ARTICLE
Punya Hobi Fotografi? Yuk, Jual Gambar Lo di Beberapa Situs Berikut

Hai, Sob, apa lo punya hobi fotografi? Sebaiknya hasil jepretan lo jangan disimpan di PC dan dianggurin begitu saja. Apalagi hobi fotografi itu nggak murah lho, Sob! Lo harus beli kamera, lensa, dan aksesori pendukung lainnya yang harganya bisa mencapai jutaan. Sayang kan kalau nggak terpakai? Biar lebih berguna, mending lo jual hasil karya lo itu ke situs-situs khusus yang menyediakan layanan jual beli foto. Situs tersebut bakal bantu lo buat mendapatkan penghasilan. Ada beberapa situs yang gratis dan ada pula yang berbayar. Berikut beberapa di antaranya.

123rf

Situs yang pertama adalah 123rf.com. Buat lo yang suka mencari referensi gambar, pasti sudah nggak asing lagi dengan situs yang satu ini, kan? Ini menunjukkan bahwa 123rf.com memang sangat populer. Kalau lo menjual foto lo di sini, komisi yang lo dapatkan bahkan bisa mencapai 60 persen, lho! Jumlah ini jauh lebih menguntungkan daripada hanya membiarkan foto lo tersimpan di PC saja, kan? Jika ada pelanggan yang suka dengan karya lo dan ingin berlangganan untuk mengunduhnya, lo bakal mendapatkan komisi lagi sebesar 0.43 dolar.

ShutterStock

Satu lagi situs penjualan foto yang sangat populer, Shutterstock.com. Di sini, lo bakal bisa melihat foto-foto yang menginspirasi. Kalau lo berpikir foto lo cukup bagus buat dijual di sini, maka jangan ragu lagi. Segera upload dan jika ada pengunjung situs yang tertarik dengan fotomu dan ingin mengunduhnya, lo bakal mendapatkan komisi hingga 30 persen untuk setiap foto. Jumlah tersebut juga fleksibel, bisa lebih banyak dan lebih sedikit tergantung dari jenis langganan yang dipilih oleh pengunjung website.

Alamy

Boleh dibilang, situs ini adalah situs yang paling murah hati dibanding lainnya karena menawarkan pemberian komisi hingga 60 persen. Website ini sepertinya cukup menguntungkan buat lo yang masih pemula. Menariknya lagi, lo bisa menjual kembali foto-foto lo yang sama di situs lainnya, lho. 60 persen untuk komisi adalah angka yang cukup besar, mengingat yang lainnya hanya memberikan komisi kurang dari 50 persen. Apa lo cukup tertarik, Sob?

Ayofoto

Jangan dikira situs menjual foto hanya ada di luar negeri lho, Sob. Indonesia juga punya! Namanya Ayofoto. Situs ini didirikan tahun 2005 lalu oleh Dibya Pradana. Pada mulanya, situs ini hanya diperuntukkan sebagai tempat sharing hasil foto dan sarana mencari teman baru bagi para sesama fotografer. Seiring berkembangnya fitur dan banyaknya channel, situs ini kemudian menjelma menjadi tempat bagi para fotografer untuk menjual fotonya.

Pixoto

Nggak seperti situs lainnya yang fokus untuk menjual foto lo, di sini lo bisa berkompetisi dengan fotografer lain untuk menunjukkan karya foto yang lo miliki. Lalu, bagaimana caranya lo bisa mendapatkan uang dari situs ini? Gampang Sob! Ikuti saja kompetisi yang ada. Mualnya, lo harus mengikuti yang namanya Image Duel, jadi foto lo bakal disandingkan dengan foto lain dan pengunjung yang bakal memilih mana foto yang lebih menarik. Semakin banyak pengunjung yang memilih foto lo, tentunya lo bakal bisa menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah, kan?

Mungkin ide menjual hasil karya belum pernah terpikirkan oleh lo selama ini. Melalui situs-situs di atas, lo juga bisa menambah teman yang sama-sama punya hobi fotografi sehingga bisa saling bertukar pikiran. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan daftarkan diri dan upload foto lo ke situs tersebut, Sob!

 

Photo credit: Audrey Penven (flickr.com)