara pompadour dengan faux hawk. Pastikan juga produk styling rambut yang lo pakai memberikan finish yang matte , ya!

Mulai dengan rambut yang sudah kering sepenuhnya dan sisir dengan rapi. Ambil pomade rambut matte seperti Gatsby styling Pomade Matte Moulder , ratakan di telapak tangan, dan atur rambut hingga membentuk volume ke atas. Voila! Formal pompadour hasil tatanan lo pun sudah siap lo pamerkan, nih!

 

Fade Pompadour

Selain gaya rambut pompadour , tren gaya rambut pria yang lagi tren adalah faded sides . Bagaimana kalau menggabungkan dua gaya rambut populer ini? Sob, gaya rambut fade pompadour ini sangat cocok buat lo yang punya rambut tebal dan ingin wajah terlihat lebih segar.

Rambut yang tebal dan mengembang ini memang punya volume yang bagus, namun seringkali malah membuat rambut terlihat acak-acakan dan wajah pun seakan-akan tenggelam. Triknya, minta barber lo untuk buat taper fade di kedua sisi kepala lo, namun minta agar bagian atas rambut tetap bervolume dan panjang. Pastikan juga barber lo sudah melakukan trimming rambut supaya nggak ada lagi rambut bercabang, Sob.

Nah, lo juga bisa bermain-main dengan tinggi fade rambut lo. Pompadour bisa lo padukan dengan low fade untuk tampilan yang lebih subtle atau mid fade untuk tampilan yang lebih smart dan cool . Banyak sekali pilihan untuk gaya fade pompadour ini! Lo bisa variasikan untuk setiap kali fade lo sudah panjang buat tampilan baru yang lebih fresh .

 

Side Swept Pompadour

Ini dia versi gaya rambut pompadour yang terlihat keren, unik, namun tetap mudah untuk ditata setiap harinya. Buat para pria dengan rambut yang selalu terbelah di satu sisi, mungkin akan sulit untuk menciptakan tatanan pompadour yang khas dengan jambul bervolume di bagian tengah depan kepala.

Namun nggak perlu bingung, lo bisa mengatur rambut menjadi versi side swept pompadour , di mana belahan rambut lo akan menjadi base dari jambul tersebut. Lo bisa menggunakan produk styling dengan hasil yang glossy maupun matte , tergantung look seperti apa yang ingin lo hasilkan.
Kalau lo ingin look yang lebih natural, sangat disarankan untuk memakai styling wax . Namun, kalau lo mau wet look yang kini sedang naik daun, lo bisa memakai pomade atau hair gel . Misalnya lo ingin tampilan klasik yang lebih macho ala Don Draper di Mad Men tetapi dalam versi lebih modern, lo bisa menata rambut jadi hard part pompadour .

Bedanya, ambil ujung sisir untuk menegaskan garis belahan rambut dan tata rambut lo yang berkumpul di satu sisi membentuk pompadour .
 

Messy Pompadour

Siapa bilang kalau pompadour harus selalu rapi dan sleek ? . Nggak juga, nyatanya gaya rambut messy pompadour jadi andalan selebriti seperti Robert Pattinson dan Johnny Depp. Gaya rambut ini lebih banyak diminiati oleh para pria yang berusia lebih muda karena sangat mudah ditata. Messy pompadour juga akan membuat lo terlihat seperti rockstar.

Nggak hanya pria, para wanita juga menyukai gaya rambut yang satu ini karena memberikan kesan bad boy yang macho . Nah, kalau lo ingin mendapatkan gaya rambut ala bedhead ini, lo tetap harus menggunakan produk styling rambut, apalagi kalau lo memiliki rambut lurus yang halus dan tipis

Pertama-tama, gunakan styling wax untuk menciptakan tatanan pompadour yang menjulang ke atas. Lalu, gunakan texturizing clay untuk menciptakan tekstur pada rambut.

Cukup lo remas-remas rambut saja hingga terbentuk tekstur rambut yang lo inginkan. Tinggalkan beberapa helai rambut di bagian dahi juga akan membuat tampilan lo semakin keren, Sob! Ingat, untuk menata rambut bergaya ini, lo harus menggunakan styling product dengan hasil yang matte .
 

Modern Pompadour

Pompadour bergaya klasik yang khas dengan siluet rambut yang rapi kini dimodifikasi menjadi modern pompadour dengan tampilan yang edgy . Sejumlah contoh modern pompadour yang bisa lo lihat adalah tatanan rambut ala Zayn Malik, Zac Efron, hingga David Beckham. Hal yang menjadikan modern pompadour berbeda dari versi klasiknya adalah potongan rambut yang lebih tegas. Beberapa pria juga memvariasikan modern pompadour dengan potongan layered .

Cara penataannya pun cukup mudah layaknya tatanan rambut pompadour pada umumnya. Gunakan produk styling rambut dengan formula yang tahan seharian serta bisa memberikan volume pada rambut, seperti Gatsby Styling Pomade Supreme Hold. Gaya rambut ini sangat cocok buat lo yang memiliki bentuk wajah bulat karena akan membuat wajah terlihat lebih panjang.
 

Quiff Pompadour

Banyak orang yang merasa harus memilih antara gaya rambut quiff dan pompadour . Padahal, sebenarnya lo bisa menggabungkan dua gaya rambut keren ini menjadi satu tatanan sempurna untuk style menarik. Nah, dengan volume rambut ala pompadour dan fokus pada bagian tengah depan rambut ala quiff , tentunya lo akan terlihat sangat keren namun tetap terkesan effortless dan nggak berlebihan.

Ketimbang membentuk rambut menjadi bentuk pompadour , bentuk jadi seperti ombak dengan ujung yang agak melancip ke tengah. Lo bisa memvariasikan ukuran quiff dari kecil hingga tinggi.

Buat tampilan yang lebih intens, gunakan produk seperti Gatsby Styling Pomade Perfect Rise supaya bisa membentuk quiff pompadour yang lebih rapi. Namun kalau lo mau tampilan yang lebih kasual dan santai gunakan saja produk seperti Gatsby Styling Wax Extreme & Volume dengan efek mengangkat dan mengumpul pada rambut.
 

Short Pompadour

Buat lo yang malas memanjangkan rambut atau lebih gampang gerah, ada satu variasi gaya rambut pompadour yang bisa dicoba. Yes, lo bisa mencoba potongan short pompadour yang pastinya cocok untuk setiap situasi, baik itu saat lo ingin hangout bareng teman, nge- date , atau saat berangkat ke kantor.

Tentunya gaya rambut ini juga cocok banget buat pria yang suka bepergian naik motor. Nggak perlu khawatir tatanan short pompadour jadi flat karena helm. Saat ke barbershop , minta untuk potongan short pompadour dengan sisi-sisi kepala yang lebih pendek dibanding bagian atas kepala yang dibiarkan lebih panjang.

Saat di rumah, lo bisa tata menggunakan styling pomade yang memberikan hasil glossy seperti Gatsby Regroom Pomade Prime Grease.
 

Faux Pompadour

Bagi sejumlah pria, menata rambut agar membentuk gaya rambut pompadour akan cukup sulit karena jenis rambut yang tipis atau susah panjang. Namun, jangan berkecil hati karena ada variasi gaya rambut faux pompadour yang bisa memberikan efek rambut bervolume yang instan. Bagaimana caranya, nih?

Caranya cukup mirip dengan membuat tatanan faux hawk , tentunya dengan sedikit modifikasi. Segera datangi barber langganan lo dan minta untuk potongan undercut di sisi samping dan belakang kepala.

Dengan sisa rambut panjang yang ada di atas kepala, lo tinggal atur menjadi bentuk pompadour menggunakan produk styling dengan setting dan holding level yang kuat. Jika lo mau tampilan yang lebih klimis, bisa menggunakan pomade dengan hasil yang lebih basah.
 

Tapered Pompadour

Berbeda dengan fade, potongan tapered pompadour ini nggak sependek itu serta menyisakan rambut di sisi samping dan belakang kepala. Potongan taper yang sederhana dan sedikit membosankan ini akan terlihat jauh lebih modern dengan pompadour di bagian atas kepala.

Gaya rambut ini bisa jadi pilihan buat para pria yang nggak mau memotong rambutnya terlalu pendek, namun tetap ingin siluet rambut yang lebih rapi. Dengan potongan taper di mana sisi samping dan belakang rambut dibuat lebih pendek secara gradual, akan membuat tatanan pompadour semakin menonjol.

Satu lagi, tatanan tapered pompadour sangat cocok buat lo yang punya bentuk wajah diamond. Penataannya pun cukup mudah karena lo tinggal fokus membentuk pompadour menggunakan pomade atau wax pilihan lo.
 

Wavy Pompadour

Banyak pria yang merasa kesulitan untuk menata rambut keriting atau bergelombang yang mereka miliki. Padahal, tekstur rambut keriting sangat menarik untuk dilihat, asalkan lo tahu cara menatanya dengan baik. Lo yang berambut keriting atau bergelombang juga bisa menata rambut menjadi pompadour. Karena ikal-ikal rambut secara alami membentuk volume, jelas akan lebih mudah bagi lo untuk menatanya menjadi wavy pompadour.

Untuk itu, lo perlu meminta barber lo untuk memangkas atau memendekkan bagian samping dan belakang kepala. Lalu, jaga agar ikal rambut alami lo tetap terbentuk sempurna dan ternutrisi dengan baik. Gunakan Gatsby Styling Hair Cream yang mengandung pearl protein untuk menjaga kelembapan rambut sekaligus menata rambut lo. Dengan begitu, lo pun bisa tampil keren setiap saat dengan rambut ikal lo yang ditata rapi.
 

Straight Pompadour

Apakah lo bosan dengan rambut lurus? Tunggu dulu, lo bisa mencoba gaya rambut straight pompadour yang klasik dan begitu keren. Gaya rambut ini sebetulnya juga bisa dicoba oleh pria yang rambutnya sedikit bergelombang, yakni dengan bantuan sisir bulat dan hair dryer.

Nah, gaya rambut straight pompadour ini memiliki keunikan di mana rambut di bagian tengah kepala ditata hingga terlihat tinggi menjulang dengan ujung rambut yang disisir ke belakang supaya rambut terlihat seperti ombak laut yang sangat tinggi. Buat tampilan yang lebih edgy dan out of the box, lo bisa memadukan gaya rambut yang satu ini dengan bagian samping kepala yang dibuat plontos.
 

Wet Pompadour

Mau tampil seperti model-model pria di majalah fashion? Tentu bisa, dong! Untuk pemotretan editorial, sekarang ini banyak sekali brand fashion dunia yang mengandalkan gaya rambut wet look. Buat pria, gaya rambut wet pompadour layak dicoba. Dengan volume rambut yang hebat ala pompadour, tampilan lo nggak akan terlihat flat walaupun dengan efek wet look.

Gaya rambut yang satu ini juga cocok banget buat lo yang punya rambut panjang dan nggak mau rambut lo menghalangi wajah lo. Jadi, pas banget kalau lo lagi malas untuk berkunjung ke barber. Penataannya juga sangat mudah, tanpa perlu bantuan hair dryer. Selama rambut lo cukup panjang, lo bisa langsung mengaplikasikan pomade dengan wet finish atau hair gel, lalu sisirkan rambut lo ke arah belakang. Ingat, jangan terlalu menekan rambut ketika menatanya supaya tetap terbentuk volume alami, terutama di bagian atas kepala.

Sekarang yang harus lo perhatikan adalah produk styling yang tepat untuk menciptakan gaya rambut ini. Jangan sampai rambut malah terlihat lepek dan kaku. Karenanya, lo perlu pilih produk seperti Gatsby Styling Hair Cream Gatsby Water Gloss yang nggak meninggalkan kesan lengket maupun kaku atau Gatsby Regroom Pomade dengan efek ketat yang nggak membuat rambut jadi lepek.
 

Full Volume Pompadour

Kalau lo punya rambut tebal, kenapa nggak langsung coba gaya rambut full volume pompadour saja? Bagi beberapa orang, gaya rambut ini akan terkesan berlebihan. Namun, dengan penataan yang tepat, gaya rambut ini akan sangat cocok buat pria yang memiliki bentuk wajah kotak.

Di sini, lo harus memastikan bahwa lo sudah memilih produk styling yang tepat agar rambut tetap mempertahankan volume-nya selama seharian penuh dan nggak membuat rambut terlihat berminyak. Ini karena gaya rambut full volume pompadour harus dibuat terlihat natural agar tidak menciptakan kesan yang berlebihan.

Lo membutuhkan bantuan sisir bulat untuk membentuk full volume pompadour ini. Sisir rambut ke atas hingga membentuk ombak. Pastikan bahwa volume pompadour ini merata ke samping agar proporsinya seimbang. Lalu, ambil Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, ratakan di telapak tangan, dan sisirkan ke rambut dengan gerakan dari akar rambut hingga ujung rambut. Kalau lo memiliki rambut yang lebih tipis, gunakan juga hair dryer untuk menambah volume rambut.
 

Elvis Pompadour

Elvis Presley sang King of Rock and Roll punya gaya rambut ikonik yang sampai sekarang masih sering dikreasikan kembali oleh generasi muda. Bukan tanpa sebab, fenomena ini jelas karena gaya rambut elvis pompadour berhasil membuat siapa saja terlihat 2x lebih keren.

Selain itu, gaya rambut elvis pompadour juga diyakini cocok untuk segala bentuk wajah dan gaya pakaian, entah itu untuk tampilan kasual maupun formal. Jangan takut untuk menggunakan pomade dalam jumlah banyak karena gaya rambut ala Elvis ini akan terlihat semakin bagus dengan efek shiny dari pomade, contohnya seperti produk Gatsby Regroom Pomade Prime Hold.

Pertama, sisir rambut ke arah belakang menggunakan sisir yang sudah dilumuri pomade. Lalu, saatnya membentuk pompadour di bagian atas kepala. Gunakan jari-jari tangan untuk mengangkat rambut dan gunakan sisir bulat untuk menciptakan volume. Terakhir, oleskan lagi pomade ke seluruh rambut supaya tatanan rambut tetap awet seharian
 

Blonde Pompadour

Apakah lo suka gonta-ganti warna rambut? Jika ya, mungkin ini saatnya bagi lo untuk menjadi blonde. Selebriti dunia seperti Adam Levine sudah pernah mencoba gaya rambut yang satu ini. Dengan warna blonde yang begitu menarik perhatian, tatanan rambut pompadour akan semakin membuat lo jadi pusat perhatian.

Nah, hati-hati dalam mewarnai rambut. Bicarakan dulu dengan hair stylist lo soal proses bleaching yang akan dilalui. Ada banyak pilihan shade warna blonde untuk rambut yang bisa lo pilih, mulai dari ash blonde hingga platinum blonde.

Kalau lo masih ragu atau takut untuk mengecat rambut menjadi blonde, lo juga bisa mulai dengan blonde highlight menggunakan Gatsby Styling Color Pomade dalam shade Gold Rise dan Silver Rush. Cukup ambil pomade dan ratakan di tangan, lalu sisirkan ke rambut untuk membentuk gaya rambut pompadour. Hasilnya, lo akan melihat highlight rambut dalam warna emas dan silver pilihan lo.
 

High Fade Pompadour

Suka dengan tampilan rambut yang fresh? Kalau begitu, high fade pompadour adalah pilihan yang tepat buat lo. Terlebih kalau lo punya bentuk wajah yang lonjong dan panjang, gaya rambut high fade pompadour akan membuat proporsi wajah lo jadi lebih seimbang. High fade biasanya dimulai dari ujung tengah dahi, sehingga semakin menonjolkan rambut yang mengembang di bagian atas kepala.

Buat lo yang ingin tampil beda, lo juga bisa menambahkan desain fade yang unik, mulai dari line up di sisi samping hingga v-shape di bagian belakang kepala. Dengan begitu, penampilan lo pun akan semakin keren dan nggak ada tandingannya, Sob!
 

Rekomendasi styling baju dengan pompadour

 

Nah, rambut sudah terlihat keren, sekarang saatnya untuk melengkapi tampilan lo dengan outfit yang pas. Untuk tampilan yang lebih formal, gaya pompadour sangat cocok dipadukan dengan jas dan kemeja. Bisa juga lo padukan dengan vest maupun scarf untuk tampilan yang lebih fresh. Kacamata akan melengkapi tampilan pompadour lo, nih!

Lo bisa mengenakan kacamata hitam atau kacamata dengan lensa bening untuk tampilan yang lebih smart. Kalau lo ingin outfit yang lebih kasual, kemeja dan kaos polo bisa jadi pilihan yang tepat. Tinggalkan 2 kancing kemeja teratas supaya gaya rambut pompadour lo juga semakin terlihat keren. Selain pakaian, janggut di wajah pun dinilai cocok dengan potongan rambut pompadour.
 

Cara menata rambut pompadour

 

Untuk masing-masing gaya rambut pompadour sudah dijelaskan sedikit soal tips penataannya. Namun, pada dasarnya cara menata gaya rambut pompadour itu terdiri dari langkah-langkah yang serupa. Selalu dimulai dengan rambut kering, lalu mengaplikasikan produk styling rambut ke seluruh bagian rambut menggunakan jari atau sisir.

Setelah itu, lo bisa memilih untuk membelah rambut atau tidak. Terakhir, bentuk pompadour menggunakan jari atau sisir bulat dengan gerakan ke atas dan ke belakang hingga lo puas dengan hasilnya. Aplikasikan kembali produk styling rambut untuk mengunci tatanan rambut.

Nah, itu dia variasi pompadour beserta tips-tips penataannya yang bisa lo jadikan inspirasi. Jangan lupa untuk menata rambut pompadour lo dengan Hair Styling Productsdari Gatsby yang sesuai dengan variasi pompadour yang lo pilih. Tampil percaya diri setiap saat dengan Gatsby, no more bad hair day!