ARTICLE
Begini Cara Pria Sejati Minta Maaf

Kesalahan adalah hal wajar yang dilakukan oleh manusia. Kita pun sebagai pria nggak luput dari berbuat salah. Yang terpenting adalah kita mau meminta maaf dan mengakui kesalahan kita. Mengakui kesalahan adalah salah satu sifat yang harus lo miliki sebagai lelaki sejati. Tapi, sayangnya minta maaf ke orang lain itu nggak mudah lho, Sob! Mungkin lo pernah mengalaminya juga, kan? Saat lo berbuat salah pada orang lain dan bingung caranya untuk meminta maaf. Yuk, simak bagaimana cara pria sejati meminta maaf!

Mengakui Kalau Lo Memang Salah

Pertama-tama, sebelum meminta maaf lo harus mengutarakan pada sobat atau pasangan lo kalau lo memang salah. Cara ini relatif bisa mengurangi amarah mereka. Dengan mengakui kalau lo memang salah, hal tersebut seakan meluluhkan hati mereka. Lo nggak perlu gengsi lho, Sob. Bilang ke mereka "Ike, aku sadar aku salah. Aku harap kamu mau memaafkan kesalahanku. Aku harap kamu mengerti." Kalimat seperti ini mungkin akan membuat lo terlihat mengalah di hadapan orang lain, tapi ingatlah bahwa lelaki sejati itu mau mengalah dan tidak mementingkan ego semata.

Bertanggung Jawab

Setiap kesalahan yang lo lakukan pasti menimbulkan akibat yang merugikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Kalau kerugian itu menimpa diri lo sendiri, tentu lo nggak perlu susah payah membetulkannya. Tapi apa jadinya jika kesalahan yang lo lakukan menimbulkan kerugian pada orang lain? Meminta maaf dan mengakui kesalahan saja nggak cukup, tapi lo juga harus bertanggung jawab untuk memulihkan semuanya. Harga diri seorang pria sejati terletak pada seberapa besar tanggung jawabnya untuk mengatasi atau memulihkan keburukan yang diakibatkan olehnya.

Bersedia Menerima Hukuman

Nah, ini ciri lain dari pria sejati, yakni berani menerima konsekuensi. Setiap perbuatan pasti disertai dengan konsekuensi yang harus ditanggung. Begitu pula jika lo berbuat kesalahan. Perlu lo pahami bahwa nggak semua orang bisa memaafkan dengan mudahnya. Oleh sebab itu, lo harus mau menerima hukuman apa saja yang diberikan. Ingat, semua itu demi menjaga hubungan baik. Sebagai pria sejati, lo harus tahan banting, jangan menyerah hanya karena hukuman.

Berjanji Nggak Akan Mengulanginya Lagi

Nah, ada lagi pepatah yang mengatakan "hanya orang bodoh yang jatuh dua kali ke dalam lubang yang sama". Tanamkan frase ini dalam diri lo. Setelah melakukan kesalahan dan bersusah payah meminta maaf, jangan mengulanginya lagi. Hanya karena sobat atau pasangan lo mudah memaafkan, jangan manfaatkan kebaikan orang lain ya, Sob! Jadilah pria berkualitas yang bisa belajar dari kesalahan. Selain itu, karena lo udah berjanji nggak akan mengulanginya lagi, maka lo harus benar-benar memegang teguh janji itu.

Berusaha Membangun Rasa Percaya Orang Lain

Ada kesalahan tertentu yang menimbulkan akibat fatal. Nggak jarang hal ini bisa menghilangkan rasa percaya orang lain terhadap kita. Jika sudah seperti ini, maka akan butuh waktu lama untuk membangun kepercayaan tersebut. Tunjukkan bahwa lo memang bersungguh-sungguh ingin memperbaiki kesalahan dan membangun rasa percaya itu lagi.

Ternyata minta maaf pada orang lain nggak sesulit yang lo bayangin lho, Sob! Asal lo tahu aturan mainnya, semua pasti bisa berjalan lancar. Kalau lo mau minta maaf sebaiknya jangan ditunda-tunda karena bisa bikin orang yang tersakiti semakin marah dan lo nggak mau kan kehilangan sobat atau pacar lo hanya karena lo nggak minta maaf? Ingat, pria sejati nggak gengsi buat minta maaf!

 

Photo credit: aliceabc0 (pixabay.com)