ARTICLE
Suka Pakai Denim? Begini Cara Memakai Jaket Denim

Gaya denim memang nggak ada matinya, mau cowok atau cewek, tua atau muda semua cocok menggunakannya. Nah, salah satu fashion item denim yang kerap dimiliki orang-orang selain celana adalah jaket. Sayangnya, nggak semua tampilan cocok dipadukan dengan jaket jenis ini. Agar nggak jadi fashion disaster, kamu bisa menggunakan tips-tips berikut ini. Biar makin keren, Sob!

Pilih yang Pas di Bahu

Meski pada umumnya jaket denim memiliki banyak tipe, seperti baggy atau slim fit, tapi ada baiknya kamu pilih jaket denim yang pas di bahu. Maksudnya, ketika dipakai, tidak ada sisa dari garis lengan yang turun ke bawah. Inti dari tampilan denim adalah kasual yang keren, jadi kalau kamu pakai yang terlalu oversize, kesannya justru akan jadi aneh.

Panjangnya Kira-kira Sepinggang

Salah satu aturan lainnya dari memakai jaket denim adalah panjang dari jaket tersebut. Kalau kamu pakai terlalu pendek, kesannya malah akan jadi feminin, Sob. Kalau pakai terlalu panjang, malah jadi seperti kemeja yang nggak rapi. Jadi, gimana pilih yang pas? Pakai jaket denim yang panjangnya sepinggang.

T-Shirt Simpel dan Celana yang Lebih Gelap untuk Kesan Kasual yang Timeless

Suka gaya simpel tapi nggak mau ketinggalan zaman? Padukan jaket denim kamu dengan t-shirt polos dan celana yang warnanya lebih gelap dari jaket kamu. Gaya seperti ini sudah ada sejak dulu, dan sampai sekarang masih digunakan sebagai salah satu gaya yang paling populer. Tapi pastikan t-shirt yang kamu gunakan warnanya bersih dan tak pudar. Karena, warna jaket yang cenderung kusam bisa harus bisa ditampakkan lebih bersih dengan t-shirt yang warnanya masih bagus. Kalau tidak, gaya yang seperti ini justru akan terkesan lusuh.

Pilih Warna yang Mana?

Meski warna hitam dan biru tua termasuk populer, kamu juga sebaiknya memiliki jaket denim warna abu-abu. Hitam dan biru tua memang bisa dipadukan dengan banyak warna, tapi warna abu-abu cocok untuk digunakan bersama dengan baju-baju yang terkesan kalem. Kalau kamu termasuk yang suka dengan warna jenis ini, sebaiknya jangan lupakan warna abu-abu di koleksi jaket denim kamu, Sob!

Gunakan Warna Hitam untuk Acara yang Lebih Formal

Ingi tampil formal dengan jaket denim? Bisa. Selama kamu pilih warna hitam yang bentuk jaketnya adalah slim fit, bukan baggy. Padukan dengan dalaman kemeja yang bagus serta celana yang senada. Dengan begitu, kamu akan terlihat lebih formal tetapi juga tetap terkesan friendly dan mudah didekati. Cocok untuk acara malam yang indoor dan banyak pencahayaan.

Intinya sih, kamu nggak boleh menggunakan jaket denim yang ukurannya tidak pas dengan lebar bahu kamu. Kecuali memang kamu ingin tampil seperti orang yang terlihat lebih pendek. Beberapa selebriti memang menggunakan jaket denim yang baggy, tapi umumnya mereka tetap menggunakan yang ukurannya pas di bahu.

Photo Credit: Pixabay