ARTICLE
"Surga" Pantai di Indonesia yang Harus Lo Kunjungi

Kalau mau berwisata, Indonesia adalah surganya. Pasalnya, sebagai negara tropis, Indonesia punya banyak tempat menarik seperti gunung, danau, dan pantai. Pantainya juga indah. Nggak heran kalau keindahan pantai Indonesia mampu menggaet turis mancanegara buat datang menikmatinya. Wilayah Indonesia yang luas serta bentuknya yang berpulau-pulau membuat hampir setiap sudut negeri ini memiliki titik pantai yang memukau. Berikut surga pantai di Indonesia yang bisa lo kunjungi.

Pantai Goa Cina, Malang

Daerah Malang selatan memang terkenal akan keindahan pantainya. Salah satunya adalah Pantai Goa Cina Malang. Pantai ini cukup rindang dan belum ada terlalu banyak orang yang mengunjungi. Di sini terdapat sebuah gua yang konon dulu pernah ada seorang China yang meninggal ketika sedang bertapa di dalam gua tersebut. Dalam perjalanan menuju ke sini, lo bakal melihat adanya jembatan Bajulmati yang memiliki arsitektur keren.

Pantai Pangi, Blitar

Selain terkenal dengan wisata Makam Bung Karno, ternyata Blitar juga memiliki pantai yang wajib dikunjungi lho, Sob. Namanya Pantai Pangi. Air lautnya sangat jernih dengan pasirnya yang sangat putih. Di sini lo bisa melihat sungai kecil yang langsung bermuara ke laut. Gemericik air sungai di bawah pohon yang rindang ini akan membuat lo merasa tenang dan damai.

Gili Trawangan, Lombok

Pantai yang satu ini sudah pasti pernah lo dengar kan namanya? Gili Trawangan sangat populer di kalangan para pecinta pantai di Indonesia. Gili Trawangan terletak di Lombok. Nggak perlu khawatir dengan akomodasi di sini karena fasilitasnya sudah lumayan lengkap termasuk penginapan. Di sini lo bisa berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah dan belajar budaya mereka.

Pantai Lampuuk Aceh

Menuju ke arah Sabang, ada Pantai Lampuuk yang terletak di Aceh. Pantai Lampuuk terletak sejauh 20 km dari ibu kota Aceh. Garis pantainya memanjang hingga 5 km dan membentuk sebuah pulau kecil. Bisa lo bayangkan garis pantai dengan air laut yang biru ini bertemu dengan putihnya pasir pantai? Buat yang hobi berselancar, lo bisa melakukan aktivitas favorit lo itu di sini. Meskipun ombaknya besar, tapi cukup bersahabat untuk berselancar. Kalau lo ingin berkeliling di sekitar perairan pantai, ada banana boat yang bisa lo sewa.

Pantai Panjang, Bengkulu

Terletak sejauh 3 km dari pusat kota Bengkulu, pantai ini bahkan bisa dijangkau dengan mudah dengan menggunakan alat transportasi umum. Lo nggak perlu membawa kendaraan pribadi karena adanya akses transportasi yang sudah memadai. Yang menarik dari pantai ini adalah lo bakal disuguhi pemandangan pohon cemara di sepanjang garis pantainya. Di sini juga ada penginapan, jadi lo bisa menginap buat menikmati sunset dan sunrise.

Pantai Nirwana, Sulawesi Tenggara

Beralih ke Pulau Sulawesi, ada Pantai Nirwana. Seperti namanya, pantai ini bak surga dunia. Nggak hanya birunya air laut dan putihnya pasir pantai, lo juga bisa ber-snorkeling untuk menikmati kekayaan biota laut yang menakjubkan di dalamnya. Lautnya cukup tenang sehingga cukup aman. Pantai ini terletak di Desa Sula, Kabupaten Bau Bau.

Gimana, Sob, menikmati pantai yang indah nggak harus jauh-jauh ke luar negeri, kan? Biasanya, pantai di Indonesia yang masih “perawan” belum memiliki akses transportasi yang memadai, tapi lo masih bisa pergi ke sana dengan kendaraan pribadi. Untuk jalannya, memang nggak semulus jalan raya di kota-kota besar, tapi dijamin usaha lo bakal sepadan dengan apa yang bakal lo dapatkan ketika tiba di pantainya.

 

Featured image credit: commons.wikimedia.or