Special
7th Student CM Award

 

(15/11). Bandara Soekarno Hatta tampak ramai sekali Kamis, 15 November 2012. Tampak di antara hiruk pikuk keramaian Terminal 2D adalah 3 peserta yang berhasil lolos ke Asian Final GATSBY Student CM Award 2012 di Tokyo, Jepang pada tanggal 17 November 2012. Mereka adalah Naninda Pangestuti (President University) dari Group “TRESUTRISNO” dengan karyanya “From Zero to Hero”, Syaiful Maulana (Universitas Mercu Buana) dari Group “ABL” dengan karyanya “The Key”, dan Cahya Purusatama (Universitas Gadjah Mada) dari Group “Loofies for Whole” dengan karyanya “Ultra Shinny Man”.

 

Perjalanan menuju Tokyo, Jepang yang cukup menyita waktu tidak menurunkan semangat para peserta. Waktu senggang yang cukup lama ketika transit di Singapura pun mereka isi dengan canda tawa dan juga obrolan seru seputar pembuatan karya masing-masing peserta sampai dengan tiba saatnya untuk melanjutkan perjalanan ke Tokyo, Jepang.

(16/11). Udara pagi hari di Tokyo yang cukup dingin menyapa para peserta ketika tiba di Bandara Narita, Jumat 16 November 2012. Rombongan peserta disambut oleh 2 staff dari Mandom Corporation Japan yaitu Mr. Sinohe dan Mr. Hori yang akan menemani selama berada di Jepang. Perjalanan pun dilanjutkan ke kota Shibuya dengan menggunakan kereta “NARITA EXPRESS” menuju Hotel Mets tempat mereka menginap beserta dengan para peserta dari negara lain.

Setibanya di penginapan, para peserta melepas lelah sejenak untuk kemudian melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi beberapa tempat di Tokyo. Tempat pertama yang mereka datangi adalah patung “HACHIKO” yang sangat terkenal yang sempat dibuat film versi Hollywood yang diperankan oleh Richard Gere. Setelah berfoto dan mengagumi patung tersebut, mereka pun melanjutkan perjalanan menuju tempat yang sangat dikenal dengan trend fashion di Jepang yaitu HARAJUKU Street. Mereka menyusuri kawasan tersebut dengan berjalan kaki sampai dengan melewati gedung Harajuku Quest Hall dimana di tempat ini akan diadakan acara puncak Asian Final GATSBY Student CM Award.

          

Setelah puas menyusuri kawasan Harajuku, perjalanan pun dilanjutkan ke Asakusa Kannon Temple. Tempat ini adalah salah satu tempat ibadah umat Budha ternama di Asakusa.  Peserta tampak sangat antusias untuk berkeliling di kompleks tempat ibadah yang juga dikelilingi oleh berbagai toko yang menjual souvenir khas Jepang.

     

Puas berkeliling di Harajuku Street dan Asakusa Kannon Temple, tibalah saatnya kembali ke hotel untuk beristirahat dan mempersiapkan berbagai hal untuk acara besar keesokan harinya yaitu Asian Final GATSBY Student CM Award 2012. 

(17/11). Persiapan menuju Asian Final GATSBY Student CM Award disambut dengan derasnya hujan yang mengguyur kota Tokyo. Perjalanan menuju Harajuku Quest Hall pun membuat peserta sedikit basah terkena hujan, tapi hal ini tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti rangkaian acara hari ini. Sebanyak 61 peserta yang terbagi dalam 22 tim dari 6 negara  yaitu Indonesia, Korea, Hongkong, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan juga Jepang ikut memenuhi Harajuku Quest Hall.

          

          

Acara dimulai dengan presentasi dari masing masing tim. Perwakilan Indonesia mendapat giliran ke 7 (The Key - ABL), 8 (Ultra Shinny Man - Loofies for Whole) dan 9 (From Hero to Zero - Tresutrisno). Para juri juga memberikan respon yang baik untuk peserta dari Indonesia.

Akhirnya, tibalah saatnya pengumuman peraih penghargaan untuk kompetisi yang diadakan tahunan ini. ABL dengan karyanya The Key berhasil menyabet penghargaan tertinggi dalam kompetisi ini yaitu THE GREATEST GATSBY AWARD. Loofies for Whole dengan karyanya Ultra Shinny Man berhasil meraih penghargaan THE STANDARD CM CATEGORY AWARD. Sedangkan Tresutrisno mendapatkan penghargaan ENCOURAGEMENT AWARD. (Lihat selengkapnya disini

          

Acara tidak berhenti sampai disini, panitia telah menyiapkan sebuah pesta kecil untuk merayakan kemenangan para peserta. Ini dimanfaatkan para peserta untuk mengenal peserta dari negara lain. Ruangan tersebut pun dipenuhi dengan canda tawa dan juga obrolan seru antar sesama peserta.

Malam semakin larut, dan tibalah saatnya untuk kembali ke hotel. Tak lupa peserta pun saling bertukar informasi untuk dapat tetap berkomunikasi nantinya. Ini menjadikan sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi mereka.

(18/11) Pagi ini cuaca cerah di Tokyo, para peserta pun sudah siap untuk menuju Tokyo Tower, sebuah menara tertinggi di dunia dengan ketinggian 333m, bahkan menara Eiffel hanya memiliki ketinggian 323m. Puas berfoto di tempat ini, peserta melanjutkan menjelajahi keramaian kota Shibuya dan bersiap-siap untuk kembali ke tanah air di malam hari.

     

     

 

Testimoni Pemenang :

The Greatest GATSBY Award (The Key – ABL)

Kami sangat senang dan bangga karena telah bisa memenangkan penghargaan yang sangat bergengsi ini. Kami sadar kami hanya beruntung dan masih banyak yang lebih bagus dari kami. Kami berharap setiap tahun lomba ini semakin banyak diikuti oleh para calon-calon kreator iklan yang kreatif sehingga menciptakan generasi muda yang kreatif dan inovatif. kami bukan pemenang kami hanya beruntung. terimakasih mandom telah membawa kami jalan-jalan ke jepang dan terimakasih atas keramahan dan kesabarannya.

The Standard CM Category Award (Ultra Shiny Man – Loofies for Whole)

Akhirnya berkat GATSBY mimpi saya untuk pergi ke luar negeri kesampaian juga. Walau saya hanya memiliki waktu kurang dari 3 hari untuk menjelajah jepang, negara ini telah memberikan banyak pengalaman dan perspektif baru untuk saya. Saya harap bisa kembali ke sana lagi lain waktu! :D

Memenangkan kategori edit untuk CM award merupakan hadiah yang sangat menyenangkan untuk tim kami. Tentunya hal ini akan menjadi pendorong semangat kami untuk terus menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Terimakasih GATSBY dan mandom!

The Encouragement Award (From Hero to Zero – Tresutrisno)

Tresutisno group said thank you very much for PT. Mandom Indonesia, Tbk for this super great opportunity. Dengan kompetisi semacam ini, bakat anak muda Indonesia dapat tersalurkan dengan baik, kita juga terpacu untuk semakin terus berkarya demi membawa nama Indonesia ke dunia internasional.Walaupun tim kami tidak memenangkan juara,tapi kami bersyukur dan berterima kasih atas pengalaman yang didapat yaitu dapat berteman dengan kontestan dari negara lain. Berkumpul dan bertukar cerita dengan mereka merupakan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan untuk kami. Dengan berteman dengan kontestan dari luarnegara,Kami akan mengikuti kompetisi GATSBY Student CM Award taun depan jika ada kesempatan.  And Mba Retno, Maul, Cahya, Sino-san, and Hori-san thank you for the 3 days inJapan! That was so cool and fun trip! Hope there will be more time for all contestants from all countries to hang around together in Japan! Hahaha :p