ARTICLE
Tips Gaya Rambut Sesuai dengan Bentuk Muka Lo

Memotong rambut memang nggak bisa sembarangan, apalagi nggak semua tipe muka cocok dengan semua gaya rambut. Yang populer belum tentu pas buat lo, Sob. Jadi gimana caranya milih gaya rambut yang pas ya?

Oval

Bentuk wajah oval memiliki bagian yang simetris dan proporsinya bagus, sehingga muka ini cocok buat berbagai gaya rambut. Lo sebenarnya nggak perlu bingung buat milih, mau dari cepak sampai gondrong, bentuk muka oval pas dengan aneka gaya. Tapi untuk memperkuat kesan maskulin, lo bisa cobain gaya klasik, Sob. Pendek di belakang dan samping, dengan rambut yang agak panjang di atas dan disisir ke samping. Tapi kalau lo suka gaya netral, lo bisa pakai model rambut pendek dengan poni depan. Gaya ini bisa bikin lo kelihatan makin friendly.

Untuk gaya rambut yang maskulin, lo dengan wajah oval juga bisa pakai pomade GATSBY tipe hard hold biar rambut lo tetap keren seharian. Lo juga bisa pakai hairdryer biar gaya rambut lo makin kuat dan nggak gampang rusak.

Kotak

Tipe muka ini dikenal sebagai tipe muka yang paling maskulin, jadi lo jangan coba-coba gaya ala Korea dengan tipe muka seperti ini. Soalnya, gaya Korea cenderung bikin muka lo makin bundar. Bila muka lo kotak baiknya lo pake gaya buzz cut, french crops atau quiffs. Lo juga bisa numbuhin stubble biar kelihatan makin maskulin dan bikin rahang lo nggak kelihatan terlalu besar.  Pomade tipe high hold biasanya cocok untuk gaya rambut buzz cut bagi lo dengan muka yang kotak.

Persegi Panjang

Ditandai dengan muka yang panjang dengan jarak bibir dan ujung dagu yang cukup banyak. Muka seperti ini agak susah mencari gaya yang tepat dan sebaiknya nggak dengan mudah ikut gaya rambut kekinian karena biasanya gaya rambut yang lagi tren bisa membuat wajah lo jadi kelihatan makin panjang. Bila lo punya muka seperti ini, lo bisa pakai gaya yang proporsinya pas, nggak motong bagian pinggir terlalu pendek atau membuat rambut bagian atas terlalu panjang. Gunakan juga poni pendek untuk menutup dahi agar muka nggak kelihatan panjang.

Lo juga nggak sebaiknya menumbuhkan jenggot tebal kalau nggak mau muka lo terlihat makin panjang.  Bisa contoh gaya rambut dari karakter Newt di film Fantastic Beast and Where to Find Them untuk wajah panjang lo. Jangan lupa pakai pomade tipe light hold agar gaya rambut lo nggak cepet lepek. Lo bisa mencoba produk terbaru dari Gatsby, yaitu Gatsby Styling Pomade Supreme Hold untuk gaya rambut yang keren.

Meski sudah ada pakem-pakem tersendiri untuk tiap bentuk wajah, tapi memang nggak ada salahnya buat lo untuk eksplorasi gaya sendiri. Kalau memang lo merasa pede dengan gaya rambut itu, komentar orang nggak perlu dipermasalahkan.

Photo credit: Pixabay.com