ARTICLE
Lagu-Lagu Bertema Pahlawan untuk Diputar di Hari Kemerdekaan

Meskipun kini kita sudah nggak hidup di zaman penjajahan, tapi bukan berarti lo harus kehilangan semangat para pahlawan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para penerus bangsa selain mendoakan ataupun mengikuti upacara bendera. Besar di negara yang sarat dengan seni dan budaya, Indonesia memiliki ragam cara untuk menghargai perjuangan para pahlawan salah satunya melalui lagu.

Sebagai anak muda, rasanya nggak adil kalau lo Cuma mau mendengarkan lagu-lagu yang sedang hitz saja, berhubung masih dalam suasana kemerdekaan berikut daftar lagu yang bertema pahlawan untuk diputar di Hari Kemerdekaan.

Bangunlah Putra-Putri Pertiwi (1981)

Lagu pertama yang bertemakan pahlawan bisa lo putar di hari kemerdekaan adalah lagu milik Iwan Fals yang berjudul Putra-Putri Pertiwi. Lagu ini menceritakan sebuah pernyataan tentang masa depan bangsa yang ada di pundak rakyatnya sendiri. Dari lagu ini lo bisa tahu kalau kita (generasi muda) yang menjadi pahlawan bagi negeri ini. Lagu ini meledak di pasaran, liriknya yang fenomenal, menohok, dan mampu banget untuk menganjak lo bangkit.

Ebiet G. Ade, Seraut Wajah (1990)

Terkenal dengan lirik lagu yang menyentuh dan alunan musik yang mendayu-dayu, dalam lagu ini Ebiet menyisipkan nilai kepahlawanan yang cukup kuat. Liriknya pun menjelaskan tentang para pejuang yang ingin bersedia untuk bersumpah mempertahankan setiap jengkal tanah Indonesia. Hal yang lebih luar biasa dari lagu Seraut Wajah ini sudah sering diputar dalam acara-acara yang melibatkan tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kantata Takwa, Sang Petualang (1990)

Diambil dalam album dengan judul yang sama, grup yang berisi seniman hebat tanah air seperti Iwan Fals, Setiawan Djodi, W.S. Rendra, dan Sawung Jabo membuat lagu fenomenal ini. Menuai kritik sosial dan juga gambaran mengenai kondisi keterpurukan masyarakat, lagu Sang Petualang menyiratkan sifat-sifat kepahlawanan. Dibuat oleh seniman kelas atas Indonesia, lirik yang dibuat sangatlah puitis, seperti ‘Sebesar camar engkau berteriak/ setabah nelayan menembus badai/seikhlas karang menunggu ombak/ seperti lautan engkau bersikap’.

Endah N Rhesa, Thousand Candles Lighted (2006)

Terinspirasi dari catatan pinggir Goenawan Mohamad selepas wafatnya pejuang HAM Munir. Dari lagu ini jelas tergambar sosok seorang pahlawan, judul lagu ini juga diambil dari aksi candle light vigil dalam rangka mengenang Munir yang dilakukan di Bunderan HI, Jakarta. Lirik berbahasa Inggris yang dilantunkan duo ini tak begitu eksplisit tentang pahlawan, namun pesannya sangat jelas. Khususnya pada bagian ‘Only with strength and hope we bring a better tomorrow.’

Besok Bubar, Pahlawan Bertopeng (2010)

Lagu satu ini cukup menebar kritik pedas terhadap fenomena terorisme. Dalam liriknya yang berbunyi, “Mereka berpikir, mereka yang paling benar/iblis bermuka dua, bicara tentang surga.” Menggunakan irama punk rock/grunge/metal, lagu keras ini jelas menunjukkan pada pelaku bom bunuh diri dalam beberapa insiden yang terjadi di Indonesia. ‘Mereka pembunuh, mereka bukan pahlawan.’

Ismail MZ, Pahlawan Merdeka

Lagu ciptaan Ismail MZ ini bercerita mengenai tentang pahlawan-pahlawan kemerdekaan yang telah gugur di medan perang. Dari liriknya lo bisa melihat jelas bagaimana gugurnya pahlawan, yang berbunyi “Pahlawan merdeka yang gugur sebagai bunga jatuh mewangi di atas pengakuan Ibunda Walaupun kamu telah gugur menjual nyawa namamu tercatat jatuh sebagai satria.”

Nah, itulah beberapa judul lagu bertema pahlawan yang bisa lo putar ketika Hari Kemerdekaan.

 

Featured image credit: Wikimedia.or