ARTICLE
Jangan Panik, Ini Beberapa Cara yang Bisa Lo Lakukan Ketika Terjadi Gempa

Gempa Lombok mengakibatkan ratusan rumah hancur dan ribuan orang lebih mengungsi. Bahkan nih, sampai akhir Agustus kemarin Lombok masih diguncang gempa beberapa kali walaupun dengan skala yang lebih kecil. Berada di jalur ring of fire karena pertemuan beberapa lempeng, Indonesia bisa dibilang menjadi negara yang rawan bencana.

Oleh karena itu, di sini bakal menjelaskan apa saja sih yang harus lo lakukan ketika terjadi gempa. Dengan mengerti apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi gempa, lo nggak bakal terlalu panik. Apa saja hal tersebut?

Apa yang harus lo lakukan ketika berada di dalam gedung saat gempa?

Jika lo berada di dalam gedung saat terjadi gempa, lo bisa berlindung di bawah perabotan rumah atau gedung. Misalnya ada meja yang stabil, lo bisa berlindung di bawahnya. Jika nggak ada meja, lo bisa berlindung dengan melindungi wajah dan kepala. Kemudian hal terpenting lainnya adalah ketika gempa terjadi, hindari berlindung di dekat lemari, benda yang terbuat dari kaca, pintu, ataupun di bawah lampu gantung.

Saat terjadi gempa, lo bisa diam atau tetap di dalam bangunan. Ini dikarenakan saat terjadi gempa, benda yang berada di dalam gedung bisa jatuh dan mengenai tubuh lo. Jadi, pastikan lo tetap berada di dalam gedung sampai gempa selesai. Kemudian setelah gempa selesai, jangan menggunakan lift dan listrik, ya. Ketika berada di luar gedung, segera cari tanah lapang.

Apa yang harus lo lakukan ketika berada di luar gedung saat gempa?

Selanjutnya apa yang harus lo lakukan ketika berada di luar gedung saat gempa? Hal yang bisa lo lakukan ketika berada di luar gedung ini lebih sederhana daripada di dalam gedung. Pertama, lo tidak perlu panik dan segera cari tanah lapang. Jangan berlari ke dalam rumah atau gedung tempat tinggal lo karena sangat berbahaya. Hindari juga kabel listrik, lampu jalan, dan tiang yang ada di sekitar lo.

Kemudian terakhir adalah jika lo berada di dalam reruntuhan saat atau setelah terjadi gempa, lo jangan menyalakan api. Gerakkan badan lo terlebih dahulu, apakah ada yang memar atau kesulitan bergerak. Jika ada yang bisa digerakkan, cari pipa atau benda yang bisa mengeluarkan suara. Setelah lo mendengar ada gerakan atau suara dari jauh, mulai bunyikan benda yang ada di sekitar lo.

Semoga lo dan seluruh keluarga aman dari bencana gempa, ya!

 

Photo Credit: Pixabay