ARTICLE
Ingin Tampil Percaya Diri? Sebaiknya Hindari Tingkah Laku Berikut Ini

Memiliki sikap percaya diri merupakan hal yang penting, baik untuk diri sendiri dan juga orang lain. Sebagai makhluk sosial, lo akan dituntut untuk mampu berinteraksi dengan orang lain. Sederhananya, kalau lo nggak percaya diri maka lo akan kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain yang akhirnya merugikan diri lo sendiri. Selain memudahkan lo dalam berkomunikasi, sifat percaya diri ini juga bisa membantu lo agar tidak mudah terpengaruh dan bisa optimis dalam setiap kesempatan.

Nah, apakah lo salah satu orang yang kurang percaya diri? Berikut beberapa tingkah laku yang bisa membuat diri lo kurang percaya diri.

Sering Membuat Alasan

Kalau lo mau tampil percaya diri, hal pertama yang harus lo hindari adalah sering membuat alasan. Biasanya sikap atau tingkah laku ini muncul ketika lo sering merasa tidak memiliki keyakinan pada kemampuan diri lo sendiri. Hal inilah yang tanpa lo sendiri sadari membuat diri lo sering memilih membuat alasan karena takut salah ataupun tidak yakin pada kemampuan diri. Perlu dicatat pula, orang yang sering membuat alasan merupakan orang yang akan selalu berjalan di tempat. Lo tentu nggak mau kan kalau hidup lo stagnan di situ-situ saja?

Selalu Menghindari Hal-hal yang Sulit

Tidak jauh berbeda dengan poin pertama, terkadang orang yang kurang percaya diri akan membuat seseorang tersebut kehilangan keberanian. Mengapa? Karena keberanian merupakan refleksi dari keyakinan seseorang dalam memandang suatu hal. Nah, kalau lo sama sekali atau selalu menghindari hal sulit, sudah dapat dipastikan kalau lo adalah orang yang kurang percaya diri. Terkadang sikap tidak berani ini juga ditimbulkan karena lo tidak memiliki wawasan terhadap masalah yang sedang lo hadapi.

Jangan Hidup Berdasarkan Opini Orang Lain

Tingkah laku satu ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang mencirikan seseorang kurang percaya diri. Biasanya orang yang kurang percaya diri akan menciptakan karakter dan kepribadian yang mudah dipengaruhi oleh cara-cara orang lain. Sedangkan untuk mereka yang memiliki sikap percaya diri, maka mereka akan menjalankan hidupnya dengan melakukan aktivitas yang sesuai dengan apa yang dipercayainya karena memang mereka hidup dari keyakinan kuat yang ada dalam dirinya.

Senang Mencari Pengakuan dari Orang Lain

Akibat dari kurang yakin dengan dirinya sendiri, terkadang orang yang tidak percaya diri akan berusaha untuk memperkuat posisinya di dalam lingkungan. Kalau lo sering lihat seseorang yang rajin atau aktif di sosial media atau rajin upload foto selfie-nya, hal tersebut dilakukan kemungkinan karena dirinya kurang percaya diri. Orang-orang seperti ini biasanya akan berusaha untuk tampil hebat di sosial media dan memberikan apa yang dikiranya orang lain inginkan, bukan apa yang mereka inginkan dalam hidupnya.

Merasa Dirinya Lebih Rendah dari Orang Lain

Ini merupakan salah satu tingkah laku yang harus bener-bener lo hindari, Sob!  Tingkah laku ini secara mutlak membuat diri lo sendiri terlihat sebagai sosok yang kurang percaya diri. Hindari tingkah laku seperti ini agar diri lo tampil lebih percaya diri. Tidak hanya faktor kurang percaya diri yang menyebabkan seseorang merasa seperti ini, tetapi terkadang ada faktor lain yang mempengaruhinya salah satunya karena ketika masih kecil sering dimarahi dengan keras atau pernah mengalami tindakan fisik.

Sob, itulah beberapa tingkah laku yang harus lo hindari kalau ingin tampil lebih percaya diri dari sebelumnya. Selain menghindari tingkah laku di atas, cara termudah untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan melengkapi penampilan lo dengan fragrance GATSBY dan juga Styling Pomade.

 

Featured image credit: Dayron V (pixabay.com)