ARTICLE
Ini Perbedaan Pria dan Wanita Dilihat dari Sisi Psikologis

Nggak hanya fisik saja yang berbeda, pria dan wanita juga berbeda jauh secara psikologis. Banyak hal yang bisa lo lihat dalam kehidupan sehari-hari buat membuktikan hal ini, mulai dari bagaimana keduanya memandang suatu hal, cara menyikapi masalah, dan juga sudut pandang yang nggak menentu. Perbedaan-perbedaan itu nggak jarang menimbulkan cekcok karena kedua pihak yang kurang saling mengerti. Biar hal ini nggak terjadi pada lo, sebaiknya lo simak perbedaan pria dan wanita berikut ini.

Melihat Warna

Contoh paling simpel dari perbedaan pria dan wanita yang bisa lo lihat di kehidupan sehari-hari adalah bagaimana keduanya memandang warna. Pria cenderung lebih simpel daripada wanita, sedangkan wanita cenderung lebih detail. Dalam hal warna, wanita bisa menafsirkan berbagai warna yang berbeda meskipun bagi pria warna tersebut tetap sama. Misalnya, dalam menafsirkan warna hijau, wanita nggak hanya punya satu macam definisi saja, tapi ada warna fresh grass, hijau, hijau gelap, dan moss. Sedangkan bagi kita, semua warna yang disebutkan tersebut sama saja, hijau.

Setelah Patah Hati

Siapa sih yang mau patah hati? Pengalaman pahit yang satu ini tentunya bisa menyakiti baik hati pria maupun wanita, tapi perbedaannya terletak pada siklus penderitaan itu sendiri. Di hari pertama mungkin seorang wanita akan menangis setelah putus cinta, sedangkan pria nggak begitu memedulikannya. Satu minggu setelah putus, wanita sudah bisa move on sedangkan pria mulai merenungi nasibnya. Satu bulan berlalu dan wanita sudah benar-benar melupakan pengalaman pahit itu, barulah tiba giliran pria merasakan penderitaan yang sebenarnya.

Menilai Diri Sendiri

Pria cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih besar dibanding wanita. Contohnya? Simpel kok, Sob. Coba lo lihat sikap wanita di sekitar lo yang selalu ingin memiliki badan yang ramping dan ideal padahal menurut kita berat badan yang mereka miliki sudah cukup ideal. Alhasil, mereka pun akan kurang percaya diri dan melakukan diet lagi dan lagi. Sedangkan para pria akan melihat dirinya sebagai seorang yang tampan ketika bercermin. Apa lo juga merasa demikian?

Dari Segi Kerapian

Dilihat dari segi kerapian, wanita cenderung memiliki standar kerapian yang lebih tinggi dibanding pria. Tapi biasanya ini hanya berlaku untuk hal-hal tertentu, misalnya meja kantor wanita yang senantiasa tertata rapi, ataupun kamar tidur, serta rumah dan seisinya. Walaupun ada beberapa pria yang juga peduli akan kerapian dan kebersihan, tapi pada umumnya pria lebih bersikap “masa bodoh” dengan hal itu. Nah, apa lo termasuk orang yang seperti ini?

Memecahkan Masalah

Mungkin lo sering juga melihat wanita yang ada di sekitar lo sering curhat masalah mereka ke teman-teman terdekat. Berbeda dari kita yang berpikir bahwa masalah sebaiknya nggak perlu dibicarakan dengan orang lain kalau memang nggak benar-benar perlu, wanita cenderung merasa lebih nyaman setelah menceritakan semua itu dan meminta pendapat orang lain tentang bagaimana sebaiknya menyelesaikan masalahnya. Jadi, jangan gampang marah kalau pasangan lo gampang cerita ke orang lain tentang hubungan kalian ya, Sob. Asal nggak kelewat batas.

Karena perbedaan pria dan wanita itulah kita sebagai pria harus memahami mereka dan nggak asal menyalahkan. Dengan begitu, lo bisa bersikap dewasa dalam menghadapi wanita dan bersabar. Sebagai sesama makhluk Tuhan, sudah sewajarnya kita harus saling menghargai termasuk kepada wanita. Jangan sampai hanya karena masalah sepele timbul percekcokan yang sebenarnya bisa dihindari jika lo menghargai perbedaan tersebut. 

 

Photo credit: freestocks.org (pexels.com)