ARTICLE
Festival Seru Nusantara di Bulan September yang Wajib Lo Kunjungi

Sob, berbicara budaya di Indonesia sih nggak akan pernah habisnya? Memiliki kekayaan dan juga keragaman budaya, tidak heran kalau sepanjang tahun di Indonesia selalu saja diramaikan dengan beragam acara ataupun festival. Menghitung 3 bulan sebelum tahun 2017, di bulan September ini ada beberapa festival seru di nusantara yang tentunya sayang banget buat lo lewati. Catet tanggal dan siap-siap beli tiket kereta atau pesawatnya, ya, Sob!

Festival Danau Toba (6-9 September)

Sob, kalau lo berencana untuk mengunjungi Danau Toba dalam waktu dekat ini, Pas banget! Jangan sampai lo melewati Festival Danau Toba. Festival yang sudah diadakan sejak decade 80-an ini memang menarik dan menjadi salah satu festival nusantara yang paling ditunggu oleh banyak turis baik dalam dan juga luar negeri. Di festival ini, lo bisa belajar begitu banyak hal yang berkaitan dengan budaya Batak dan juga menyaksikan pertunjukan seni tari tor-tor. Nggak Cuma itu, Sob, lo juga bisa belajar bagaimana membuat kain ulos yang menjadi kebanggaan masyarakat batak.

Solo International Performing Arts (SIPA) (7-9 September)

Nggak cuma Yogyakarta yang dikenal sebagai kota dengan kekuatan seni yang luar biasa, Solo pun begitu. Kalau lo tinggal atau berada di sekitar kota Solo, boleh banget lo kunjungi salah satu festival nusantara yang bernama Solo International Performing Arts (SIPA). Berlokasi di Benteng Vastenburg, Surakarta, dalam festival ini lo bisa melihat begitu banyak penampilan para seniman, mulai dari seni tari, teater, hingga musisi yang bisa membuatmu jatuh cinta pula dengan kota Solo.

Festival Nasional Reog Ponorogo XXIV (15-19 September)

Sob, ada nggak diantara lo yang nggak tau tentang pertunjukan Reog Ponorogo yang penuh dengan misteri dan juga energi magis? Buat lo yang belum tau tentang salah satu pertunjukkan nusantara ini, coba deh datang ke Festival Nasional Reog Ponorogo di bulan September ini. Rasakan sendiri betapa kuatnya energi dan kekaguman lo kepada para penampil.

Fyi, kostum reog yang biasa digunakan bisa memiliki berat hingga 30-40 kg dan yang paling membuat kagum adalah ketika lo tahu kalau kostum tersebut diangkat bukan menggunakan kepala, melainkan dengan gigi. Mantap!

Festival Pesona Takobanerate 2017 (16-18 September)

Buat lo, sob, sudah ada yang pernah datang ke festival yang ada di dalam laut belum? Kalau belum, coba lo datang ke wilayah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan untuk mendatangi Festival Pesona Takobenerate. Dari festival nusantara satu ini, lo bakal diajak untuk menyelami keindahan dunia bawah lautnya Takabonerate, mengikuti kompetisi fotografi internasional, penampilan seni budaya, dan juga festival kuliner.

Jogja International Street Performance (24-25 September)

Seni dan Yogyakarta memang nggak bisa dipisahkan, ya Sob? Bahkan hampir setiap bulannya pasti ada saja acara atau festival kesenian besar yang berlangsung di Yogyakarta. Nah, khusus untuk bulan September ini, lo pokoknya harus banget datang ke festival Jogja International Street Performance. Event nusantara yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Pokoknya cocok banget deh buat lo para pemburu foto-foto bagus yang mau disimpan di akun Instagram lo.

Sob, demikianlah beberapa festival nusantara yang seru dan sayang banget untuk lo lewatkan di bulan September ini. Agar penampilan lo nggak kalah kece sama penampilan para penampil, jangan lupa untuk memaksimalkan penataan rambut lo dengan GATSBY Styling Pomade Supreme Hold yang memberikan penampilan rambut yang bervolume dan juga tahan lama. Nggak perlu khawatir lagi deh lo bakal terlihat culun pas datang ke festival-festival di atas.

 

Featured image credit: Wikimedia.or