ARTICLE
Bagaimana Cara Menumbuhkan Rambut Biar Lebat?

Sudah jadi rahasia umum bahwa dibanding wanita, pria lebih rentan mengalami masalah kebotakan. Bukan hanya bagi mereka yang berusia lanjut, pria berusia antara 20-30 tahun juga bisa mengalami masalah kebotakan lho, Sob. Tentunya hal ini akan mengganggu masalah percaya diri lo, kan? Kebotakan ini bisa disebabkan karena beberapa hal, misalnya stres, hormon, atau salah dalam menggunakan produk perawatan rambut.

Nggak hanya kebotakan yang bikin rasa percaya diri lo menurun, pertumbuhan rambut yang lambat sehingga menyebabkan rambut lo tipis juga cukup mengganggu penampilan, kan? Buat lo yang mengalami masalah ini dan ingin tahu cara menumbuhkan rambut dengan cepat, bisa menyimak artikel berikut ini.

Perhatikan Kebiasaan Keramas

Coba ingat-ingat lagi, seberapa sering lo keramas dalam seminggu? Apakah lo keramas setiap hari? Sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Alasannya, dalam sampo terdapat kandungan bahan kimia yang dapat mengikis minyak di kulit kepala. Kulit kepala yang kurang lembap akan menyebabkan kering sehingga ia nggak mampu menyalurkannya ke helai rambut. Inilah penyebab rambut kering dan rapuh.

Kurangi Pemakaian Hair Dryer

Apa lo selama ini suka memakai hair dryer? Mungkin saat lo terburu-buru dan rambut masih basah, lo memakainya. Saat memakai hair dryer, helaian rambut lo bakal terkena suhu panas dan ini bisa menyebabkannya kering.  Rambut yang kering ini kemudian akan rapuh dan lepas dari akarnya. Alhasil, semakin banyak rambut rontok maka akan membuat rambut semakin tipis. Sebaiknya kurangi pemakaian hair dryer, ya!

Memberi Minyak Khusus pada Kulit Kepala dan Memijatnya

Belilah minyak khusus penumbuh rambut di apotek terdekat, lalu oleskan pada kulit kepala lo sambil dipijat-pijat ringan. Pijatan ini akan menstimulasi kulit kepala dan folikel rambut sehingga berguna untuk melancarkan aliran darah di sana. Cara menumbuhkan rambut ini juga bisa membuat kulit kepala lebih rileks.

Jaga Kebersihan Kulit Kepala

Bisa jadi rambut yang tumbuh kurang lebat disebabkan karena setiap helai rambut nggak mendapatkan nutrisi yang cukup. Hal ini disebabkan karena adanya bakteri dan jamur yang bersarang di kulit kepala. Untuk itu, lo harus lebih sering membersihkan rambut lo dari kotoran biar tetap sehat. Pilihlah sampo yang mengandung pelembap agar rambut lo nggak mudah kering.

Rajin “Memberi Makan” Rambut

Cara menumbuhkan rambut juga perlu dilakukan dari dalam lho, Sob. Hal ini bisa lo lakukan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein diperlukan rambut lo buat menguatkan rambut, sedangkan zat besi diperlukan buat menyalurkan nutrisi ke kulit kepala. Jadi, jangan malas makan bayam, ya.

Nggak Ada Salahnya Mengonsumsi Lemak

Beberapa pria mungkin takut mengonsumsi lemak karena alasan bisa menyebabkan kegemukan. Tahukah lo, Sob, kurang lemak juga bisa berdampak buruk pada rambut, lho! Kurang lemak bisa membuat rambut kering dan bercabang. Lebih baik lo juga mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan salmon, buah alpukat, dan suplemen tertentu.

Cara menumbuhkan rambut pada umumnya nggak bisa memberikan hasil yang berarti dalam waktu singkat, tetapi bertahap. Oleh sebab itu, lo harus lebih bersabar, ya. Ada baiknya juga lo mencari tahu kenapa rambut lo nggak bisa tumbuh lebat. Jadi, dengan begitu lo bisa menemukan cara yang tepat. Yang paling penting adalah lo harus bisa mengubah gaya hidup agar lebih sehat karena dari tubuh yang sehat akan tumbuh rambut yang kokoh dan kuat.

 

Featured image credit: theharpreetbatish (pixabay.com)