ARTICLE
Jangan Salah, Ternyata Deodoran Juga Ada Tipenya Lho

Salah satu alat yang bisa cegah kamu dari bau badan ini ternyata nggak boleh dipilih sembarangan, lho! Deodoran memiliki tipe yang sebaiknya kamu sesuaikan dengan kondisi tubuh dan kegiatan sehari-hari kamu. Apa aja tipe deodoran ini dan mana yang cocok untuk kamu? Baca penjelasannya di sini, Sob!

Deodoran Aerosol Spray

Deodoran jenis ini sudah ada sejak lama, tepatnya sejak tahun 1965. Karena bentuknya yang praktis dan umumnya nggak meninggalkan bekas, deodoran ini menjadi pilihan banyak orang. Sayangnya, spray ini harganya jauh lebih mahal daripada tipe yang lain. Jadi sebaiknya kamu memilih deodoran tipe ini ketika memang ada uang lebih.

Deodoran Roll-On

Jenis deodoran ini bisa dikatakan cukup murah dan merupakan salah satu yang pertama dikenal di Indonesia. Karena harga dan kegunaannya, deodoran ini cukup populer di kalangan banyak orang. Sayangnya, beberapa deodoran roll-on memiliki struktur yang lengket sehingga beberapa orang merasakan ketiak yang basah selama beberapa waktu setelah menggunakannya. Karena itu, banyak yang menyarankan untuk tidak menggunakan baju dulu beberapa saat setelah mengaplikasikan deodoran roll-on.  Umumnya, roll-on memiliki daya tahan yang cukup lama. Sekitar 48 jam.

Deodoran Batangan

Yang satu ini juga merupakan pilihan yang lebih murah dari spray, namun lebih mahal dari roll-on. Deodoran jenis ini memiliki konsentrasi bahan yang paling tinggi dan umumnya paling ampuh untuk mengatasi ketiak yang kerap berkeringat. Namun, rasa lengket di ketiak biasanya hilang lebih lama daripada roll-on.

Antiperspirant atau Tidak?

Beberapa deodoran memberikan kata antiperspirant di kemasannya, beberapa ada yang tidak. Sebenarnya apa perbedaannya? Antiperspirant adalah jenis deodoran yang cocok untuk digunakan oleh kamu yang memiliki keringat sangat berlebih. Sehingga, sebenarnya tidak cocok digunakan oleh kamu yang jarang berkeringat. Pasalnya, antiperspirant memiliki sifat untuk mengeringkan ketiak. Ketika ketiak kamu sudah kering dan diberi deodoran jenis ini bisa jadi ketiak kamu malah jadi terlalu kering dan permukaan kulitnya bisa rusak.

Mengapa Ada Deodoran yang Tidak Diberi Kata Deodoran?

Mungkin kamu pernah melihat ada deodoran yang tidak diberi kata deodoran di bungkusnya. Padahal, bentuknya sama dengan deodoran lainnya. Mungkin ini adalah antiperspirant saja, tidak dicampur dengan deodoran.

Sejatinya, deodoran dan antiperspirant adalah hal yang berbeda. Deodoran digunakan untuk membuat ketiak berbau harum sedangkan antiperspirant adalah kandungan yang mencegah ketiak untuk berkeringat. Karena itu, deodoran yang tidak memiliki kata deodoran di bungkusnya adalah deodoran yang tidak berbau. Alias hanya antiperspirant saja.

Jangan asal pilih deodoran karena bisa membuat kulit kamu kering dan justru merusak lapisannya. Bila ada uang lebih, memang memilih yang tipe spray lebih baik tetapi nggak ada salahnya untuk mencoba yang lebih murah untuk menghemat.

Photo Credit: Pixabay