ARTICLE
Mau Liburan Bareng Sobat Lo? Jangan Lakuin Hal Ini, Ya!

Setelah sebulan lamanya bekerja, otak pun terasa penat dan stres. Biar bisa bekerja dan berpikir dengan jernih, lo perlu melakukan yang namanya liburan. Ya, liburan! Liburan dengan mengunjungi tempat-tempat baru bisa menyegarkan kembali pikiran lo yang lagi kalut. Apalagi kalau lo liburan bareng sobat-sobat lo, pasti bakal lebih seru dan menyenangkan. Nah, perlu lo perhatikan juga nih Sob, kalau lo berlibur bareng teman, ada hal-hal yang sebaiknya nggak lo lakukan karena bisa merusak momen liburan tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

Mengunjungi Area Terlarang

Rasa penasaran terkadang membuat kita nggak peduli dengan aturan. Nggak jarang para wisatawan yang nekat memasuki area terlarang karena penasaran ingin mendapatkan background bagus buat foto selfie mereka atau sekadar melihat-lihat. Padahal nih, Sob, pihak pengelola tempat wisata tentunya bukan tanpa alasan memasang larangan tersebut. Bisa jadi karena area tersebut berbahaya sehingga luput dari pengawasan penjaga dan nggak boleh ada orang yang masuk. Kalau lo menemui larangan seperti ini, sebaiknya lo mundur.

Memaksakan Destinasi

Sering kali ketika berlibur ramai-ramai, harus ada pengorbanan destinasi tujuan karena kita nggak bisa memaksakan ke mana rombongan akan pergi sesuai dengan kemauan kita. Jangan jadi anak kecil dengan ngambek atau nekat pergi sendiri ke tempat yang lo suka dengan meninggalkan rombongan sobat lo. Melakukan hal ini justru membuat lo terlihat kurang dewasa dan nggak bisa mengendalikan diri.

Membuang Sampah Sembarangan

Ini adalah masalah yang umum dihadapi oleh para pengelola pihak tempat wisata. Ingat, Sob, apa yang lo lakukan mencerminkan karakter lo. Kalau lo suka membuang sampah sembarangan ketika berada di tempat wisata, itu artinya lo menunjukkan kalau lo bukan orang yang cinta lingkungan dan minim kesadaran diri. Percuma dong kalau ganteng tapi nggak peduli lingkungan?

Boros

Ini juga penting. Traveling memang bertujuan buat liburan dan bersenang-senang, tapi bukan berarti lo bisa menghambur-hamburkan uang sesuka hati. Ketika berlibur, lo harus pandai mengatur keuangan agar nggak sampai kehabisan uang sebelum waktunya. Apalagi kalau lo nggak bawa kartu kredit. Mungkin lo berpikir untuk meminjam uang dari sobat lo. Mending hindari hal ini karena mereka juga butuh uang, mereka sama-sama ingin menikmati liburan seperti lo. Jadi, pandai-pandai mengendalikan diri ya, Sob!

Kurang Pandai Membawa Diri

Pernah dengar peribahasa “di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung”? Peribahasa ini harus lo ingat saat berkunjung ke mana pun. Budaya yang dimiliki oleh masyarakat di satu tempat nggak sama dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, lo harus bisa membawa diri dengan menjaga sopan santun dan menghargai adat istiadat penduduk setempat ketika lo berkunjung ke tempat baru.

Nggak Siap Sedia Perlengkapan yang Diperlukan

Meskipun mereka sobat karib lo, bukan berarti lo bisa menggantungkan semuanya ke mereka dong, Sob! Contoh simpelnya, misalkan lo nggak mau bawa perlengkapan mandi sehingga lo berniat meminjamnya dari Sobat lo. Mungkin menurut lo ini baik-baik saja, tapi siapa tahu ternyata sobat lo merasa terganggu akan hal itu. Biar nggak terjadi kesalahpahaman seperti itu, mending lo bawa sendiri semuanya dari rumah, seperti GATSBY Body Wash, GATSBY Cool Shock Deodorant, serta GATSBY Face Wash.

Ternyata liburan juga ada tata kramanya lho, Sob! Lo boleh bersenang-senang, tapi juga jangan lupa memperhatikan kondisi di sekitar lo. Seperti menjaga kebersihan, nggak bersikap memalukan, atau bertindak egois seperti anak kecil. Ingat, liburan yang lo lakukan bertujuan buat mengurangi stres, bukan menambah masalah baru. Jadi, perhatikan hal-hal di atas ya, Sob! Oh ya Sob, biar wajah lo tetap segar saat selfie, pastikan lo membawa GATSBY Facial Paper, ya. Selamat berlibur!

 

Photo credit: Anamoul Rouf (pexels.com)