ARTICLE
Mau Jadi Fotografer Profesional? Praktikkan 5 Tips Dasar Ini

Fotografi adalah salah satu hobi yang hits saat ini. Bukan hanya sekedar hobi, jika ditekuni dengan baik maka akan jadi sebuah profesi lho. Penghasilan fotografer profesional pun bisa dibilang menjanjikan. Maka dari itu, untuk menjadi seorang fotografer profesional berikut beberapa hal dasar yang bisa lo praktikkan.

Pahami dan Pelajari Software Photo Editor

Photo credit: pxhere.com

Di era digital seperti sekarang, ada banyak aplikasi photo editor yang bisa lo pelajari.  Salah satu yang paling sering digunakan dan menjadi favorit adalah Adobe Photoshop. Selain Adobe Photohsop, masih banyak lagi aplikasi lain yang layak kamu pelajari dan install. Seperti PaintShop Pro, Firealpaca, Lightroom dan sebagainya.

Memahami aplikasi photo editor sangat penting bagi seorang fotografer profesional. Hal ini diperlukan untuk menghasilkan foto dengan hasil terbaik. Menjadi fotografer profesional tidak hanya piawai dalam menentukan angle dan teknik pengambilan gambar, tapi juga piawai dalam menggunakan aplikasi ini.

Hindari Sering Menggunakan Lampu Flash

Bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang baru mengerti fotografi lebih sering menggunakan lampu flash. Mereka beranggapan menggunakan lampu flash akan menghasilkan foto terbaik. Padahal salah satu dasar penting teknik fotografi adalah sebisa mungkin menghindari penggunaan lampu flash ini.

Karena itulah lo perlu mencari lokasi yang memiliki banyak cahaya atau sumber cahaya di sekitarnya. Kalau masih gelap, lo bisa mengatur apperture, shutter, dan ISO pada kamera. Jadi, gunakan lampu flash seperlunya saja.

Selalu Perhatikan Kondisi Kamera

Photo credit: wikimedia.org

Tak hanya teknik fotografi saja, kondisi kamera juga penting lo perhatikan. Membersihkan sensor dan lensa kamera semisalnya. Jika terdapat debu di sensor atau lensa, maka otomatis mempengaruhi hasil jepretan. Saat membersihkan sensor dan lensa ini, sebaiknya gunakan alat khusus yang dijual di toko perlengkapan fotografi.

Selanjutnya yang perlu lo perhatikan adalah tali kamera. Tali kamera bawaan pabrikan menurut para fotografer profesional tidaklah nyaman. Apalagi kalau lo pakai lensa besar dan berat. Maka dari itu lo perlu memiliki tali kamera yang senyaman mungkin untuk digunakan saat mengambil gambar.

Mulailah Bereksperimen

Hal yang paling penting untuk menjadi seorang fotografer profesional adalah terus melatih kemampuan dan bereksperimen. Terapkan teknik-teknik fotografi yang sudah lo pelajari saat membidik objek. Lalu lanjutkan dengan post-processing. Post-processing ini adalah pengolahan setelah foto diambil. Saat melakukan proses ini tentu lo membutuhkan software untuk mengedit hasil foto.

Sebaiknya gambar pada foto mengunakan format RAW. Karena format ini mudah untuk mengatur gambar, seperti tingkat kecerahan, ketajaman gambar dan sebagainya. Format inilah yang banyak digunakan oleh fotografer profesional.

Jangan Ragu untuk Belajar Pada Ahlinya

Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman lo perlu belajar pada ahlinya. Ada banyak cara yang bisa lo lakukan, seperti mengikuti kursus fotografi, belajar bareng teman yang punya hobi fotografi dan desain. Atau bergabung dengan komunitas fotografi baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Jangan ragu pula untuk menunjukkan foto hasil jepretan lo atau foto yang sudah lo edit. Mintalah masukan kepada para ahli ini. Dari merekalah lo bisa mengetahui sampai mana kemampuan fotografi yang dimiliki.

Mudah kan tips dasar buat jadi fotografer profesional? Namun kunci terpentingnya adalah lo perlu sering berlatih. Prinsip practice makes perfect’ adalah prinsip yang harus dipegang teguh dalam dunia fotografi. Sudah siap buat jadi fotografer profesional?

 

Photo credit: pxhere.com