ARTICLE
Cara Menghilangkan Ketombe Biar Tetap Keren dengan Baju Hitam Lo

Sob, meskipun rambut cowok sebagian besar lebih pendek daripada rambut cewek, tapi lo nggak bisa memungkiri kalau ternyata faktanya pria cenderung lebih banyak ketombe daripada wanita. Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut lo berketombe, mulai dari kulit kepala yang berminyak, kulit kepala yang terlalu kering, jarang keramas, dan iritasi. Intinya adalah kurangnya kepedulian pria terhadap kebersihan rambutnya sendiri.

Padahal kalau rambut lo bebas ketombe, lo pasti bakal lebih pede lagi buat pakai baju hitam lo. Nah, daripada lo kesel sendiri, berikut tips dan cara menghilangkan ketombe.

Jeruk Nipis dan Susu

Kegiatan cowok yang padat memang membuat dirinya kerap lupa untuk merawat kesehatan rambutnya. Selama penampilan rambut lo masih kece, pasti lo juga nggak bakal pusing-pusing buat mikirin kesehatan rambut. Nah, salah satu cara menghilangkan ketombe yang lebih efektif dibandingkan menggunakan sampi anti-ketombe yang keras adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan semangkuk susu. 

Cara penggunaannya pun tidak sulit, lo hanya perlu mengusapkan campuran satu mangkuk susu dengan perasan jeruk nipis dan lalu usapkan ke rambut lo. Setelah itu, diamkanlah selama setengah jam dan bilas hingga bersih dengan sampo.

Menggunakaan Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe yang selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Caranya mudah, lo hanya perlu mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan setengah gelas air dan gunakan campuran tersebut untuk keramas. Kekuatan baking soda ini akan membuat rambut lo menjadi enteng karena kulit mati penyebab ketombe sudah terangkat. Mudah, kan?

Menggunakan Lidah Buaya

Bahan alami lainnya yang dinilai ampuh untuk menghilangkan ketombe adalah menggunakan lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya memang sudah dipercaya sejak dulu sebagai salah satu solusi dari permasalahan rambut. Ketika rambut lo berketombe, lo cukup menggosokkan daging lidah buaya tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan rambut dan kepala lo hingga bersih dan perlahan ketombe pun akan hilang dari kepala lo.

Menggunakan Larutan Cuka

Meskipun terdengar cukup ekstrem, cara menghilangkan ketombe dengan cuka bisa dijadikan sebagai alternatif lain, lho! Tapi pastikan cuka yang lo gunakan itu adalah larutan cuka putih. Cuka diketahui bisa bekerja secara efektif untuk menyingkirkan kulit mati atau sang calon ketombe, tanpa harus mengakibatkan pori-pori di kepala lo tersumbat. Memiliki aroma yang menyengat, jangan lupa untuk mandi hingga bersih setelah lo membiarkan larutan cuka tersebut di kepala selama 30 menit.

Menghilangkan Ketombe dengan Daun Neem

Cara menghilangkan ketombe yang membandel selanjutnya adalah dengan menggunakan ampas daun Neem. Daun ini merupakan salah satu jenis daun dari bumbu-bumbu khas India. Cara penggunaannya pun sama dengan penggunaan baking soda dan cuka. Gunakanlah ampas daun Nee mini untuk keramas dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, Sob, kira-kira itulah beberapa cara menghilangkan ketombe agar baju hitam lo nggak disimpan terus di dalam lemari. Selain melakukan beberapa rangkaian perawatan di atas, cara menghilangkan ketombe juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Asupan makanan yang lo terima juga berpengaruh pada kesehatan rambut lo. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran, minyak ikan, dan protein tinggi.

 

Featured image credit: Phee (pixabay.com)