Kuliah sambil kerja, memang bisa dilakukan bersamaan? Pertanyaan inilah yang sering muncul di benak kita. Kuliah sambil kerja tidak ada salahnya, justru ini positif untuk melatih hidup mandiri dan memberi penghasilan tambahan. Namun, nggak sedikit juga yang keteteran karena tak bisa membagi waktu. Karena itulah, lo perlu simak cara mengatur waktu kuliah sambil kerja berikut ini.
Buatlah Skala Prioritas
Photo credit: flickr.com
Langkah pertama yang perlu lo lakukan adalah membuat skala prioritas. Kunci inilah yang diterapkan oleh orang-orang sukses. Mereka membuat sebuah perencanaan bagaimana memanfaatkan waktu dan realistis dalam menghadapi situasi yang ada. Terutama dalam melakukan pekerjaan ganda.
Paling penting adalah lo mampu memprioritaskan tugas kuliah atau tempat di mana lo bekerja. Selain itu lo perlu fokus dalam menjalankan keduanya. Salah satu caranya adalah dengan membuat planning dan menerima ajakan yang itu benar-benar penting buat lo.
Baca Juga : 5 Tanda Kalau Lo Cocok dengan Pekerjaan Content Creator
Istirahat yang Cukup
Bekerja dan kuliah akan membuat energi dalam tubuh lo terkuras. Saat tubuh mulai lelah inilah lo perlu istirahat. Manfaatkan waktu senggang yang ada untuk merilekskan badan, seperti tidur-tiduran atau istrihat sejenak agar energi tubuh kembali segar.
Mungkin lo sering minum kopi agar kuat saat mengerjakan tugas kuliah dan kerja bersamaan. Memang ini akan membantu tapi akan membuat lo susah tidur. Kurang tidur akan membuat pekerjaan jadi sulit. Bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti stres.
Kerjakan Tugas Kuliah di Tempat yang Nyaman
Berbeda dengan teman yang tidak bekerja, konsentrasimu mungkin akan terpecah saat mengerjakan tugas kuliah. Solusinya, lo perlu tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas tersebut. Seperti di kamar, perpustakaan, dan tempat nyaman lain dan bisa membuat lo makin konsentrasi.
Agar makin maksimal, sebaiknya matikan dulu gadget untuk sementara waktu hingga pekerjaan selesai. Fokuskan pikiran dan tenaga untuk mengerjakan tugas itu. Semakin berkonsentrasi akan makin cepat selesai pula tugas yang ada.
Jangan Menunda Pekerjaan
Photo credit: flickr.com
Lo pasti pernah dapat tugas banyak dan itu cukup sulit. Makin lengkap lagi dengan deadline yang cukup singkat. Kalau lo berada di situasi seperti ini dan konsentrasi terpecah antara kuliah dan kerja, sebaiknya cicil dulu tugas tersebut. Ingat, waktu yang lo miliki nggak banyak karena terbagi dengan pekerjaan.
Mencicil tugas secara bertahap bisa menghemat energi dan lo nggak keteteran lagi di saat-saat akhir deadline. Lo pun masih punya waktu buat mengoreksi dan mengevaluasi tugas. Time is money, itu adalah kuncinya.
Lo Juga Perlu Liburan
Meski lo disibukkan dengan urusan kuliah dan pekerjaan selama hari-hari kerja, lo punya hak untuk hidup bahagia. Saat weekend tiba, lupakan semua urusan tentang pekerjaan dan kuliah lo. Luangkanlah waktu untuk berlibur sejenak meski dengan kegiatan ringan yang lo suka.
Cara ini digunakan untuk me-refresh energi dan pikiran yang selama ini terkuras oleh rutinitas sehari-hari. Dengan begitu lo bakalan dapat energi dan semangat baru di awal pekan berikutnya. Jadi, jangan lupa bahagia ya!
Itu dia beberapa tips yang perlu lo terapkan ketika lo kuliah sambil bekerja. Selamat mencoba!
Photo credit: pixabay.com