ARTICLE
Ini Etika yang Harus Lo Perhatikan Kalau Lagi Nongkrong di Coffee Shop

Nongkrong seakan sudah sudah menjadi aktivitas wajib bagi kita ketika sedang nggak ada kesibukan. Coffee shop adalah tempat yang paling banyak dilirik buat aktivitas santai yang satu ini. Apa lo suka menghabiskan waktu bersama sobat lo di tempat yang satu ini? Nggak hanya menjual kopi, biasanya coffee shop juga menjual makanan ringan jadi lo bisa berlama-lama ngobrol di situ bareng sobat karib lo. Tapi, tahu nggak sih Sob, ternyata nongkrong di coffee shop juga ada etikanya, lho! Nah, pasti penasaran, kan? Yuk, simak apa saja!

Jangan Langsung Menanyakan Wi-fi

Tanpa sadar, ternyata kebiasaan yang satu ini nggak baik buat dilakukan di cafe lho, Sob! Tapi memang nggak dipungkiri kalau nggak sedikit pengunjung coffee shop yang langsung menanyakan password Wi-fi begitu mereka tiba dan memesan menu. Setelah memperoleh password pun, lo juga nggak bisa main seenaknya, Sob. Ingat, Wi-fi di sana dipakai orang banyak, sebaiknya lo nggak download sesuatu dalam jumlah besar yang membuat speed internet melambat.

Menatap Mata Barista ketika Memesan

Sesibuk apapun lo dengan gadget lo, pastikan lo melihat ke wajah pelayan atau barista ketika memesan kopi lo.  Memesan menu sambil menatap layar gadget menunjukkan kalau lo kurang menghargai barista. Coba bayangkan kalau lo berada di posisi barista dan diperlakukan seperti itu, tentunya juga akan tersinggung, kan? Jadi, perhatikan baik-baik ya, Sob!

Menjaga Kebersihan

Kemampuan lo dalam menjaga kebersihan menunjukkan seberapa keren kualitas diri lo. Kalau lo memang ingin terlihat ganteng dan keren, jangan hanya memperhatikan penampilan, tapi juga kebiasaan lo. Jaga kebersihan di mana pun lo berada. Pengunjung coffee shop bukan cuma lo seorang. Kalau lo membuang sampah sembarangan tentunya orang lain juga akan terganggu. Ingat ya, Sob, jangan merendahkan reputasi lo sendiri dengan membuang sampah sembarangan.

Nggak Menimbulkan Kegaduhan

Memang nongkrong bareng teman itu hal yang seru, bahkan bisa membuat lo lupa dunia. nggak jarang, hal tersebut bakal membuat lo lalai dan kurang memperhatikan kondisi sekitar. Bercanda tawa bareng sobat boleh kok, tapi lo juga harus memperhatikan tempatnya, ya! Di coffee shop yang banyak pengunjung, lo harus lebih bisa menjaga sopan santun dengan nggak berisik karena kalau lo bikin kegaduhan bakal bisa membuat pengunjung lainnya terganggu. Malu, kan?

Nggak Perlu Marah Kalau Rasa Kopi Nggak Sesuai dengan yang Lo Harapkan

Bisa jadi berbeda coffee shop maka berbeda pula biji kopi dan peralatan yang dipakai. Oleh sebab itu, hal ini akan menimbulkan cita rasa kopi yang berbeda. Sebagai orang yang suka nongkrong di coffee shop, sebaiknya lo paham betul akan hal ini. Jangan marah kalau ternyata menu yang lo pesan rasanya nggak sama seperti yang lo dapat di coffee shop lain meskipun menunya sama. Bersikaplah dewasa dengan menerima perbedaan yang ada. Mengajukan komplain seperti itu justru menunjukkan sifat kekanak-kanakan.

Nah, pasti selama ini lo nggak menyangka kan kalau di coffee shop saja ada etikanya. Jangan-jangan lo pernah melakukan beberapa kesalahan di atas. Karena sekarang lo sudah tahu, maka lo harus menjaga”sopan santun” ya kalau ke coffee shop agar nggak dibilang udik. Buat sobat lo yang belum tahu, lo juga bisa kasih tahu informasi ini ke mereka ya, Sob!

 

Photo credit: eak_kkk (pixabay.com)