ARTICLE
Nggak Cuma Cewek, Cowok Juga Perlu Merawat Rambut, lho!

Sebagian besar wanita memang menganggap rambut adalah mahkota yang harus dijaga agar penampilannya semakin menarik. Sayangnya, itu sebenarnya nggak berlaku untuk pria. Padahal kesehatan rambut itu harus selalu dijaga baik bagi pria ataupun wanita.

Nah, Sob, apakah lo termasuk orang yang rajin merawat rambut atau tidak? Kalau tidak, sebaiknya lo ubah kebiasaan tersebut dan mulailah memperhatikan kesehatan rambut lo. Bagaimana pun, rambut juga bisa menjadi salah satu penilaian dari cewek terhadap diri lo sendiri, lho! Berikut tips merawat rambut untuk pria yang bisa lo lakukan.

Rutin Membersihkan Rambut

Sob, hal pertama yang paling mudah dan harus lo lakukan ketika merawat rambut adalah untuk rutin membersihkan rambut atau keramas. Dalam hal ini, ketika lo ingin keramas, pastikan untuk tidak terlalu sering mengganti-ganti jenis sampo yang digunakan. Sebaiknya, lo memilih jenis sampo yang sudah sesuai dengan jenis rambut lo. Mulai dari sampo untuk rambut kering, kusam, rontok, dan juga berketombe, kenalilah dengan baik jenis darn atau kebutuhan rambut lo masing-masing.

Mengatur Rambut agar Selalu Rapi

Keramas aja nggak cukup, sob! Kalau lo pengen punya rambut yang sehat dan juga menarik di mata lawa jenis, langkah merawat rambut selanjutnya adalah lo juga harus pintar-pintar mengatur atau menata rambut lo. Ada banyak cara yang bisa lo lakukan untuk mengatur rambut, mulai dari pemakaian minyak rambut, pomade, gel rambut, wax, dan juga lainnya. Meskipun penataan rambut seperti ini biasanya digunakan oleh orang zaman dulu, tenang saja! Kini trend tersebut kembali naik lagi, kok!

Bahkan saat ini sudah banyak produk penata rambut pria yang mudah ditemukan di pasaran. Salah satunya GATSBY Hair Styling, dari rangkaian hair styling ini lo bisa pilih mulai dari styling pomade, styling wax, treatment hair cream, dan masih banyak lagi. Dijamin deh, penataan rambut lo bakal jadi keren abis.

Menyisir Rambut secara Teratur

Menyisir rambut memang akrab dengan kegiatan yang cewek banget. Tapi perlu lo ketahui sob, secara teratur menyisir rambut bisa membantu menyuburkan rambut lo. Baru tahu, ya? Nah, ketika lo menyisir, pilihlah jenis sisir yang lembut dan lakukan penyisiran tersebut dengan cara yang lembut juga. Melakukannya secara lembut agar jaringan pembuluh darah bisa berfungsi dengan baik dan peredarannya pun merata.

Ketika peredaran darah secara merata, maka bisa merangsang akar rambut lo menjadi lebih kuat. Lo bisa menyisir setidaknya dua kali sehari setelah lo mandi, lo juga bisa membawa sisir kemana pun lo pergi agar lo lebih mudah menata rambut lo.

Segera Mengatasi Masalah Ketombe

Ketombe memang menjadi permasalahan umum yang sering terjadi di antara pria dan juga wanita. Oleh karena itu, ketika lo udah menemukan ciri-ciri adanya ketombe di rambut lo, disarankan agar lo segera mengatasinya sebagai salah satu langkah lo merawat rambut. Lebih baik lagi kalau lo mengatasinya sejak dini bahkan sebelum ketombe tersebut ada.

Cara perawatannya tidak ribet, kok! Lo Cuma butuh tonic anti-ketombe atau sampo anti ketombe yang bagus untuk menghilangkannya. Gunakan sampo tersebut dua kali sehari agar mencegah ketombe tersebut datang lagi.

Jangan Menggunakan Sampo 2 in 1

Maksud dari shampoo 2 in 1 adalah shampoo yang dicampur dengan kondisioner. Harganya memang lebih murah dan lebih praktis digunakan. Tapi, pada kenyataannya hal tersebut justru kurang baik untuk kesehatan rambut lo. Oleh karena itu lo harus menghindari jenis shampoo satu ini. Lebih baik lagi jika Anda hanya menggunakan shampoo dan tidak masalah jika tanpa adanya kondisioner.

Nah, Sob, itulah beberapa cara atau tips merawat rambut yang bisa lo lakukan. Bagaimana pun, perawatan rambut itu dibutuhkan oleh semua orang, tidak peduli lo pria atau wanita. Kalau lo menemukan permasalahan yang lebih serius, sebaiknya lo menghubungi dokter untuk mengatasinya.

 

Photo Credit: Lesley Bohm, Wikimedia Commons