ARTICLE
Pebisnis Dunia Ini Mengawali Usahanya Tanpa Modal

Nggak cuma pebisnis Indonesia yang sering pakai kalimat “Tanpa modal”, pebisnis luar pun ada yang melakukan hal sama. Siapa mereka dan apa usaha yang mereka lakukan? Baca selengkapnya di sini, Sob!

Guy Laliberte

Pernah dengar yang namanya Cirque du Soleil? Ya, sirkus kelas dunia ini ternyata ditemukan oleh orang yang nggak mampu bernama Guy Laliberte. Dulunya, lelaki yang menjadi pebisnis sirkus kelas dunia ini hidup dengan banyak kesusahan. Dirinya harus ikut sirkus untuk mendapatkan uang, bahkan ia benar-benar menjadi salah satu fire eater atau pemakan api yang memasukkan api dalam perutnya.

Namun karena ia nggak mau hidup begini-begini saja, ia bertekad untuk membuat sirkusnya sendiri. Bersama beberapa teman yang ia percaya, ia mengumpulkan uang untuk terbang ke Las Vegas tanpa membeli tiket pulang. Kenekatan dan strategi Guy dalam membuat sirkus yang menarik akhirnya membesarkan nama sirkus kecilnya tersebut, hingga saat ini dikenal dengan nama Cirque du Soleil.

DeJoria

Salah satu nama hair care yang paling mendunia John Paul Mitchell dan minuman keras Patron Tequlia ini rupanya berasal dari bisnis tanpa modal dari DeJoria. Sejak kecil, pria ini harus bekerja keras untuk membuat hidupnya sedikit layak. Dirinya menjual kartu-kartu natal dan koran saat ia masih berusia 10 tahun. Hingga akhirnya ia pindah ke rumah yatim piatu dan bahkan sempat masuk ke dunia geng yang berbahaya sebelum akhirnya memberanikan diri untuk meminjam 700 USD dari bank untuk modal usahanya.

Saat itu, ia memang sangat tertarik dengan hair care dan membuat John Paul Mitchell Systems. Ia menjual sampo tersebut dari pintu ke pintu sambil hidup di dalam mobilnya. Yap, dia bahkan nggak punya tempat tinggal untuk menjalankan usahanya ini, Sob! Tapi karena ia gigih dan memang pintar membangun relasi plus kualitas dari sampo yang nggak jelek, usahanya terbayar hingga akhirnya ia bisa meneruskan usaha samponya dan menambah usaha minuman keras bernama Patron Tequila.

Ralph Lauren

Nama yang satu ini pasti nggak asing lagi di telinga lo yang demen banget sama yang namanya fashion. Ya, Ralph Lauren termasuk dari salah satu pengusaha tanpa modal yang cukup nekat sebenarnya. Dirinya yang bahkan nggak lulus universitas karena masuk militer akhirnya harus bekerja sebagai pegawai di Brooks Brothers, department store dari baju laki-laki dan perempuan.

Saat ia bekerja di tempat itu, ide-ide kreatifnya terus mengalir. Saking nggak bisa dibendungnya, Ia nekat untuk menjual dasi hasil desainnya sendiri pada tahun 1967 apa adanya. Karena memang desainnya keren dan dipasarkan dengan baik, Ralph Lauren berhasil meraup keuntungan 500.000 USD hanya dalam waktu satu tahun. Tahun berikutnya Ia baru memulai Polo yang menjadi kebanggaannya hingga saat ini.

Yang bisa dipelajari dari para pebisnis di atas sebenarnya adalah sisi nekat mereka yang berani untuk mengubah hidupnya. Entah itu beli tiket berangkat tanpa tiket pulang, melakukan peminjaman di bank atau menjual hasil desainnya sendiri meski tidak tahu hasilnya bagaimana. Yang jelas, mereka juga memiliki strategi dan kualitas barang atau jasa yang menarik untuk semua orang. Jadi, kapan lo berani bikin usaha sendiri, Sob?

Photo credit: Pixabay.com