ARTICLE
Momen Hari Kemerdekaan yang Bisa Lo Abadikan Lewat Ponsel

Bulan Agustus adalah bulan yang spesial bagi masyarakat Indonesia, terutama tanggal 17. Tanggal 17 Agustus 72 tahun lalu, bangsa Indonesia berhasil merebut kemerdekaan dari tangan penjajah yang menandakan berakhirnya era kolonialisme oleh penjajah bangsa Eropa. Menjelang momen kemerdekaan ini, hampir seluruh tempat di nusantara menggelar berbagai macam persiapan untuk menyambut hari tersebut. Di hari ini, bakal banyak momen berharga yang bisa lo abadikan lho, Sob. Berikut beberapa di antaranya.

Upacara Bendera

Bagi siswa sekolah dasar hingga menengah ke atas, biasanya akan diwajibkan untuk menghadiri upacara bendera guna memperingati hari kemerdekaan. Upacara bendera nggak memakan waktu lama karena biasanya hanya akan berlangsung selama 30 menit. Nah, aktivitas ini adalah aktivitas esensial di setiap hari kemerdekaan. Lo datang saja ke sekolah-sekolah dan rekam atau abadikan aktivitas yang satu ini. Lihat betapa khidmatnya para siswa-siswa mengikuti upacara bendera tersebut. Kalau lo ingin yang lebih wah, ada upacara kemerdekaan yang dilaksanakan di istana negara. Di sini upacara bakal berlangsung lebih lama.

Panjat Pinang

Apa di kampung tempat lo tinggal masih mengadakan lomba yang satu ini? Panjat pinang adalah lomba yang seru dan rutin dilakukan di hampir seluruh tempat di Indonesia. Hadiah yang ditawarkan memang nggak seberapa, tapi yang menarik di sini adalah nilai kerja sama dan kebersamaannya. Kalau lo berkesempatan melihat lomba panjat pinang secara langsung, lo bakal bisa merasakan teriakan dan sorak sorai penonton yang ikut heboh melihat para jagoan mereka memanjat pinang untuk mengambil hadiah di atas.

Doa Bersama

Biasanya, di malam hari tanggal 16 Agustus, beberapa kampung ada yang menggelar acara tasyakuran untuk memperingati hari kemerdekaan. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh warga kampung lalu diisi dengan acara sambutan, pembagian hadiah lomba, dan doa bersama. Acara ini dilakukan secara khidmat tapi meriah. Di sini lo bakal bisa merasakan suasana kekeluargaan dengan warga lainnya. Jadilah sukarelawan untuk mengisi posisi panitia publikasi dan dokumentasi.

Lomba Menghias Kampung

Nggak lengkap rasanya kalau kampung tempat lo tinggal nggak menghias jalanan dengan warna-warni. Biasanya, selain memasang bendera merah putih, jalanan dan polisi tidur juga akan dicat dengan warna-warni di pinggirannya. Jalanan paving pun akan semakin cerah. Nggak hanya itu, biasanya di setiap gapura atau depan rumah juga akan dipasang umbul-umbul yang terbuat dari kertas warna atau kain yang dilengkapi dengan lampu. Di malam hari, jalanan pun jadi semakin terang. Pemandangan ini bisa lo abadikan buat memeriahkan medsos lo.

Karnaval

Karnaval adalah acara rutin yang digelar mulai dari tingkat rukun tetangga hingga kotamadya. Untuk dokumentasi yang lebih meriah, sebaiknya lo menghadiri acara karvanal yang diadakan oleh pemerintah kota. Pawai ini sangat ramai dan dihadiri oleh ratusan orang. Kostum yang digunakan juga sangat menarik dan unik, jadi sayang banget kalau lo lewatkan. Lo juga bisa mengabadikan momen karnaval di kampung lo.

Jangan ngaku warga negara yang nasionalis kalau lo belum pernah mengabadikan momen berharga di hari kemerdekaan. Selain itu, karena kemeriahan di hari kemerdekaan nggak berlangsung setiap hari, jadi bakal amat sangat sayang kalau lo lewatkan begitu saja. Jadi tunggu apa lagi, segera ambil kamera favorit lo dan abadikan momen tersebut, lalu upload di media sosial untuk menyebarkan ke semua orang kemeriahan HUT RI yang ada di tempat lo.

 

Featured image credit: kaboompics (pixabay.com)