ARTICLE
Membagi Waktu Antara Bisnis Sampingan dan Bekerja

Mencari sumber penghasilan tambahan bagi seorang karyawan adalah hal yang wajar. Tapi, untuk mengerjakan dua hal tersebut secara bersamaan lo harus bisa memberikan porsi yang sesuai dalam membagi waktu dan fokus kerja. Sebaliknya, kalau lo nggak bisa menyeimbangkan keduanya dengan baik kemungkinan paling buruk yang bisa terjadi adalah pekerjaan utama maupun sampingan bakal gagal di tengah jalan. Yuk perhatikan cara membagi waktu yang tepat antara bisnis sampingan dan pekerjaan utama!

Melatih Kedisiplinan Diri Sendiri

Sob, hal pertama yang harus lo perhatikan dalam membagi waktu antara bisnis dan bekerja adalah dengan melatih kedisiplinan diri sendiri. Selalu pertahankan kinerja dan kredibilitas lo, baik dengan atasan, kolega, maupun konsumen. Dengan melatih kedisiplinan mental lo bakal lebih siap untuk menghadapi tantangan di kedua pekerjaan tersebut sekaligus mempersiapkan diri untuk membagi waktu dengan lebih baik.

Buat Daftar Prioritas

Agar bisnis sampingan dan pekerjaan nggak terbengkalai, lo bisa buat daftar prioritas tentang hal-hal yang bersifat urgent dan harus diselesaikan lebih dulu. Dalam sehari lo cuma punya waktu 24 jam, sehingga penting untuk membagi alokasi waktu untuk masing-masing keperluan tersebut. Sebagai langkah permulaan, lo bisa mencoba alokasi waktu sekitar 30% untuk bisnis sampingan tersebut setiap harinya.

Tulis Jadwal Harian

Setelah menentukan apa yang harus menjadi prioritas untuk diselesaikan, lanjutkan dengan menulis jadwal harian yang bakal lo jalankan. Jadwal harian ini tentunya nggak bersifat kaku dan mengikat, sewaktu-waktu lo bisa membuat revisi sesuai dengan kebutuhan. Pastikan lo menyisihkan waktu untuk makan dan istirahat biar nggak jatuh sakit karena kelelahan bekerja. Adanya jadwal harian ini dijamin nggak bakal bikin lo kelabakan mengurusi bisnis sampingan meski harus sambil bekerja.

Selalu Fokus

Dalam membagi waktu antara bisnis sampingan dan bekerja pastikan kalau lo selalu fokus, baik terhadap pemanfaatan waktu maupun sumber daya yang ada. Misalnya, fokus terhadap jenis produk dan sasaran pasar yang akan dituju oleh bisnis sampingan Anda. Sebaiknya gunakan alat bantu promosi yang mudah diaplikasikan dan efektif, seperti pemanfaatan media sosial maupun Google Ads. Selama lo fokus, semua bakal berjalan sesuai yang direncanakan, Sob!

Jangan Menunda Pekerjaan!

Memiliki dua pekerjaan sekaligus bakal bikin lo merasa bosan dan mudah lelah di titik tertentu. Pastikan lo nggak menunda satu pun pekerjaan yang ada, sebab semakin ditunda maka pekerjaan bakal semakin menumpuk. Boleh saja beristirahat, tapi jangan kebablasan. Dengan menunda waktu kerja demi refreshing inilah yang kemudian menjadi pemicu pekerjaan lo nggak bisa diselesaikan tepat pada waktu yang seharusnya.

Multitasking

Apabila bisnis sampingan dan pekerjaan lo di kantor memiliki kesamaan, cobalah untuk mengelompokkan beberapa tugas kecil yang sejenis untuk dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Membiasakan diri untuk bersikap multitasking bakal bikin lo dengan mudah menyelesaikan tanggung jawab. Jangan ragu untuk mengecek ulang pekerjaan tadi, sebab pekerjaan yang dikerjakan secara bersamaan memiliki kemungkinan terjadinya kekeliruan.

Itulah tadi hal-hal yang perlu lo perhatikan agar bisa membagi waktu antara bisnis sampingan dan bekerja di kantor. Kalau lo berhasil menjalankan keduanya dengan seimbang, sudah dipastikan lo bakal dapat penghasilan yang cukup besar setiap bulannya. Sebagai karyawan yang memiliki bisnis sampingan lo juga berpeluang mendirikan perusahaan sendiri suatu saat nanti. Berani coba?

Photo Credit: Pixabay