ARTICLE
Buat Lo yang Penasaran, Ini Adalah Seberapa Sering Lo Harus Keramas

Mungkin lo sering dengar kalo jarang keramas justru baik buat rambut. Atau justru beranggapan kalo lo harus sering-sering keramas gara-gara iklim tropis Indonesia yang bikin keringetan. Bingung nggak sih lo kalo udah gini? Jangan bingung, di sini bakal dikupas tuntas perkara keramas yang bikin penasaran. Nggak pake lama, simak ulasannya di bawah ini.

Sebenernya Kerja Sampo Tuh Gimana Sih?

Sabar, sebelum loncat ke pertanyaan seberapa sering lo harus keramas, ada baiknya kita bahas dulu sekilas soal sampo. Lo jelas udah tahu kalo produk yang satu ini fungsinya adalah buat membersihkan rambut dan kulit kepala. Tapi gimana mekanismenya? Ternyata nih, sampo bekerja dengan “menjebak” minyak yang dihasilkan rambut.

Jadi gini, sampo mengikat kotoran yang ada di permukaan kepala lo. Nah, sampo ini nggak bisa membedakan mana kotoran dan minyak alami rambut. Ini mengakibatkan semua zat ini terangkut bersama busa sampo, termasuk minyak alami yang dibutuhkan rambut. Secara nggak langsung ini bakal bikin rambut lo jadi kering.

Ikuti Jenis Kulit Kepala

Oke, sekarang masuk ke pembahasan utamanya, gimana cara menentukan harus seberapa sering lo keramas? Tips pertama yang bisa lo coba adalah dengan mengikuti jenis kulit kepala. Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Kalo kulit kepala dan rambut lo normal cenderung kering, keramas satu atau dua kali dalam seminggu.

Sementara itu, kalo kulit kepala dan rambut lo cenderung berminyak, keramaslah lebih sering. Bisa dua atau tiga kali dalam seminggu. Tapi jangan terlalu sering ya, nanti produksi minyak di permukaan kepala lo justru jadi berlebihan. FYI, ini adalah mekanisme dasar tubuh kalo merasa permukaan kulit menjadi kering.

Tekstur Rambut

Ternyata, tekstur rambut juga berpengaruh lho. Tekstur rambut bakal mempengaruhi gimana minyak alami (sebum) bekerja. Rambut yang kering dan ikal bakal menghambat penyebaran sebum. Jadi, kalo tipe rambut lo seperti ini, jangan terlalu sering keramas. Hal ini karena rambut dan kulit kepala lo butuh kelembapan.

Tapi kalo rambut lo lurus dan halus, keramaslah lebih sering. Sebum pada rambut yang lurus bakal bikin sebum lebih mudah menyebar. Akibatnya, rambut dan kulit kepala lo juga bakal cepat berminyak. Biar rambut lo nggak lepek, keramaslah tiga kali dalam seminggu.

Seberapa Sering Lo Styling Juga Berpengaruh

Hal lain yang menentukan adalah seberapa sering lo styling dan treatment rambut. Kalo lo sering menata, mengecat, atau hal-hal lain yang bisa merusak rambut, ada baiknya lo nggak keramas terlalu sering. Kenapa? Ini dikarenakan proses tersebut bakal merusak rambut lo. Di saat rusak, rambut bakal butuh minyak yang lebih banyak.

Nah, keramas justru bakal bikin minyak yang dibutuhkan rambut ini terangkat. Jadi kalo lo nggak mau rambut makin rusak, jangan terlalu sering keramas ya kalo sering styling rambut!

Tapi kalo lo masih ingin tetap styling rambut, pilihlah produk yang punya kandungan moisturizer. Kandungan ini bakal membantu rambut dan kulit kepala lo buat tetap terjaga kelembapannya. Jadi lo masih bisa keramas tanpa harus takut kehilangan minyak alami yang dibutuhkan rambut.

Salah satunya adalah Gatsby Treatment Hair Cream Normal. Varian Gatsby yang ini punya kandungan Pearl Protein yang memberikan kelembapan dan kilau alami rambut. Keren banget nggak tuh?

              

Photo Credit: Pixabay