ARTICLE
Surga Bawah Laut Indonesia yang Diakui Oleh Dunia

Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim memiliki banyak sekali surga bawah laut yang indah. Nggak cuma itu, tempat-tempat ini pun banyak yang diakui oleh dunia dan menyedot banyak turis asing. Di mana aja ya?

Taman Nasional Bunaken

Nama yang satu ini pasti nggak asing di telinga lo, bahkan buat lo yang nggak pernah jalan-jalan laut juga pasti tahu kan? Bunaken memang salah satu kebanggaan Indonesia, sempat terdaftar juga sebagai taman nasional dunia di UNESCO. Nggak heran kalau tempat yang ada di Sulawesi Utara ini ramai banget dikunjungi oleh para wisatawan domestik ataupun luar negeri.

Raja Ampat

Salah satu tempat wisata yang lagi naik daun ini memang nggak ada matinya. Perjalanan yang melelahkan yang harus lo tempuh untuk sampai ke tempat ini semua bakal terbayar dengan indahnya pemandangan di tempat yang terletak di Papua Barat ini. Nggak cuma lautnya yang biru, tapi pasir pantainya yang masih bersih banget membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Plus karang-karang yang masih murni dan bagus banget membuat kamu bakal betah banget deh wisata di sini. Nggak cuma turis lokal, banyak turis asing yang berbondong-bondong untuk lihat indahnya alam di Raja Ampat. Jadi, kamu kapan cobain ke sini?

Taman Laut Takabonerate

Berada di Sulawesi Selatan, taman laut satu ini nggak cuma indah tapi punya banyak spesies laut unik yang bisa lo lihat sambil diving atau snorkeling. Bintang laut warna biru pun bisa kamu lihat di sini, apalagi lo juga bisa lihat cantiknya aneka terumbu karang dan berenang bersama ikan-ikan eksotis dalam kedalaman 1 meter atau 100 cm saja. Siapa yang nggak mau?

Taman Laut Kepulauan Togean

Tempatnya nggak terlalu besar, tapi taman laut satu ini termasuk dari salah satu wilayan yang dinamakan sebagai Coral Triangel region Indonesia-Philiphine, lho! Karena nama itulah nggak heran kalau spesies laut dan terumbu karang di tempat ini beragam banget. Lebih dari 500 spesies hidup di tempat ini. Kebayang indahnya gimana kan?

Taman Laut Kepulauan Derawan

Dengan lebih dari 20 dive spot, taman laut satu ini bertaraf internasional. Jangan kaget kalau lo nemu banyak banget bule yang diving di sini. Nggak hanya bisa menikmati terumbu karang, lo juga bisa bertemu dengan lebih dari 800 spesies laut di tempat ini, Sob! Termasuk ikan pari yang bentuknya unik banget.

Lima tempat ini adalah salah satu dari belasan taman laut Indonesia yang diakui oleh dunia. Negara kita punya keindahan yang nggak kalah dengan tempat-tempat di luar negeri, Sob! Jadi sayang banget kan kalau lo nggak nyobain salah satunya?

Photo credit: Pixabay.com