ARTICLE
Ngaku Cinta Produk Dalam Negeri, Sudah Tonton Film Aksi Lokal Ini Belum?

Apa yang terlintas di benak lo ketika mendengar kata Hollywood? Apakah itu film aksi? Special effects? Atau aktor dan aktris yang kece?  Ya, semua itu memang bisa ditemukan di dalam Hollywood, tapi apakah hal tersebut membuat film Indonesia tidak ada yang memiliki kualitas serupa? Sob, saat ini sudah banyak lho karya film tanah air yang sudah memiliki kualitas yang setara dengan Hollywood. Nih, dalam rangka menyambut kemerdekaan, berikut daftar film aksi lokal yang bisa membuat lo makin cinta dengan produk dalam negeri.

Serigala Terakhir

Film yang dirilis tahun 2009 ini memiliki genre film aksi-drama yang menceritakan tentang konflik persahabatan antara beberapa anak muda di sebuah pinggiran Kota Jakarta. Dalam film ini, lo bakal disuguhkan dengan adegan perkelahian, kejar-kejaran, pembunuhan, dan sedikit bumbu percintaan di film ini. Film ini ditangani oleh sutradara berpengalaman Upi Avianto lengkap dengan bintang-bintang besar seperti Vino G. Bastian, Al Fathir Muchtar, Dallas Pratama, Dion Wiyoko, dan Zaneta Georgina.

Merah Putih

Nah, khusus buat lo yang suka males dan bosan belajar sejarah, mungkin film aksi ini bisa dijadikan sebagai solusinya. Secara keseluruhan, film Merah Putih merupakan film sejarah Bangsa Indonesia yang dibalut dengan suasana action. Berlatar belakang ketika Agresi Militer Belanda dan menyuguhkan perjuangan rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan. Dipastikan setelah lo nonton, film ini lo bakal makin cinta deh sama bangsa ini. Digarap oleh Yadi Sugandi sebagai sutradara dan dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, dan Zumi Zola.

Merantau

Masih termasuk ke dalam film produksi tahun 2009, disutradarai oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh aktor aksi Iko Uwais. Film ini merupakan awal karir Iko Uwais sebagai pemain film aksi. Film ini bercerita tentang Yuda yakni seorang pendekar silat Minangkabau yang memtuskan untuk merantau ke Kota Jakarta. Di film ini lo bakal disuguhkan dengan aksi silat dalam perkelahian Yuda untuk melawan orang jahat. Selain Iko Uwais, film besutan sutradara asal Wales ini juga dibintangi oleh Christine Hakim, Donny Alamsyah, Yayan Ruhian, Chika Jessica, dan lainnya.

The Raid Redemption

Berhasil dengan film Merantau, Iko Uwais kembali dipercaya untuk memainkan film aksi yang lagi-lagi disutradarai oleh Gareth Evans. The Raid merupakan film yang menceritakan sekelompok pasukan anti narkotika dengan menyerbu sebuah bangunan bertingkat dimana tempat para penjahat bersenjata bersembunyi. Sang pemilik gedung Tama (Ray Sahetapy) memerintah anak buahnya untuk menutup seluruh jalan keluar dan menjebak pasukan tersebut.

Selain dibintangi oleh Iko Uwais, film in juga dibintangi oleh Donny Alamsyah, Yayan Ruhian, Joe Taslim, dan bintang Indonesia berbakat lainnya. Film ini pertama kali dipublikasikan di Festival Film International Toronto pada tahun 2011 dan berhasil mendapatkan pujian dari para kritikus film dan penonton. Di Indonesia sendiri film ini baru rilis pada tahun 2012 dan sukses ditonton oleh 1,8 juta penonton. Mantap!

The Raid 2 Berandal

Tidak cepat puas karena kesuksesan sekuel pertama The Raid, Gareth Evans kembali menghadirkan film The Raid 2: Berandal. Dalam sekuel kedua ini, film The Raid 2 dirilis di Amerika, Indonesia, Inggris, Rusia, dan beberapa negara Eropa lainnya. Film aksi ini juga mampu menembus box office di negara tersebut.

Film The Raid 2 bercerita tentang beberapa jam terakhir di The Raid seri pertama. Rama (Iko Uwais) melakukan penyamaran untuk bisa masuk ke wilayah criminal di Jakarta. Dalam penyamarannya Rama berhasil menyusup dan membongkar tindak criminal dan korupsi di dunia kepolisian.

Headshot

Setelah mencuri perhatian di 24 festival film internasional, Film aksi Headshot akhirnya rilis di Indonesia pada bulan Desember 2016 lalu. Film yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel ini kembali dibintangi oleh aktor film laga Iko Uwais. Film ini bercerita tentang seorang lelaki tanpa nama yang ditemukan di pinggir pantai dan mengalami amnesia serta cedera di kepalanya. Dirawat oleh dokter cantik bernama Alin (Chelsea Islan) dan diberi nama dengan Ismail. Saat sedang dimasa pemulihan, ternyata keberadaannya diketahui oleh raja Narkotika, Lee.

Nah, Sob! Dari daftar film aksi Indonesia di atas sudah ada yang pernah lo tonton belum? Kalau belum, coba deh tonton!

 

Featured image credit: sidomi.com