ARTICLE
Dari Belasan Jenis Pomade, Manakah yang Cocok dengan Rambut Lo?

Sebenarnya apa sih pomade itu? Kenapa jenisnya banyak? Mana jenis pomade yang sebenarnya cocok untuk rambut lo? Semua bisa lo cari jawabannya di sini, Sob!

Penjelasan Singkat Tentang Aneka Pomade

Pomade terdiri dari banyak golongan yang mungkin bikin lo bingung. Ada yang shine, matte, belum lagi yang ada tulisannya holding power. Apa sih itu semua? Semua produk yang diberi label shine bakal buat rambut lo kelihatan glossy alias bercahaya dan sedikit basah. Kebalikannya, bila produk diberi label matte maka produk itu bisa nggak bikin rambut lo kelihatan bercahaya, tapi kesannya lebih rapi dan formal. Kemudian soal holding power, lo bisa sesuaian sesuai dengan keinginan lo apakah mau rambut lo kelihatan keras banget atau lembut. Kalau lo ingin kelihatan keras, pakai yang maximum hold.

Sifat Pomade

Pomade biasanya dibuat dari minyak mineral-mineral baik di dunia, sehingga umumnya pomade memiliki sifat medium hold dan high shine. Pomade juga biasanya cocok untuk lo yang suka dengan gaya slick nan rapi. Pomade dengan medium hold dan high shine biasanya bakal lebih oke kalau lo styling dengan disisir. Beda dengan gel, pomade nggak bikin rambut lo kering dan keras. Pomade juga sangat pas dipakai di rambut tebal yang keriting karena sifat-sifatnya ini.

Dasaran Pomade

Pomade memiliki dua dasaran atau basis, minyak atau oil dan air atau water. Pomade dengan bahan minyak biasanya dibuat dari petroleum, biasanya harganya lebih murah daripada yang basisnya air. Pomade jenis ini biasanya memiliki efek samping bisa bikin rambut lo kelihatan kurang sehat setelah dikeramasi. Jadi, lo harus mastiin kalau membersihkannya dengan sempurna setelah menggunakan pomade dengan bahan minyak, Sob.

Berbeda dengan yang berbahan minyak, pomade dengan basis air lebih mudah dibersihkan dan efeknya nggak terlalu buruk untuk rambut lo. Harganya sih lebih mahal dan ketahanannya nggak selama pomade dengan basis minyak, namun rambut lo nggak bakal jadi terlalu kaku dan tetap mudah di-styling sepanjang hari.

Water-Based High-Hold

Pomade jenis ini cocok untuk lo yang punya rambut susah diatur dan termasuk kurang sehat. Dengan kekuatan hold yang tinggi, rambut lo bakal lebih mudah diatur. Serta, basis air dari pomade tersebut nggak bakal bikin rambut lo rusak. Ssstt, lo bisa mencoba Gatsby Water Gloss Light Holding Power. Walaupun water based, rambut lo nggak akan terlihat lepek lho Sob.

Medium-Hold

Untuk rambut lo yang tidak terlalu susah diatur dan cukup sehat, lo bisa cari pomade dengan tipe medium hold baik itu basis air ataupun minyak. Selama lo bisa membersihkannya dengan baik, pomade nggak bakal ngerusak rambut lo kok, Sob!

Jadi, tergantung dari kondisi rambut lo dan seperti apa gaya yang lo inginkan untuk rambut bisa disesuaikan dengan pomade yang bakal lo beli. Nggak perlu bingung, cukup lihat kondisi rambut lo terlebih dahulu untuk membelinya. Ada baiknya kalau rambut lo tergolong rusak, lo beli yang basis air. Daripada lo kelihatan keren tapi rambut lo rusak, lebih baik lo keluar uang lebih banyak untuk rambut yang lebih sehat. Betul nggak, sob?

 

Photo credit: Pixabay.com