ARTICLE
Jangan Ngaku Pendaki Kalau Lo Belum Pernah Menaklukkan Puncak di Indonesia Ini

Mendaki gunung kini sedang menjadi trend di kalangan anak muda Indonesia. Meskipun komunitas pencinta alam atau kelompok orang yang gemar naik gunung sudah ada sejak dulu, kini hobi menjadi pendaki gunung kembali menjamur. Khususnya setelah film Indonesia yang diangkat dari novel 5 CM. Selepas film tersebut rilis, banyak anak muda yang berbondong-bondong untuk datang dan mencoba pengalaman mendaki gunung meskipun untuk sekali seumur hidup. Ngaku pendaki sejati? Sudah coba menaklukkan puncak gunung favorit di bawah ini belom?

Gunung Papadayan, Jawa Barat

Masih terletak di wilayah Jawa Barat atau tepatnya di Kabupaten Garut, Kecamatan Cisurupan. Jalur pendakian gunung ini juga sangat cocok buat lo yang masih termasuk ke dalam kategori pendaki pemula. Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk mencapai puncak dari gunung satu ini, lo cuma butuh waktu sekitar 2,5 jam saja.

Meskipun tergolong mudah, lo juga bisa menemukan Bunga Edelweiss yang bermekaran di Tegal Alun dan juga Hutan Mati di gunung dengan ketinggian 2665 mdpl ini. Dari puncak Gunung Papandayan, para pendaki bisa melihat megahnya gunung lain seperti Gunung Cikuray dan Gunung Guntur.

Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Beralih ke daerah Jawa Tengah, wilayah ini memang terkenal dengan keberadaan gunung yang beragam. Bahkan di salah satu kota di Jawa Tengah, yakni Magelang ia dikelilingi oleh 5 gunung sekaligus. Sebagai pendaki, sudah wajib hukumnya buat lo untuk nyicipin salah satu gunung di wilayah Jawa Tengah. Lo bisa mencoba untuk mendaki ke Gunung Merbabu yang berada di Kabupaten Magelang, Salatiga, dan Boyolali.

Gunung yang memiliki tinggi sekitar 3.145 mdpl ini terkenal dengan padang sabana yang sangat luas dan luar biasa indahnya. Di sini juga terdapat jalur yang paling terkenal atau Jalur Selo dari Salatiga. Pemandangan sabana yang luas semakin dipercantik dengan latar belakang Gunung Merapi yang berada di Yogyakarta.

Gunung Prau, Jawa Timur

Terletak di Dataran Tinggi Dieng, Gunung Prau juga menjadi salah satu daftar gunung yang wajib dicoba oleh para pendaki. Memiliki ketinggian sekitar 2565 mdpl, gunung ini terkenal sebagai salah satu spot untuk melihat sunrise terbaik di Indonesia. Agar lo bisa mencapai puncaknya, lo hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam atau 3 jam dari basecamp. Ketika sudah di puncak, siap-siap dibuat terpukau dengan keindahan Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu. Bahkan kalau lo beruntung, lo bisa melihat Gunung Lawu yang berada di dekat Solo dari sini.

Gunung Semeru, Jawa Timur

Terinspirasi dari film 5 CM, berarti sebagai pendaki sudah seharusnya lo juga mencoba untuk berkunjung dan merasakan sensasi keseruan mendaki secara langsung di Gunung Semeru. Gunung yang memiliki ketinggian hingga 3676 mdpl ini berada di wilayah Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru. Tidak hanya menawarkan beragam medan selama mendaki, Gunung Semeru juga memiliki 3 ranu atau danau yang sangat indah, yakni Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo.

Gunung Merapi, Jawa Tengah

Puncak gunung selanjutnya adalah Gunung Merapi. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2968 mdpl ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Merapi. Gunung yang terkenal sebagai salah satu gunung berapi teraktif di dunia ini memang menawarkan sensasi mendaki tersendiri di benak para pendaki.  Tidak hanya itu, kemegahannya juga sarat dengan mitos yang erat kaitannya dengan Keraton Yogyakarta sehingga para pendaki pun diminta untuk selalu menjaga sikap ketika mendaki gunung ini.

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani memiliki tinggi sekitar 3726 mdpl ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung ini juga sudah sejak lama menjadi spot idaman para pendaki di Indonesia. Gunung ini memiliki padang savana yang luas dan juga memiliki danau di tengah-tengahnya yang disebut dengan Danau Segara Anak. Tidak hanya danau, di Segara Anak lo juga bisa melihat Gunung Barujari di bagian tengahnya.

Sob, itulah beberapa daftar gunung favorit di mata para pendaki. Mendaki gunung memang boleh saja, tapi jangan lupa untuk terus menjaga kelestarian alamnya dengan tidak meninggalkan sampah ataupun tindakan vandalisme di lokasi tersebut. Sebagai manusia, kita wajib menjaga dan melestarikan alam atas apa yang sudah diberikan oleh alam. Setuju, Sob?

 

Featured image credit: Goku Photo (flickr.com)