ARTICLE
Siapa Bilang Investasi Itu Hanya untuk Orang Dewasa, Ini Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Di tengah kemajuan era informasi dan teknologi, segala informasi yang lo butuhkan bisa didapat hanya melalui genggaman smartphone. Salah satunya adalah informasi mengenai apa itu investasi, gimana keuntungannya, dan apakah investasi ini cocok untuk anak muda. Jika lo dulu mendengar investasi ini hanya cocok untuk orang dewasa, lo harus melihat dulu jenis investasi di bawah ini. Akan dijelaskan sedikit apa saja kelebihan dari masing-masing investasi.

Reksa dana

Investasi pertama yang cocok untuk anak muda adalah reksa dana. Ini adalah investasi yang sebenarnya sangat mudah dilakukan karena secara teknis lo nggak perlu mengetahui dengan detail tentang seluk beluk investasi. Mengapa demikian? Karena investasi di reksa dana akan dilakukan 100% oleh manajer investasi. Jadi, mereka akan memutar uang lo di bursa saham, deposito, dan instrumen investasi yang lain. Lo nggak perlu bingung belajar dahulu bagaimana menarik saham, bagaimana bunga deposito yang bagus, dan sebagainya.

Emas

Selanjutnya investasi yang cocok untuk anak muda seperti lo adalah investasi emas. Emas termasuk investasi tertua yang ada di Indonesia, karena setiap tahunnya harga emas selalu naik. Jika dulu investasi emas biasanya dalam bentuk barang, maka sekarang lo bisa menabung emas. Lo bisa mulai menabung dengan 10 ribu rupiah dan akan diubah menjadi gram sesuai dengan harga yang berlaku. Jadi, uang lo yang ditabungkan tersebut nilainya akan selalu naik mengikuti harga emas yang berlaku.

P2P Lending

Nah, investasi selanjutnya yang bisa lo coba adalah peer to peer lending (P2P lending). Ini adalah jenis investasi financial technology (fintech) yang sedang booming. Sistem dari P2P lending adalah lo bisa menginvestasikan sejumlah uang ke dalam perusahaan P2P lending. Kemudian uang lo bakal digunakan buat meminjamkan uang kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Menariknya dari P2P lending ini adalah lo bisa menginvestasikan dengan modal yang cukup kecil, yaitu mulai dari 500 ribu rupiah.

Bagaimana, sekarang lo sudah siap untuk mencoba jenis investasi di atas?

 

Photo Credit: Pexels