ARTICLE
Mendalami Fotografi Tidak Harus punya DSLR, Berikut Tipsnya

Sob, mendalami fotografi ternyata nggak mengharuskan lo untuk punya kamera DSLR terlebih dulu. Fotografi bukanlah hobi yang mahal untuk digeluti. Bahkan, hanya dengan bermodalkan kamera smartphone lo juga bisa mempelajari banyak teknik foto layaknya yang dipelajari oleh fotografer-fotografer ternama. Nah, berikut ini tips dan trik mendalami fotografi tanpa DSLR yang bisa bikin lo makin handal!

Baca Petunjuk Penggunaan Kamera

Apapun jenis kamera yang lo pakai, pasti dilengkapi buku petunjuk saat pembelian. Nggak terkecuali kamera smartphone. Sebelum memulai pemotretan ada baiknya kalau lo mengenal lebih dekat kamera yang dipakai. Hal ini bertujuan agar lo benar-benar memahami fitur apa saja yang tersedia serta cara mengoperasikan perangkat kamera tersebut. Setiap kamera memiliki perbedaan, sehingga dengan membaca lo bakal memahami hal-hal menarik yang terdapat pada kamera tersebut.

Perhatikan Pencahayaan

Teknik fotografi yang terbilang cukup mudah untuk dipelajari oleh pemula berasal dari faktor pencahayaan objek. Kalau mau memotret, usahakan agar cahaya yang menerangi objek foto mencukupi. Nggak heran kalau hasil foto outdoor cenderung lebih bagus jika dibandingkan dengan hasil pemotretan indoor. Jika tersedia, lo bisa menggunakan flash saat memotret di dalam ruangan. Jangan lupa, jarak efektif flash terhadap objek adalah sekitar 2-3 meter.

Ambil Gambar dari Jarak Dekat

Mendalami fotografi harus dimulai dari teknik yang paling dasar. Lo bisa memulainya dengan berlatih mengambil gambar dari jarak dekat. Pasalnya, semakin dekat jarak lo dengan subjek, maka semakin jelas juga ekspresi wajah yang bisa lo bidik. Selain itu, cara ini juga bisa bikin lo belajar untuk mengambil gambar subjek dengan lebih fokus. Nggak perlu pakai DSLR, kamera pocket biasa juga bisa lo pakai berlatih, Sob!

Pastikan Lensa Selalu Bersih

Semahal apapun kamera yang lo pakai, sebagus apapun subjek foto, dan sebanyak apapun ilmu fotografi yang sudah lo pelajari bakal percuma kalau lensa berada dalam keadaan kotor atau berdebu. Lensa yang kotor bakal menghasilkan gambar yang buram karena banyaknya kotoran yang menempel. Untuk itu, setidaknya satu minggu sekali bersihkan lensa kamera dengan menggunakan kain lembut, nggak perlu cairan apapun.

Cari Sudut Pandang yang Unik

Dalam dunia fotografi terdapat istilah angle atau yang biasa disebut juga sudut pandang oleh fotografer pemula. Saat memotret subjek foto, sebaiknya cari sudut pandang unik yang nggak banyak diambil oleh fotografe lainnya. Misalnya, lo bisa memotret dari sudut yang lebih rendah, untuk menghasilkan gambar dengan angle yang berbeda. Dari sudut pandang ini lo juga bisa menemukan ciri khas dari hasil jepretan lo sendiri.

Banyak Melihat Referensi

Mendalami fotografi bakal semakin mudah kalau lo nggak malas untuk banyak melihat referensi gambar-gambar hasil jepretan fotografer dunia. Memiliki peralatan kamera yang mahal, nggak menjamin lo akan mendapatkan hasil foto yang baik. Mempelajari karya orang lain berarti lo juga belajar untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi, kan?

Selalu Bawa Kamera

Nggak perlu malu atau gengsi kalau lo belum mampu membeli DSLR, sambil menunggu tabungan lo cukup untuk membeli kamera impian itu lo juga bisa membawa kamera saku atau sekadar kamera smartphone kapan saja dan dimana saja. Pasalnya, lo nggak pernah tahu bakal menemukan hal-hal unik dan menarik apa yang bisa diabadikan dalam kamera.

Masih ragu mau jadi fotografer cuma karena nggak punya DSLR?

Photo Credit: Pxhere