ARTICLE
Siapa Bilang Vintage Itu Ketinggalan Zaman? Ini Inspirasi Gaya Vintage untuk Sempurnakan Fashion Lo

Gaya berpakaian vintage nggak semuanya ketinggalan zaman, meski namanya identik dengan masa lalu mode-mode di era tersebut justru bikin inspirasi buat para desainer. Buktinya 5 gaya vintage ini masih sering dipakai di fashion saat ini. Mau tahu apa aja, Sob?

1920-an

Gaya 1920-an umumnya cocok buat lo yang ingin terlihat smart dan simpel. Gaya cowok di tahun-tahun ini biasanya menggabungkan kemeja, dasi sweater dan celana kain. Kalau lo suka dengan seri Sherlock Holmes (Bukan Sherlock 2013 yang dibintangi Benedict Cumberbatch) rasanya lo nggak perlu bingung untuk memvisualisasikan gaya ini. Gaya vintage 1920-an umumnya cocok banget kalau lo gunakan saat kerja, karena kesannya rapi tapi juga friendly. Jangan lupakan potongan cepak dan juga sepatu pantofel yang disempurnakan dengan kaos kaki bermotif kalau lo milih gaya ini.

1930-an

Gaya tahun ini lebih kasual dan berwarna daripada tahun 1920-an. Biasanya ditandai dengan kemeja ukuran besar dan celana yang dikaitkan di perut. Kalau gaya yang itu terlalu kuno buat lo, lo bisa cobain gaya ala orang kaya di zaman itu dengan memakai jas garis-garis dengan warna cerah dan celana kain warna putih. Tak lupa, kemeja dan dasi agar lo tetap terkesan smart. Kalau lo ingin tampil cukup kasual, lo bisa cari kaos motif garis dan celana kain plus leather belt. Jangan lupa sepatu kain atau sandal dengan ujung tertutup untuk menyempurnakan gaya ini.

1940-an

Berbeda dengan dua era sebelumnya, era 40-an menonjolkan sisi yang lebih santai. Lo bisa padukan topi fedora, wide collar shirt dengan warna cerah, sabuk, celana wide leg high waist dan sepatu dua warna dengan ujung runcing untuk gaya ini. Biasanya, gaya ini cocok kalau lo ingin datang ke acara malam, tapi cocok juga digunakan untuk acara outdoor di siang hari.

1950-an

Tahun 50-an sudah mulai mirip dengan gaya-gaya sekarang. Kemeja yang dulunya selalu dimasukkan ke dalam baju sekarang sudah mulai dikeluarkan. Memang sih, gaya ini lebih cocok untuk lo yang sudah umur 40-an, tapi kalau lo ingin terlihat santai dan lagi ada di acara outdoor, gaya 50-an dengan kemeja warna cerah yang tidak dimasukkan dalam celana ini juga cocok buat lo.

1960-an

Di tahun ini, warna-warna pastel seperti pink muda dan biru mudah sangat populer di kalangan cowok. Lo yang sering nonton film-film zaman dulu pasti tahu banget dengan gaya ini kan? Apalagi kini warna pastel nggak identik dengan perempuan saja. Cowok pun sekarang bisa banget pakai warna-warna ini. Gaya 60-an dengan warna pastel ini memberikan kesan friendly yang kuat.

Kalau lo masih merasa gaya-gaya ini terlalu kuno tapi lo tetap ingin coba, lo bisa gabungin salah satu dari gaya ini dengan jam atau gaya rambut yang kekinian. Aksesoris modern bisa membuat gaya vintage lo nggak terkesan terlalu jadul, Sob! Tapi jangan lupa ya, walaupun lo udah tampil keren lo harus tetap tampil wangi. Gunakan Gatsby Splash Cologne yang bertahan seharian. Jadi, lo pilih gaya vintage yang mana?

Photo credit: Pixabay.com