ARTICLE
Berapa Kali Lo Sebaiknya Cuci Muka?

Memiliki muka yang bersih dan sehat adalah sebuah keharusan. Karena muka merupakan bagian tubuh yang vital bagi seseorang. Selama ini ada banyak anggapan jika semakin sering mencuci muka bisa membuat kulit makin bersih dan bersinar.

Hal tersebut merupakan anggapan yang sepenuhnya tidak benar. Karena mencuci muka memiliki aturan sendiri. Tergantung pada jenis kulit wajah pada seseorang. Berapa kali sebaiknya cuci muka? Sebaiknya lo simak dulu ulasan di bawah ini.

Kulit Berminyak

Pertama buat lo yang memiliki kulit berminyak, dalam sehari sebaiknya cuci muka dua kali saja. Minyak dalam wajah diproduksi tubuh saat kita tidur. Karena itulah ketika pagi hari, menjadi tersebut menumpuk di wajah.

Sedangkan kalau lo cuci muka saat malam hari sebelum tidur dapat mencegah minyak menumpuk. Minyak menumpuk inilah yang menjadi salah satu sebab terbesar munculnya jerawat di wajah. Terlebih lagi kalau lo habis beraktivitas di luar rumah. Kotoran yang menempel akan semakin mengendap karena adanya minyak di wajah. Sebaiknya lo lakukan scrubbing dua minggu sekali agar kesehatan kulit makin maksimal.

Kulit Sensitif

Photo credit: pxhere.com

Sementara kalau lo memiliki kulit kering dan sensitif jangan terlalu sering mencuci muka. Para pakar dan ahli kulit menyarankan untuk cuci muka satu kali saja. Hal ini disebabkan, jika kulit kering terlalu banyak dicuci maka minyak di wajah akan berkurang. Padahal, minyak tersebut berfungsi untuk melindungi kulit wajah.

Waktu yang bisa lo gunakan untuk mencuci muka sebaiknya di saat pagi hari sebelum beraktivitas atau malam hari sebelum tidur. Penting pula untuk melakukan perawatan kulit menggunakan toner maupun pelembap agar kelembaban kulit terjaga dan wajah terlihat segar sepanjang hari.

Cuci Muka Sehabis Olahraga

Photo credit: pixnio.com

Meski terlihat sepele, ternyata membersihkan muka sehabis olahraga memberikan dampak yang baik bagi kesehatan kulit wajah. Apapun tipe kulit wajahnya baik berminyak atau kering, wajib mencuci muka. Sebab, keringat yang keluar saat lo berolahraga akan meresap ke dalam kulit dan menghambat pori-pori. Jika pori-pori ini terhambat bukan tidak mungkin menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.

Nggak kalah pentingnya lagi adalah saat membersihkan muka gunakanlah handuk dan air bersih. Terutama saat lo membasuh dan mengeringkan wajah. Jangan sesekali lo menggunakan handuk, karena bisa membuat kulit jadi gampang iritasi. Selain itu, kotoran bukan menghilang justru semakin menumpuk. Pertama adalah kotoran yang disebabkan keringat saat berolahraga, dan kedua yang disebabkan handuk yang kotor. Nggak mau kan lo kalau kotoran makin menumpuk?

Dampak Kalau Terlalu Sering Cuci Muka

Mencuci muka terlalu sering juga tidak baik. Kalau lo sering mencuci muka, minyak di wajah akan terlepas. Alhasil, kelembaban kulit dan tingkat kekenyalannya menjadi berkurang. Selain itu, keasaman kulit juga menjadi terpecah. Keasaman kulit inilah yang menjaga keseimbangan kadar keringat, minyak serta bakteri baik. Kulit yang sehat butuh keasaman cukup. Dampak buruk lain dari mencuci muka terlalu sering adalah membuat kulit makin kering, kemerahan dan bersisik serta rentan jerawat.

Agar kulit wajah mendapatkan perlindungan maksimal, lo juga perlu menggunakan sabun muka yang memiliki kandungan baik untuk wajah. Salah satunya adalah pembersih muka dari Gatsby. Dibuat menggunakan bahan pilihan dan terbaik mampu menjaga kulit muka lo tetap bersih dan sehat.

 

Photo credit: pxhere.com