ARTICLE
Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Memakai Sunglasses

Sunglasses, atau kacamata hitam, adalah salah satu fashion item yang bertujuan untuk melindungi mata dari pancaran sinar matahari. Iya, sunglasses sebenarnya memiliki manfaat yang jauh lebih dari sekadar aksesoris pendukung gaya lo. Sunglasses yang bagus memiliki lapisan UV protection dengan kadar perlindungan 100% yang melindungi mata lo dari radiasi UVA dan UVB. Warna lensa pada sunglasses juga berfungsi sebagai penyerap cahaya agar mata tidak silau saat terpapar sinar matahari langsung.

Walaupun sudah menjadi aksesoris sehari-hari, masih ada lho orang-orang yang salah dalam memakai sunglasses. Apa saja kira-kira kesalahan yang sering dilakukan?

Ukuran Sunglasses yang Terlalu Besar atau Terlalu Kecil

Ukuran sunglasses yang terlalu kecil, layaknya milik John Lennon, memang lebih enteng, nyaman, dan fashionable saat digunakan. Tapi ukuran seperti itu tidak melindungi mata dari sinar UV dengan sempurna. Sementara itu, ukuran sunglasses yang terlalu besar atau terlalu gelap pun sama-sama tidak baik untuk mata. Kaca yang terlalu gelap dapat menyebabkan kerusakan greaer, atau menyebabkan pupil melebar dan membiarkan sinar UV masuk ke mata. Oleh sebab itu, pilihlah ukuran yang tepat dan kadar gelap yang pas.

Nggak mengenakan sunglasses (pada kondisi tertentu) atau memakai sunglasses dengan ukuran yang salah bisa menyebabkan beberapa hal serius, seperti peningkatan resiko katarak, degenerasi macula, atau patygrum, kondisi di mana bagian putih mata berkembang tidak seharusnya. Apa yang terjadi pada Anderson Cooper adalah salah satu contohnya. Kornea mata sebelah kanannya terpaksa harus luka hanya karena ia lupa tidak mengenakan kacamata hitam saat berlayar di Florida.

Sunglasses yang Tidak Sesuai dengan Gaya dan Bentuk Wajah Lo

Oliver Spencer, seorang desainer dari Inggris, dalam Fashion Beans menerangkan bahwa sunglasses adalah salah satu item yang bisa membuat wajah seseorang semakin menonjol. Oleh sebab itu, pilihlah model yang sesuai dengan pakaian yang lo kenakan. Jangan menyamaratakan satu sunglasses untuk semua jenis gaya: saat sedang memakai baju santai kasual, setelan jas, atau pakaian renang.

Begitu pula dengan bentuk wajah, nggak semua bentuk sunglasses cocok dengan bentuk wajah seseorang. Mark de Lange, founder merek kacamata Ace & Tate, menjelaskan bahwa secara umum wajah orang bulat cenderung lebih cocok mengenakan sunglasses dengan bentuk persegi. Sementara orang yang memiliki wajah cenderung persegi lebih cocok mengenakan sunglasses dengan bingkai bulat.

Mengenakan Sunglasses Di Dalam Ruangan

Kecuali lo memiliki kondisi medis tertentu, mengenakan sunglasses di dalam ruangan bukanlah ide yang bagus. Lo akan terlihat sombong, cheesy, atau tak acuh karena orang-orang sekitar tidak bisa melakukan kontak mata saat berinteraksi dengan lo. Bahkan Rob Nowill, senior editor pakaian laki-laki Style.com, menegaskan bahwa nggak ada urusannya seseorang mengenakan sunglasses namun mereka berada di dalam ruangan. Hal tersebut boleh dilakukan hanya jika ia adalah bintang utama The Matrix atau Anna Wintour, jelasnya.

Tujuan utama diciptakannya sunglasses memang untuk melindungi mata dari sinar UV berbahaya, namun kalau lo memang ingin mengenakannya sebagai fashion item, jangan sampai membuat lo jadi saltum ya!

 

Featured image credit: laradsv (pixabay.com)