ARTICLE
Punya Jam Tangan Mahal? Begini Cara Merawat yang Benar

Jam tangan yang dulu difungsikan sebagai penunjuk waktu agar bisa dimanfaatkan kapan pun dan di mana pun, kini lebih dari itu. Arloji atau jam tangan kerap kali dipakai sebagai aksesori untuk mendukung fashion style. Nggak heran kalau motif, bahan, warna, dan bentuknya juga bermacam-macam karena memang hal tersebut ditujukan untuk memenuhi selera para pecinta fashion.

Semakin mahal harga suatu jam tangan, maka semakin tinggi kualitas yang dimilikinya, begitu pun juga cara merawatnya yang nggak boleh sembarangan. Pada umumnya, karena jam tangan mahal menggunakan bahan yang berbeda, maka merawatnya juga harus dengan cara yang tepat agar tidak rusak.  Begini caranya.

Rajin Membersihkannya

Meskipun bukan seperti pakaian yang bisa terkena banyak keringat sehingga harus dicuci setiap hari, jam tangan tetap harus dibersihkan. Lakukan dengan menggunakan kain yang memiliki permukaan halus agar nggak meninggalkan goresan ketika lo menggosoknya.  Atau lo bisa menggunakan tisu halus. Ingat, jangan dibersihkan dengan air karena dikhawatirkan air dapat masuk ke cela-cela jam dan membuat komponennya nggak berfungsi. Lo perlu cairan khusus. Coba tanyakan pada tukang jam tangan saat lo membelinya.

Jangan Gunakan Hair Dryer untuk Mengeringkannya

Setelah membersihkan jam tangan dari keringat dengan tisu basah, jangan dikeringkan menggunakan hair dryer ya, Sob. Hair dryer bisa memancarkan suhu panas. Paparan suhu panas ini berisiko mempengaruhi kinerja komponen-komponen yang ada di jam tangan lo. Sebaiknya lo pakai tisu kering untuk mengelap sisa-sisa cairan pembersihnya.

Pastikan Tempat Penyimpanannya Nggak Lembap

Ruangan yang lembap bisa menjadi tempat yang mendukung jamur buat berkembang biak. Nah, coba bayangkan kalau jamur ini menempel di jam tangan lo dan menghasilkan bintik-bintik hitam yang nggak bisa hilang. Tentunya pasti bikin lo bete, kan? Lebih baik simpan jam tangan lo di kotak khusus dan letakkan di tempat yang kering. Jangan yang terlalu panas, ya.

Bersihkan  Tali Jam Tangan Sesuai dengan Bahannya

Bagian tali jam tangan ini terbuat dari bahan yang bermacam-macam. Ada yang dari karet, logam, maupun kain atau kanvas. Tentu saja, cara membersihkannya pun juga berbeda-beda. Kalau tali jam tangan lo terbuat dari kain, lo bisa menyikatnya dengan sikat gigi yang punya permukaan halus ditambah dengan sabun. Kemudian jika sudah selesai, bilaslah hingga nggak berbusa lagi. Tapi jangan sampai mengenai bagian kepala jam, ya. Lalu, keringkan dengan meremasnya menggunakan lap bersih agar airnya terserap.

Kalau tali jam tangan terbuat dari karet, lo cukup menyikatnya dengan air dan sabun, tapi jangan terlalu banyak airnya. Lalu, keringkan menggunakan tisu kering. Ingat ya, Sob, tali jam tangan ini tempat berkumpulnya keringat dari pergelangan tangan lo, jadi lo harus rajin membersihkannya biar nggak jadi sarang bakteri.

Wasapdai Alat-Alat Elektronik Tertentu

Kekuatan magnet dapat mempengaruhi komponen-komponen jam tangan yang terbuat dari logam. Nggak hanya magnet biasa, beberapa alat elektronik di rumah lo juga memiliki sifat magnet lho, seperti televisi, lemari es, dan kipas angin. Daya magnet dari alat-alat tersebut mampu mempengaruhi perputaran jarum jam tangan lo sehingga berisiko nggak menunjukkan waktu secara tepat lagi.

Selain sebagai aksesori fashion, harga jam tangan yang mahal juga dipakai untuk menunjukkan prestis sosial seseorang. Tapi, terlepas dari itu semua, kalau lo memang sayang dengan jam tangan lo yang mahal, sebaiknya lakukan cara di atas untuk merawatnya biar tetap awet ya, Sob!

 

Photo credit: SplitShire (pixabay.com)