ARTICLE
Kenapa di Bulan Puasa Ini Lo Bisa Sekalian membersihkan Jerawat?

Photo credit: flickr.com

Banyak yang mengatakan ketika lo berpuasa, kulit wajah bakal gampang berjerawat atau bahkan tampak keriput dan kusam. Alasan tersebut muncul karena ketika puasa, asupan mineral sangat sedikit. Ternyata nih, Sob, saat lo berpuasa kulit tubuh maupun di bagian wajah nggak akan keriput ataupun kusam. Bahkan sebaliknya, ketika lo belum berjerawat, pada saat puasa masalah kulit lo tersebut akan hilang secara perlahan-lahan. Kok bisa?

Puasa bisa jadi detoks alami

Detoks adalah proses mengeluarkan toksin/racun pada tubuh melalui urin, pernapasan, tinja, dan keringat dengan menggunakan empat organ utama yaitu hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit. Biasanya detoks ini dilakukan dengan cara berolahraga atau mengonsumsi sayuran dan buah dengan cara dijus. Nah, cara lain untuk melakukan detoks adalah dengan berpuasa.

Ketika lo berpuasa, organ-organ penting seperti yang disebutkan di atas akan bekerja secara maksimal. Ini dikarenakan saluran pencernaan nggak akan bekerja secara keras akibat nggak ada makanan yang masuk. Dengan begitu, pekerjaan organ tubuh yang lain bisa lebih maksimal jika dibandingkan saat lo nggak berpuasa.

Begitu juga dengan kulit, Sob. Kulit kusam ataupun keriput ini bukan karena faktor internal, tetapi juga faktor eksternal seperti cuaca atau pengaruh lingkungan lain. Pada saat puasa, kulit lo akan mengalami regenerasi yang cukup bagus dan akan mengganti sel-sel kulit mati.

Jerawat muncul karena makanan dan juga hormon

Jerawat memang muncul karena hormon yang dipicu ketika lo mengonsumsi makanan yang berlemak atau mengandung minyak. Nah ketika puasa, walaupun regenerasi kulit lo berlangsung lebih cepat daripada biasanya, bukan berarti lo bisa makan gorengan atau makanan berlemak tanpa kontrol.

Justru ketika puasa ini lo harus bisa lebih mengontrol makanan yang lo konsumsi agar jerawat nggak muncul lagi. Karena percuma dong Sob, ketika saat puasa jerawat lo bakal berkurang, tetapi setelah bulan puasa, jerawat lo bakal datang kembali.

Jadi Sob, mulai sekarang jangan malu ketika puasa lo mengeluarkan keringat lebih banyak, sering kencing, atau bahkan bau mulut. Hal tersebut terjadi karena semua organ tubuh lo akan menggelamai regenerasi, jadi hal tersebut bakal terus menerus terjadi pada saat tiga minggu setelah puasa.