ARTICLE
Cara Berpakaian Pria yang Sering Diabaikan

Kekerenan seseorang dipengaruhi banget oleh penampilannya, Sob. Makanya, kalau memang ingin terlihat keren, mulai sekarang lo nggak boleh cuek terhadap cara berpakaian lo. Masalahnya, hal yang lo anggap keren belum tentu dipandang sama oleh orang lain, terutama oleh wanita yang lo taksir sejak lama. Agar nggak mengalami yang namanya fashion fail, sebaiknya lo pahami betul cara berpakaian pria berikut ini yang sayangnya justru sering diabaikan.

Lengan Kemeja Lebih Panjang dari Jas

Saat sedang berada di acara formal yang mengharuskan lo untuk memakai jas, lo nggak mungkin nggak mengenakan apa-apa di baliknya, kan? Lo pasti bakal mengenakan kemeja berlengan panjang terlebih dulu. Ini dia yang sering banget diabaikan oleh kaum pria, Sob. Mereka cenderung asal-asalan dalam memilih kemeja di balik jas. Padahal, kemeja yang cocok untuk dikenakan di balik jas adalah yang lengannya berukuran 2-3 cm lebih panjang dari lengan jas lo. Jangan lupa selalu kancingkan lengan kemeja lo agar terlihat lebih rapi.

Sah-sah Aja Pakai V-neck, Asal….

Ada beberapa pria yang menghindari kaus atau pakaian dengan kerah v-neck karena dianggap kurang maskulin. Padahal, sejak awal kaus v-neck memang ditujukan untuk kaum pria, lho. Bagi yang punya wajah atau leher chubby, kaus v-neck bahkan isa membantu lo terlihat lebih tirus. Tapi tentunya ada beberapa peraturan dasar dalam pemakaian v-neck agar penampilan lo nggak terlihat failed. Jangan memilih v-neck yang terlalu menjorok ke bawah sampai memperlihatkan sedikit bagian dada ya, Sob.

Celana yang Menutupi Kaus Kaki

Cara berpakaian pria nggak cuma tentang atasan, lho. Bagian bawah juga perlu lo perhatikan betul. Idealnya, dalam situasi formal, ukuran celana ideal adalah yang mampu menutupi kaus kaki lo, tapi nggak sampai menutupi bagian atas sepatu. Hal tersebut juga berlaku untuk situasi nonformal ketika lo sedang mengenakan celana panjang. Pokoknya, jangan pernah pakai celana yang terlalu ketat atau besar. Pilih celana yang memberi sedikit ruang pada bagian paha dan betismu agar mereka bisa “bernapas”.

Pilih Jas dengan Ukuran yang Benar-benar Pas

Jas umumnya dikenakan di acara-acara formal, seperti pernikahan atau upacara kelulusan. Meski mungkin jarang dipakai, bukan berarti lo bisa cuek, Sob. Masalahnya, banyak banget pria yang memakai jas dengan ukuran terlalu besar sampai panjang lengannya mendekati telapak tangan. Sebaiknya pilihlah jas yang panjang lengannya berjarak sekitar 3-4 cm dari telapak tangan lo. Untuk memastikan agar jas yang lo pakai memang pas badan, coba pasang kancingnya dan perhatikan bagian pinggang lo.

Lebih Baik Pakai Kaus Polos

Lo nggak akan pernah mengalami fashion fail dengan kaus polos, Sob. Bingung mau pakai apa untuk acara nongkrong hari ini? Ambil aja celana jeans favorit, kaus polos, dan sneakers. Lo pun sudah siap buat tampil keren. Dalam hal ini, kemampuan lo untuk memadupadankan warna juga bakal diuji. Beruntung kalau kaus polos lo memiliki warna basic seperti putih, hitam, atau biru dongker. Lo bisa memadukannya dengan celana jeans apa pun. Tapi, kalau kaus polos lo berwarna lain seperti hijau atau merah, sebaiknya padukan aja dengan jeans hitam atau biru gelap.  

And now you’re ready to go! Nggak ada lagi alasan nggak percaya diri karena penampilan yang kurang keren. Kelima tipa cara berpakaian pria di atas bakal membantu lo untuk memaksimalkan kekerenan yang lo punya. Selamat bongkar-bongkar lemari, ya!

 

Featured image credit: nhilbanda (pixabay.com)