ARTICLE
Suka Nggak Fokus Kalau Sedang Ngerjain Tugas? Ini Cara Meningkatkan Konsentrasi yang Mesti Lo Coba

Sob, terkadang yang namanya mengerjakan tugas atau pekerjaan itu ada saja gangguannya. Mulai dari suara-suara obrolan teman lo yang kayaknya asyik banget, buka tab Youtube di laptop untuk sekedar dengerin lagu, bahkan sekedar bengong karena sedang lagi banyak pikiran bisa mengganggu konsentrasi lo. Hal ini bisa berbahaya sob, kalau lo diemin gitu aja! Selain membuat pekerjaan lo menumpuk, yang ada lo juga bisa-bisa ditegor sama dosen atau atasan lo karena lalai. Nah, daripada terus-terusan kayak gini, mending lo ikutin cara meningkatkan konsentrasi di bawah ini!

Merapikan Meja atau Tempat Belajar Lo

Mungkin terlihat sepele, sob! Tapi hal satu ini ternyata memiliki dampak yang luar biasa dan menjadi salah satu cara meningkatkan konsentrasi yang utama. Ketika lo mengerjakan tugas, pastikan agar lo punya space yang cukup. Jangan sampai meja kerja lo penuh dengan kertas ataupun dokumen-dokumen kurang penting yang akhirnya mengganggu konsentrasi lo. Fakta yang perlu lo ketahui, tempat belajar atau bekerja yang berantakan bisa membuat lo sulit berkonsentrasi.

Membagi Tugas Besar menjadi Beberapa Tugas Kecil

Biasanya hal yang bisa mengganggu konsentrasi seseorang adalah ketika diberikan tugas, sudah melihat kalau tugas tersebut sangatlah besar dan membuat lo terbebani. Kalau sudah merasa terbebani, maka pikiran lo pun bakal susah fokus atau berkonsentrasi karena sudah terlanjur panik. Nah, cara meningkatkan konsentrasi selanjutnya yang bisa lo lakukan adalah membagi tugas-tugas besar tersebut menjadi tugas kecil.

Maksudnya adalah dicicil, kerjakan dulu yang lebih mudah atau sederhananya, lo bisa membuat daftar to-do-list terlebih dahulu sebelum lo mengerjakannya. Lo bisa juga membuat daftar kegiatan seharian lo agar pembagiannya lebih mudah dan juga efektif. Pastikan juga agar lo memprioritaskan kegiatan mana yang lebih penting, Sob!

Menyingkirkan Hal-hal yang Dapat Mengganggu

Nah, kalau ini sudah seakan-akan jadi faktor utama yang bikin lo males kerja, Sob! Agar kerjaan lo cepat selesai, cara meningkatkan konsentrasi selanjutnya adalah dengan menyingkirkan barang-barang atau hal lain yang mengganggu lo lebih dulu. Ada banyak hal yang bisa mengganggu, pertama dan paling utama sih gadget atau sosial media, ya Sob! Ini pengganggu nomor satu dan paling bisa bikin lo lupa waktu.

Cara menyiasatinya lo bisa me-non aktifkan pemberitahuan atau notification dari sosmed tersebut selama lo bekerja. Tapi kalau lo merasa temen lo itu mengganggu, jangan lo singkirin dia, ya! Cukup lo aja yang menjauh dari mereka dan cari ruang sendiri untuk bekerja.

Mengunyah Permen Karet

Cara asyik yang bisa lo lakuin untuk mengetahui cara meningkatkan konsentrasi selanjutnya adalah mengunyah permen karet. Lo tentu suka dengan permen karet, kan? Fyi, mengunyah permen karet terbukti dapat membuat diri lo lebih berkonsentrasi. Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Cardiff menemukan kalau mengunyah permen karet bisa membantu lo lebih berkonsentrasi untuk melakukan suatu pekerjaan. Intinya, ketika lo mengerjakan suatu pekerjaan yang panjang atau membosankan, bunuh saja rasa bosan tersebut dengan mengunyah permen karet untuk mengembalikan fokus lo.

Istirahat Sejenak dengan Bermain Permainan yang Melatih Kerja Otak

Nah, Sob, kalau cara meningkatkan konsentrasi satu ini sih juga nggak kalah menyenangkan. Ketika lo merasa mulai stuck atau lelah, cobalah untuk istirahat sebentar dengan bermain game. Tapi ketika lo memilih permainan, pastikan untuk memainkan permainan yang mampu melatih kerja otak lo kayak puzzle, acak kata, mengisi TTS, dan juga lainnya. Pastikan permainan yang lo pilih bisa membantu lo untuk menenangkan diri lo sendiri sebelum kembali kerja.

Nah, Sob, itulah beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang bisa lo lakukan agar tugas dan kerjaan lo cepat kelar. Seberat apapun tugas lo, jangan sampai lo lupa untuk istirahat ya, Sob!

 

Featured image credit: pixabay.com