ARTICLE
Enggak Hanya Wanita, Pria Pun Harus Tahu Cara Merawat Kaki yang Benar

Selalu ada aja bagian tubuh yang wajib mendapatkan perawatan untuk mendukung penampilan kita sehari-hari. Mulai dari rambut, wajah, bahkan hingga kaki pun memerlukan perawatan yang tepat lho, Sob. Apakah lo selama ini sudah memperhatikan cara merawat kaki yang benar? Atau mungkin belum pernah terpikirkan sama sekali? Jangan anggap remeh hal ini ya, Sob. Yuk, simak beberapa hal yang bisa lo lakukan buat merawat kaki lo.

Potong Kuku Secara Teratur

Bukan hanya kuku jari tangan, kuku pada jari kaki juga perlu dibersihkan lho, Sob. Mungkin lo berpikir kalau jari kaki lebih sering tertutup sepatu atau kaus kaki sehingga panjang atau nggaknya kuku bukanlah hal yang bermasalah. Setelah lo berkativitas seharian dengan kaki yang tertutup kaus kaki, kaki lo pastinya berkeringat, kan? Nah, kalau kuku di jari kaki lo panjang, hal ini bisa memicu bau kaki, lho. Kok bisa? Kuku yang kotor adalah tempat berkembang biak bakteri. Aktivitas bakteri yang bercampur dengan keringat lo bisa menyebabkan bau kaki.

Scrub untuk Telapak Kaki

Bagian pangkal telapak kaki adalah kulit yang rawan mengalami pecah-pecah. Bisa jadi hal ini disebabkan karena sel-sel kulit mati yang menumpuk. Selain menimbulkan kaki pecah-pecah, juga akan meninggalkan jejak hitam sehingga menimbulkan kesan kotor pada kaki lo. Mungkin kebiasaan lo atau karena kurangnya menjaga kelembapan kaki yang menyebabkan timbulnya garis hitam pada kaki.

Jangan khawatir, Sob. Lo masih bisa memperbaiki kondisi ini, kok. Caranya adalah dengan scrub. Beli bahan scrub khusus untuk kulit kaki. Scrub ini berfungsi buat membersihkan permukaan kulit dari sel-sel kulit mati. Lo nggak perlu melakukan cara ini setiap hari kok, Sob. Seminggu sekali juga sudah cukup.

Jangan Malu Pakai Lotion

Daripada lo harus menanggung malu karena kulit kaki yang kering dan kusam bahkan bersisik, mending lo rajin pakai lotion. Lotion ini berfungi membuat kaki lo tetap lembap. Cara ini bisa membantu lo buat menunjukkan kulit yang terawat sehingga ganteng lo makin terpancar, terutama ketika memakai celana pendek, karena lo nggak mungkin selalu pakai celana panjang, kan?

Taburi Bedak Jika Perlu

Bedak bisa bantu lo buat menyerap keringat. Terutama keringat di ujung kaki yang muncul kalau lo terlalu lama pakai sepatu atau berada di ruang yang panas. Untuk mencegah terjadinya bau kaki karena kondisi yang pengap ini, ada baiknya lo menaburi bedak di area tersebut sebelum memakai kaus kaki atau sepatu. Tapi, ingat, sebelum itu pastikan kaki lo masih dalam keadaan bersih ya, Sob!

Olahraga

Buat lo yang super sibuk, bisa menyisihkan waktu olahraga minimal seminggu sekali di akhir pekan. Olahraga lari atau jogging ringan bisa membuat otot kaki lo lebih terlihat sehingga lo pun bisa tampak lebih kuat. Selain otot kaki, olahraga juga bisa bikin tubuh lo lebih bugar dan berotot. Tentunya hal ini sangat baik buat memikat lawan jenis kan, Sob?

Nggak hanya wanita saja yang harus tahu cara merawat kaki, tapi sebagai pria, lo juga harus memperhatikan kesehatan kaki. Kaki yang kurang dijaga kebersihannya bisa menyebabkan bau tak sedap, lho. Lo nggak mau kan kalau ada wanita yang ilfeel ketika dekat dengan lo hanya karena masalah kaki yang nggak terawat?

 

Featured image credit: Free-Photos (pixabay.com)